STUDILMU Career Advice - Cara Mengendalikan Diri

Cara Mengendalikan Diri


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 19, 2019

 
Ada banyak lapangan kerja yang tersedia. Anda memiliki banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi apakah rekan pembaca menginginkan pekerjaan tertentu? Gaji tertentu, lingkungan kerja atau bahkan peluang perkembangan karier dalah faktor yang menjadi bahan pertimbanagn Anda untuk sebuah pekerjaan. Bagaimana rekan pembaca dapat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika tujuan Anda bekerja bukanlah untuk membayar tagihan, kegiatan apa yang membuat Anda merasa utuh ketika melakukannya? Jawaban Anda dapat membantu menemukan hal yang benar-benar Anda inginkan. 
 
Para pencari kerja modern sekarang ini sering kali mengabaikan keadaan pekerjaan sekarang ini. Mereka tidak menganalisa dengan baik akan hal yang sebenarnya mereka cari dalam hidup maupun karier mereka atau mereka tidak mencari tahu hal yang dapat membedakan kinerja mereka dari orang lain yang juga melakukan pekerjaan tersebut. Ada fokus yang hilang dini, baik itu jumlah uang, bos yang baik, keuntungan lain atau faktor eksternal lainnya. Ketika Anda sulit menemukan jalan keluar dari sebuah hal negatif, Anda akan sulit untuk berpikir positif dan menemukan hal yang benar-benar Anda mau. Anda juga tidak memiliki kesempatan untuk menunjukkan nilai Anda terhadap yang lain.
 
Para orang sukses tidak mencapai kesuksesan mereka sebagai hasil dari sebuah perencanaan karier yang sempurna tanpa cacat. Mereka hampir merasa putus asa dan frustasi dengan perkembangan karier mereka. Tetapi, orang-orang sukses tersebut tidak berfokus pada hal yang tidak dapat mereka lakukan atau hal yang tidak mereka sukai. Mereka menghabiskan waktu dengan memikirkan sifat, kekuatan dan area yang disukai yang masih membutuhkan peningkatan. Dan biasanya, pengejaran terhadap perbaikan diri dan kepuasan diri akan membawa Anda pada pencapaian kesuksesan karier karena pengejaran tersebut selalu berhubungan dengan pribadi Anda sebagai aset organisasi. 
 
Apakah rekan pembaca telah mengetahui akan seperti apa nantinya Anda dalam 10 tahun kedepan? Jika belum, berikut adalah 4 hal yang dapat membantu Anda untuk mengendalikan diri dan memastikan bahwa Anda berada dalam lintasan kesuksesan karier yang tepat. 
 

1. Bergabung dengan para ahli

Sosial media yang Anda miliki memberikan kesempatan untuk terhubung dengan para ahli hampir di segala bidang industry. Media sosial juga membantu Anda untuk bergabung dengan orang-orang yang tepat yang dapat memberikan masukan atau saran ketika Anda membutuhkannya. Dan tentunya, media sosial juga membantu promosi diri Anda sendiri.
 
Anda dapat menggunakan Twitter bukan hanya untuk mengupdate status Anda atau Anda juga dapat menggunakan Linkedin lebih dari sekedar memasukkan surat lamaran Anda disana. Carilah orang sukses yang memiliki bidang yang sama dengan Anda untuk bertemu dan berbicara dengan mereka. 
 
Anda dapat men-tweet ulang atau membagikan kiriman mereka dan bahkan membagikan pemikiran Anda dalam kiriman mereka. Jika mereka membalasnya, jangan takut untuk memperkenalkan diri Anda dan katakan alasan Anda menyukai konten yang mereka buat. Nantinya Anda akan terkejut melihat banyaknya orang yang menawari Anda peluang karier profesional.
 

2. Salurkan ketakutan Anda

Terkadang, ketakutan dan rasa gugup yang Anda miliki data menghalangi Anda untuk mengambil langkah yang dapat membantu kemajuan peran Anda saat ini atau bahkan memberikan lompatan jabatan. Masukan yang jujur dan objektif dari orang lain dapat membantu Anda mengatasi ketakutan dan kegugupan Anda.
 
Seorang pelatih karier dapat menyediakan sebuah perencanaan yang cocok dengan tujuan profesional Anda  dan juga membantu Anda mengambil langkah yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Ini termasuk mengambil kelas sebuah keahlian baru, menghadiri acara-acara jaringan atau mencoba untuk berbicara di depan umum agar Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.
 

3. Berkomitmen pada pembelajaran seumur hidup

Teknologi telah mengubah cara kita bekerja, pengetahuan dan kemampuan yang berharga saat ini dapat dengan cepat menjadi hal yang usang. Sebagian besar orang sukses memiliki keingintahuan yang alami dan memiliki keseriusan tinggi akan pertumbuhan pribadi mereka. Apapun industri perusahaan Anda saat ini, atau industri yang Anda inginkan, ada banyak sumber yang dapat membantu Anda menguasai keahlian itu.
 
Jika Anda seorang pengusaha ataupun seorang karyawan perusahaan, Anda harus menggabungkan beberapa keahlian untuk memajukan usaha Anda. Bergabung dengan kelas pelatihan atau kelas belajar online, dapat membantu Anda memiliki senjata yang tepat untuk kemajuan karier Anda. Kembangkanlah keahlian Anda untuk menciptakan citra diri yang hebat.
 

4. Bertindak seolah Anda adalah seorang bos

Anda mungkin bermimpi untuk menjadi salah seorang yang menjabat C-suite di sebuah perusahaan ternama atau mungkin Anda menginginkan posisi seorang dewan di sebuah perusahaan Startup. Posisi ini tentunya mengharuskan Anda untuk berpikir secara holistik tentang tujuan perusahaan .
 
Jika Anda menanamkan pemikiran besar tersebut dalam peran yang Anda jalani dan mulai mengambil bagian dalam kesuksesan perusahaan, seberapapun besarnya dampak yang Anda berikan saat ini, Anda akan menjadi seorang yang lebih bernilai dan dilihat oleh orang lain. Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk menempatkan diri Anda pada posisi yang lebih tinggi.
 
Itulah 4 cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan karier. Jika Anda menginvestasikan hari-hari Anda pada 4 hal ini, Anda akan melihat kemajuan pertumbuhan Anda dalam mencapai tujuan profesional yang Anda miliki. Anda akan bergerak dengan cepat dari yang Anda pikirkan sebelumnya. 
 
Kembangkanlah perencanaan jangka pendek yang sesuai dengan keinginan Anda dan buatlah penyesuaian sampai Anda benar-benar selaras dengan hal-hal yang penting bagi Anda. Jika Anda tetap berada pada jalur yang membuat Anda termotivasi, Anda akan mendapatkan hasil ekstrinsik lainnya. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse