STUDILMU Career Advice - Cara Ampuh Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Cara Ampuh Meningkatkan Kemampuan Komunikasi


by STUDiLMU Editor
Posted on Oct 02, 2018

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Komunikasi adalah proses mengirimkan sinyal/pesan antara pengirim dan penerima melalui berbagai macam metode (tulisan, isyarat nonverbal, dan lisan). Komunikasi juga merupakan mekanisme yang kita gunakan untuk membangun dan memodifikasi hubungan.
 
Cara dan contoh komunikasi yang baik itu tidak hanya pintar dalam berbicara, namun juga pandai dalam menggunakan bahasa tubuh. Pada dasarnya komunikasi itu terbagi menjadi dua yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. bentuk komunikasi verbal itu adalah berbicara. Dan, bentuk komunikasi non verbal itu adalah bahasa tubuh.
 
Setiap orang membutuhkan komunikasi agar dapat melakukan berbagai hal dengan baik, komunikasi dilakukan dengan begitu mudah melalui berbagai cara dan media yang ada. Namun tidak semua orang memahami pentingnya kemampuan komunikasi yang efektif, sehingga pesan yang disampaikan terkadang kurang jelas diterima oleh lawan komunikasi kita.
 
Padahal dengan kemampuan komunikasi yang efektif, kita dapat meminimalkan kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi secara tidak sengaja pada saat komunikasi sedang berlangsung, seperti salah paham, pesan yang tidak jelas atau asumsi terhadap suatu hal. Inilah alasan mengapa belajar ilmu komunikasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu komunikasi akan membantu meminimalkan konflik yang datang ke dalam kehidupan kita, sehingga hidup akan terasa lebih nyaman dan damai. 
 

9 Tata Cara Komunikasi yang Baik

Nah, jika rekan-rekan Career Advice percaya dan yakin bahwa ilmu berkomunikasi sangat perlu kita pahami mulai dari sekarang. Berikut ini adalah 9 tata cara komunikasi yang baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, sehingga kita dapat meraih kesuksesan melalui komunikasi yang baik dan menghindari kesalahan-kesalahan dalam berkomunikasi.
 

1. Kaitan Emosi dan Komunikasi

Dalam menyampaikan pesan, hendaknya kita memahami emosi yang sedang dialami oleh lawan bicara kita, begitu juga sebaiknya Anda sedang dalam emosi yang kondusif untuk menerima dan menyampaikan pesan. Dengan mengetahui emosi yang ada, kita akan lebih mudah mengambil keputusan cara seperti apa dan media mana yang tepat untuk menyampaikan pesan yang akan kita sampaikan. Kemampuan komunikasi yang baik akan menciptakan kenyamanan antara kita dan lawan bicara. Itulah mengapa mengaitkan emosi di dalam komunikasi sangatlah penting. 
 

2. Antara Komunikasi dan Informasi

Informasi tidak akan pernah terpisahkan dalam proses komunikasi, namun kualitas informasi akan mempengaruhi komunikasi yang ada. Penting atau tidaknya informasi akan membangun komunikasi menjadi lebih intens, begitupun untuk bisnis. Media massa dan teknologi menempatkan informasi menjadi komoditas yang mudah untuk diakses. Telepon, situs jejaring sosial maupun portal online telah memberikan kesempatan penyampaian informasi secara terbuka.
 

3. Jadilah Penarik Perhatian

Komunikasi secara masal membutuhkan perhatian khusus oleh penerimanya, begitu pula terhadap orang yang menyampaikan informasi. Sebagai orang yang memberi informasi hendaknya saat berkomunikasi kepada beberapa orang, kita memiliki kemampuan untuk merebut perhatian banyak orang. Dalam bisnis maupun personal, kita membutuhkan cara yang tepat dalam menyampaikan pesan secara masal, dengan sebelumnya memastikan proses komunikasi secara formal, mengkondisikan proses komunikasi dua arah sehingga pesan dapat tersampaikan dengan jelas.
 

4. Gunakan Kata 'Saya' secara Proporsional

Tips komunikasi keempat adalah menggunakan kata ‘saya’ secara proporsional. Menggunakan kata 'Saya' secara tempat akan memberikan efek yang positif terhadap komunikasi Anda. Kata 'Saya' dapat digunakan untuk pemberdayaan, mendengarkan secara aktif, dan akuntabilitas. Jangan ragu menggunakan kalimat menambahkan kata 'Saya' untuk kepastian dalam menyatakan kalimat Anda, seperti 'Saya yang bertanggung jawab atas hal ini', 'Saya butuh bantuan' atau 'Apakah Saya benar?'
 

5. Mengantisipasi Cepatnya Arus Informasi

Harus diakui bahwa arus informasi kini sangat cepat, berbagai media komunikasi dapat membantu mempercepat komunikasi, situs jejaring sisial, pidato, posting di blog serta catatan tangan. Begitupun kendala berbahasa telah dapat ditangani dengan teknologi sehingga informasi dapat dimengerti siapapun dan di berbagai belahan dunia manapun.
 

6. Orisinalitas 

Menjadi sebuah nilai umum bahwa perusahaan dan para profesional yang menjunjung tinggi keaslian informasi dalam komunikasi. Apabila kita selalu memberikan informasi yang sesungguhnya dan berkomunikasi secara lengkap dalam berkomunikasi, maka kita akan lebih memahami dan terhindar dari kekeliruan.

7. Selalu “HOT” dalam berkomunikasi

Dalam berkomunikasi perlu tiga elemen yang harus diperhatikan 'Honest' atau kejujuran, 'Open' atau keterbukaan dan 'Two Way' dimana kita harus memberikan dan menerima feedback. Dalam bisnis dan penulisan blog, pendekatan HOT sangat efektif agar komunikasi yang berjalan dapat efektif dan kuat.

8. Hubungan Personal

Hubungan profesional, persahabatan, orang tua bahkan public figure memiliki pengaruh dalam berkomunikasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa melalui hubungan yang baik antara kedua belah pihak akan menimbulkan komunikasi yang saling mengerti satu sama lain. Kita tidak segan untuk mendengarkan atau bila memiliki kesempatan untuk berbincang dengan tokoh yang kita sukai, begitupun akan berbeda bila Anda berkomunikasi dengan seseorang secara pribadi ataupun secara profesional. Hubungan baik adalah ikatan yang akan menyatukan dan mengkondisikan penyampaian pesan menjadi lebih efektif. Teknik berkomunikasi seperti ini sangat sering diterapkan di dalam dunia bisnis, tujuannya agar kita lebih mudah untuk mengembangkan relasi. 

9. Kreatif dalam Berkomunikasi 

Dengan media komunikasi yang semakin interaktif, kita selalu dituntut cepat dan penuh inisiatif. Kemudahan dalam komunikasi menjadikan kita lebih mudah mendapatkan komunikasi yang bermanfaat, pastikan Anda selalu mendapatkan informasi yang tepat dan penuh manfaat dalam mendapatkan informasi yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat mengkomunikasikan informasi dengan jelas, benar dan baik.
 
 
Komunikasi memang topik yang sangat umum diperbincangkan, karena vital perannya dalam kehidupan personal maupun professional kita. Semakin efektif kita berkomunikasi, semakin mudah kita menunjukkan potensi yang kita miliki, dan semakin mudah kita membangun relasi. Teknik berkomunikasi memang perlu dipelajari secara bertahap, karena kita tidak bisa menjadi ahli komunikasi dalam waktu yang singkat. 
 
Semoga tips dan contoh komunikasi yang baik di atas dapat meningkatkan ilmu komunikasi kita dan bermanfaat bagi semua rekan-rekan Career Advice dan menunjang karier kita untuk menjadi lebih sukses semua di masa depan. Dan, jangan pernah lelah untuk terus belajar komunikasi yang baik. Selamat menerapkan cara komunikasi yang baik dan benar ya, rekan-rekan Career Advice. 
 
 
 
Jika ingin menyelenggarakan training Komunikasi, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse