STUDILMU Career Advice - Cara Meningkatkan Penjualan melalui Bisnis Online

Cara Meningkatkan Penjualan melalui Bisnis Online


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 02, 2019


Pengertian Bisnis Online

Bisnis online adalah segala bentuk kegiatan perdagangan baik dalam urusan atau kepentingan bisnis yang menggunakan fasilitas internet untuk mencapai tujuan, terutama untuk mendapatkan keuntungan atau profit dari kegiatan perdagangan tersebut. 
 
Bisnis online memang menjadi hal yang sangat lazim di era digital seperti sekarang ini. Sudah banyak sekali orang yang beralih dari perdagangan konvensional (secara tatap muka) ke perdagangan online (melalui internet).  
 
Meskipun begitu, menjadi pengusaha memang tidak semudah yang kita bayangkan. Nyatanya, kita semua tahu bahwa memulai bisnis itu sangat tidak mudah. Di era digital seperti sekarang ini, kebanyakan orang berbondong-bondong membawa bisnis mereka ke dalam bisnis online. Yap! bisnis online. Bisnis secara online yang dapat memudahkan kita untuk membeli barang-barang yang diperlukan, mulai dari barang A sampai Z, semuanya ada. Ibarat kata, “apa yang lu mau, semua gue ada”. 
 
Bisnis online memberikan kemudahan bagi para penjual dan pembeli. Pembeli tidak perlu ke mall atau ke toko untuk mencari barang yang mereka perlukan, dan penjual tidak perlu bayar sewa ruko yang terlalu mahal demi mendagangkan barang dagangan mereka. 
 
Apabila rekan-rekan Career Advice ingin mendirikan bisnis online, pasti sebelumnya Anda sudah berkelana di beberapa website untuk mencari tips dan trik dalam meningkatkan penjualan secara online. Memang sih, ada begitu banyak tips dan saran di internet terkait apa yang perlu kita ketahui dan lakukan sebelum mengambil keputusan untuk memiliki bisnis online. 
 
Tantangan lainnya, kita akan menemukan banyak pesaing di dalam pasar online. Apabila kita menjual produk baju anak-anak, mungkin akan ada lebih dari 100 penjual lainnya yang memasarkan baju anak-anak di pasar online. Sumber barang-barangnya pun beragam, ada yang buatan lokal dan ada juga yang impor. 
 
Dalam hal ini, perbedaan antara bisnis yang kita buat dan bisnis para pesaing akan menentukan mana yang akan mendapatkan lebih banyak pelanggan, penjualan, dan popularitas. Intinya, kita harus melakukan strategi penjualan yang unik, sehingga berbeda dari para penjual online lainnya. 
 
Nah, apabila rekan-rekan Career Advice ingin memulai bisnis online dan menjadi lebih unggul dari para pesaing lainnya, maka rekan-rekan pembaca harus memperhatikan tips dan saran berikut ini. 

1. Pikirkan tentang “Apa yang Kita Sukai?” dan “Seberapa Baik Kita Melakukannya?”

Kebanyakan pengusaha sukses yang kami temui adalah orang-orang yang memperdagangkan produk-produk yang sangat mereka sukai. Produk tersebut adalah hasil dari passion mereka. Itulah mengapa mengetahui “apa passion kita” adalah langkah paling utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka bisnis online. Bisnis online akan membuka kesempatan untuk semua orang di seluruh Indonesia dapat membeli barang yang kita produksikan. Luar biasa, kan? 
 
Nah, apabila kita sudah tahu apa yang kita sukai dan seberapa baik kita dalam melakukannya, maka tunggu apalagi? Duh, jangan kelamaan berpikir ya, nanti keburu disambet pesaing lain ide kreatif kita. Misalnya, semenjak kecil rekan pembaca sangat suka membuat baju-bajuan untuk boneka. Hobi ini terus berlanjut sampai rekan pembaca menuju dewasa. Akhirnya, rekan pembaca belajar menjahit pakaian dan terbilang cukup bagus desain-desainnya. Daripada hasil karyanya hanya dipakai untuk diri sendiri atau hanya menggantung di dalam lemari, mengapa rekan pembaca tidak menjualnya saja di bisnis online? 
 
Jika ada banyak konsumen yang tertarik dan membeli, pendapatannya sangat lumayan loh! Bahkan, mungkin rekan pembaca bisa memiliki beberapa karyawan nantinya yang membantu bisnis online Anda. Kalaupun bisnis online yang rekan-rekan Career Advice jalankan saat ini belum bisa menerobos permintaan pasar, kita harus berani mengambil risiko untuk bersabar dan terus berusaha. Karena mendirikan bisnis memang memerlukan kesabaran dan ketekunan, bukan? 
 

2. Identifikasi Permintaan Pasar

Jurus kedua untuk meningkatkan penjualan melalui bisnis online adalah dengan mengidentifikasi permintaan pasar. Yap, ini adalah jurus yang tak kalah penting. Agar bisnis kita tepat sasaran dan juga lebih efisien. Kita perlu membuat penelitian kecil untuk menjelajahi produk-produk apa saja yang sudah bertebaran di pasar online dan mempertimbangkan kebutuhan lokal. 
 
Selain itu, kita juga perlu mengetahui apa saja yang sedang dicari-cari oleh para konsumen dan apa yang paling bermanfaat bagi mereka. Carilah produk yang dicari dan dibutuhkan oleh kebanyakan orang, namun tidak banyak penjual yang menawarkannya. Identifikasi ini dapat dilakukan melalui penelitian forum di internet, situs web, opini orang-orang di sekitar, atau survei yang dilakukan secara kecil-kecilan dengan responden yang berasal dari lingkungan sekitar kita. 
 

3. Buat Rencana Pemasaran secara Matang 

Setelah mengetahui apa passion kita dan produk apa yang paling dicari oleh konsumen, maka kita harus mulai membuat rencana pemasaran yang matang. Pada rencana pemasaran, rekan-rekan Career Advice harus menentukan, apakah yang ingin dijual itu sebuah produk atau layanan jasa? Apakah rekan pembaca memerlukan sumber daya yang sedikit atau cukup banyak untuk pemasaran dan pengembangan produk nantinya? 
 
Nyatanya, akan ada beberapa rencana pemasaran, serta alat dan strategi yang perlu kita pilih. Untuk segera memulainya, kita dapat mulai membuat dan mengelola akun media sosial yang dibuat khusus untuk bisnis kita. Sebagai contoh, memposting beberapa gambar, informasi dan artikel yang bermanfaat untuk para pengikut di media sosial, yang mana mereka akan menjadi target konsumen kita. Ups, selain itu jangan lupa untuk berinteraksi dengan pengikut media sosial kita di kolom komentar, ya. 
 

4. Bergaul dengan Orang-orang yang Positif dan dapat Dipercaya

Seperti yang sudah kita bahas di awal artikel ini bahwa memulai bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebagai makhluk sosial, akan sulit bagi kita untuk melakukan segala hal tanpa bantuan dan dukungan dari orang lain, terutama orang-orang yang kita cintai. Dukungan dan doa mereka akan menjadi penguat kita dalam menjalankan bisnis online. 
 
Selain itu, pastinya kita memerlukan bantuan orang lain untuk membagi tugas dan membagi beban kerja. Tidak mungkin segalanya kita lakukan sendirian. Meskipun kita mampu, namun lama-kelamaan pasti kita akan menjadi kewalahan. Untuk itu, kita perlu menemukan rekan kerja, mitra, atau investor yang tepat.
 
Beberapa orang berpikir bahwa mencampurkan bisnis dengan keluarga atau teman dapat berbahaya. Namun kenyataannya, lebih baik kita mengelilingi diri dengan orang-orang yang kita tahu bahwa kita dapat bekerja dengan mereka, daripada berbisnis dengan orang-orang yang bahkan, kita sendiri tidak tahu mereka siapa, apakah mereka adalah orang yang bertanggung jawab atau tidak, dan lain sebagainya. Percayalah, itu terlalu beresiko tinggi untuk
 

5. Terus Nikmati Prosesnya

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada pengusaha yang bisa langsung sukses dalam waktu semalam, itu mustahil! Apabila kita sudah bertekad untuk menjalankan bisnis online, kita harus melatih diri untuk menjadi seorang yang tekun dan sabar dalam menjalani bisnis. Akan ada beberapa kerugian yang akan kita alami di awal. Semisalnya, calon pelanggan sudah book barang yang ingin dibeli, namun saat diminta untuk mentransferkan uang sesuai total pembelian, mereka tidak ada kabar kembali. Di dalam bisnis online, kita mengenalnya sebagai “Hit and Run”. 
 
Bekerja keras memang penting, tapi rekan pembaca juga perlu bersantai dan menikmati prosesnya. “Jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita tidak akan pernah harus bekerja”. 
 
Rekan-rekan Career Advice, kita perlu selalu ingat bahwa apa yang berharga tidak akan pernah mudah, tetapi pada akhirnya itu akan memiliki ganjarannya sendiri dalam kehidupan. Jadi, jika rekan pembaca benar-benar ingin meningkatkan penjualan bisnis online yang Anda miliki, tetap percaya dan yakin, bahwa Anda bisa melakukannya. Dan, jangan lupa untuk menerapkan lima cara di atas. Selamat berjuang ya, rekan-rekan Career Advice. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse