STUDILMU Career Advice - Cara Mengontrol Emosi Marah

Cara Mengontrol Emosi Marah


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 04, 2019

 
Ingin berangkat ke kantor, namun hujan deras. Pesan ojek online, tapi harganya dua kali lipat lebih mahal. Saat sudah klik pemesanan, ternyata abang ojeknya salah jalan, jadi harus menunggu 15 menit lebih lama untuk sampai di lokasi penjemputan. Saat di perjalanan, eh di jalan terkena cipratan air hujan di jalan. Pernah tidak pembaca Career Advice mengalami hari yang menyebalkan seperti contoh tadi? Atau mungkin kejadian yang dialami malah lebih menyebalkan?
 
Seringkali kita menghadapi situasi yang benar-benar berbeda dengan apa yang kita harapkan. Serangkaian situasi yang menyebalkan dapat memancing emosi dan amarah yang ingin kita luapkan atas kekecewaan yang terjadi. 
 
Mengekspresikan kemarahan sebenarnya adalah hal yang sehat untuk dilakukan dalam hubungan kita dengan orang lain. Sebagai contoh, saat kita mengekspresikan perbedaan pendapat dengan orang lain, ini memungkinkan kita untuk memiliki konflik yang sehat dan seringkali mencapai kesepakatan atau pemahaman yang bekerja dengan baik untuk semua orang.
 
Jika pembaca Career Advice sedang bertanya-tanya kepada diri sendiri “bagaimana ya cara agar saya dapat menangani kemarahan dan mengontrol emosi yang ada?” pada penjelasan di bawah ini, kita akan membahas tentang cara menghadapi kemarahan dan mengendalikan emosi dengan lebih baik. 
 
Saat kita sedang merasa marah, cara menangani kemarahan dapat dengan cara:

1. Tidak Perlu Cepat Merespon

Saat kita dihadapkan dengan situasi yang memancing emosi, rasanya ingin berteriak dan meluap-luapkan emosi, tahan dulu. Tidak perlu terburu-buru dalam merespon segala hal negatif yang sedang kita hadapi. Ini bertujuan agar kita memberikan respon yang lebih bijak dan cerdas. Sehingga, kemarahan kita tidak merugikan diri kita sama sekali. 
 
Sebagai contoh, saat saya mendapatkan email dari klien yang membuat saya sangat marah dan berapi-api, saya memilih untuk tidak langsung menjawab email tersebut. Yang saya lakukan adalah mencoba menjauhi laptop selama lima menit dengan berjalan-jalan melihat pemandangan di luar jendela sambil menikmati secangkir teh hangat, menarik nafas panjang dan mencoba untuk tersenyum walaupun saya tahu itu sangatlah sulit. Saat saya sudah merasa lebih tenang, saya kembali ke depan laptop dan membalas email klien dengan lebih tepat dan produktif.

2. Berlatih, berlatih dan berlatih!

Saya setuju bahwa menahan emosi itu bukan suatu hal yang mudah. Itulah mengapa saya memerlukan waktu yang cukup lama untuk berlatih mengontrol emosi. Ketika saya merasa kesal, saya melatih diri dengan mempraktikkan poin pertama secara terus-menerus. Marah, perlambat respon, marah lagi, perlambat respon kembali, dan begitu seterusnya. 
 
Rekan pembaca tidak hanya bisa meminum teh, melihat pemandangan atau sekedar mencoba untuk tersenyum, tapi Anda bisa melakukan hal lain yang membuat diri menjadi lebih tenang dan bahagia sebelum merespon hal yang tidak menyenangkan tersebut.

3. Tidak Perlu Menuduh Orang Lain

Saat kita tidak menyukai kebiasaan yang dilakukan orang lain, terkadang kita cenderung menuduh atau menyalahkan orang lain atas kekesalan yang kita rasakan. Ironisnya, orang-orang yang tidak tahu menahu penyebab kemarahan kita, dan bukan penyebab di balik kekesalan kita pun, sering kena “cipratan” emosi. 
 
Ketika kita menyalahkan orang lain, ini hanya meningkatkan ketegangan antara kita dan orang-orang di sekitar kita. Situasi seperti ini sama sekali tidak memberikan keuntungan apapun, malah hanya semakin menyulitkan. 
 
Sebagai contoh, jangan katakan “Kenapa sih kamu tidak pernah meletakkan piring kotor di tempatnya? Kamu ini ya, selalu saja membuat aku marah” kalimat tersebut memberikan kesan bahwa teman Anda adalah penyebab utama dari setiap kekesalan yang Anda rasakan. Padahal bisa saja ini tidak benar. Coba ubah kalimat tuduhan tersebut dengan “Sepertinya akan lebih baik jika piring yang kotor diletakkan di tempat cucian piring, meja makan pasti akan terlihat lebih bersih deh”. 
 

4. Melakukan Konsultasi

Jika dirasa sangat sulit untuk menangani kemarahan dan mengontrol emosi, meskipun kita sudah mencoba kiat-kiat di atas. Hmm, mungkin langkah tepat selanjutnya adalah berkonsultasi dengan para ahli seperti psikolog, yang dapat membantu kita untuk mengontrol emosi. 

Cara Mengontrol Emosi  

Jika pembaca Career Advice sering mengalami luapan emosi yang sulit untuk dikendalikan, berikut ini adalah beberapa ide cermat untuk membantu mengendalikan emosi.
 

- Berlatih Relaksasi

Mungkin selama ini terlalu banyak tugas kerja yang perlu kita selesaikan, bahkan setiap harinya kita menghadapi kesibukan yang tiada henti. Jika ini terjadi pada rekan-rekan pembaca, waspadailah. Ini adalah salah satu penyebab kita mudah emosi saat menghadapi sesuatu. 
 
Jadi, dengan segala ketegangan yang ada, cobalah untuk melakukan beberapa aktivitas yang bisa membuat kita rileks. Sehingga, saat kita menghadapi suatu hal yang membuat emosi kita meningkat, kita dapat mengontrolnya. 

- Tertawa

Ada satu film jadul (jaman dulu) Indonesia memberikan pesan kurang lebih seperti ini “Tertawalah sebelum Anda dilarang tertawa”. 
 
Coba deh kelilingi diri kita dengan orang-orang yang suka tertawa dan menikmati hidup mereka. Perasaan bahagia itu akan menular kepada kita. 
 
Yap, tertawa adalah salah satu cara agar kita dapat merasa bahagia. Saat kita sedang emosi, cobalah untuk melihat hal-hal lucu, dan mulailah tertawa. Jangan bekerja di pekerjaan yang hanya membuat rekan pembaca menjadi stres. Ini hanya memicu kemarahan. Kerjakan sesuatu yang kita sukai dan kita akan merasa lebih bahagia.
 

- Bersyukur

Faktanya, kita sangat mudah fokus pada hal-hal negatif di dalam hidup kita. Tidak peduli seberapa banyak kita mendapatkan kebahagiaan, saat keburukan datang menimpa, seringkali kita lupa bahwa ada banyak hal yang dapat disyukuri di dalam hidup. Jadi rekan-rekan Career Advice, mulai sekarang jangan lupa bersyukur, ya. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse