STUDILMU Career Advice - Ingin Mencapai Karir Cemerlang? Ini caranya

Ingin Mencapai Karir Cemerlang? Ini caranya


by STUDiLMU Editor
Posted on Dec 14, 2018

 
Dalam pekerjaan, tentunya Anda memiliki sebuah tujuan yang ingin Anda capai di kemudian hari. Tujuan ini adalah tuntutan Anda dalam melangkah. Ketika Anda bekerja sesuai dengan tuntunan tujuan Anda tersebut, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih besar daripada yang Anda inginkan. Namun, saat Anda menetapkan juga mencapai tujuan karir yang lebih bermakna, ada tiga unsur penting yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda yaitu: kepuasan kerja yang meningkat, harga diri yang lebih tinggi, dan peningkatan kualitas hidup Anda.
 
Tetapi bagaimana Anda mampu untuk membentuk ukuran tujuan yang tepat dan yang ambisius, tetapi tidak menguasai diri Anda secara berlebihan? Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu Anda benar-benar memahami cara mencapai tujuan karir Anda.
 

1. Buatlah tujuan karir yang jelas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Anda memiliki kemungkinan untuk berhasil lebih besar ketika Anda memiliki tujuan karir yang spesifik. Jadi, mulailah melihat gambaran diri Anda di masa depan dan ciptakanlah visi untuk diri dan karir Anda yang ideal. Hal apa yang akan terlihat seperti dalam satu, tiga, atau lima tahun?
 
Bertanyalah kepada diri Anda: Seperti apa pekerjaan Anda? Keterampilan dan tanggung jawab apa yang akan Anda miliki? Siapa bos Anda, dan seperti apa pekerjaan Anda? Hal apa yang benar-benar mengagumkan dari Anda? Anda akan berada di dalam tim yang seperti apa?
 
Ketika Anda telah memvisualisasikan hasil yang Anda harapkan dengan jelas, Anda mulai melihat peluang keberhasilan dalam mencapainya. Anda pun dapat mulai mengambil langkah-langkah untuk membangun rencana Anda selanjutnya.
 

2. Buatlah tujuan yang menantang tetapi tetap realistis

Jika Anda seorang lulusan akuntansi publik, dan tujuan Anda adalah menjadi seorang kepala bagian keuangan di sebuah perusahaan besar pada tahun depan, Anda boleh berbesar kepala. Anda memiliki peluang untuk mencapai mimpi tersebut. Namun, Anda masih memiliki jalan panjang di depan Anda sebelum Anda menjadi seorang kepala bagian keuangan di salah satu perusahaan besar. Anda harus benar-benar menjadi seseorang yang realistis. Anda harus memperoleh lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tambahan. Lakukanlah penelitian, bangunlah relasi dengan orang-orang yang memiliki pekerjaan serupa, dan ikutilah beberapa kursus tambahan atau Anda juga bisa menjadi sukarelawan sebagai staff keuangan paruh waktu dari sebuah organisasi nirlaba kecil. Anda bisa mulai memperoleh keterampilan dan pengetahuan untuk mencapai tujuan Anda nantinya. Dalam hal ini, Anda membuat tujuan anda menjadi lebih realistis.

3. Milikilah komitmen

Begitu banyak orang berkata, “Saya membenci pekerjaan saya dan perlu melakukan perubahan.” Tetapi mereka tidak melakukan tindakan apa pun untuk membuat perubahan itu terjadi. Mereka akan memberi seratus alasan yang membuat mereka tidak mengejar perubahan itu, tetapi Anda dapat menyimpulkan satu hal: Mereka tidak memiliki komitmen terhadap tujuan itu.
 
Jika Anda memiliki keyakinan bahwa tujuan Anda merupakan hal yang penting dan dapat dicapai, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil. Ketika Anda berkomitmen pada tujuan yang telah Anda tetapkan, Anda akan mengadopsi pola pikir yang akan membuat Anda sukses. Anda hanya akan dapat berkomitmen ketika Anda yakin bahwa tujuan Anda itu penting dan juga dapat dicapai.
 

4. Mintalah umpan balik, hal ini sangat Anda perlukan

Saat Anda menetapkan tujuan Anda dan melangkah di dalam tujuan tersebut, umpan balik adalah hal penting yang dapat menunjang kesuksesan Anda. Anda dapat memiliki satu percakapan setiap minggunya dengan seorang yang bekerja dalam peran dan industri yang Anda impikan. Anda juga dapat membuat pertemuan dengan mentor atau atasan Anda untuk meninjau hasil kerja Anda selama ini. Tujuannya adalah untuk membuat Anda menjadi lebih peka terhadap hal-hal yang masih harus diperbaiki dan hal-hal baik yang menjadi kekuatan Anda. 
 
Untuk mendapatkan umpan balik yang signifikan, Anda harus memiliki waktu untuk bertukar pikiran dengan orang lain yang memiliki wawasan yang lebih luas dari Anda.  Hal ini membantu Anda mempelajari kehidupan orang lain dalam membuat perubahan pada langkah-langkah dan tindakannya berdasarkan hal yang dipelajari dan alami. Ketika Anda mendapatkan umpan balik dari orang lain, Anda akan tetap termotivasi, tetap di jalur, dan merasakan pencapaian di seluruh proses.
 

5. Ciptakanlah kondisi yang tepat

Agar Anda dapat mencapai tujuan dengan berhasil, Anda membutuhkan dua hal: waktu dan latihan. Ketika Anda telah menetapkan tujuan, buatlah rencana per-minggu yang akan Anda lakukan. Sehingga Anda dapat memantau dari minggu ke minggu setiap hal yang telah Anda lakukan. Bisa saja Anda akan merasa sangat bersemangat di minggu pertama, namun pada minggu kedua Anda mungkin akan tertinggal, menjadi kecil hati, dan mungkin bahkan menyerah.
 
Untuk menghindari kehabisan semangat dan berhenti pada tujuan yang tidak realistis, buatlah tujuan di tengah-tengah perjalanan Anda. Sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikannya, dan tetap berkomitmen dengan tujuan Anda yang telah ditetapkan sejak awal.
 
Kemudian, berlatihlah! Berlatih adalah hal yang sangat penting untuk setiap langkah karir yang Anda buat. Anda juga dapat mendapatkan praktik langsung dalam membuat laporan keuangan dengan tepat. Dengan berlatih, Anda memberikan diri Anda waktu untuk belajar, bereksperimen, dan gagal dalam lingkungan yang aman, sekalipun Anda terus bergerak maju  menuju rencana karir Anda.
 
Saya sangat yakin Anda akan mencapai tujuan karir yang telah Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Dan ketika Anda melakukannya, itu akan menjadi sebuah kemenangan besar bagi Anda. Bukan hanya karena Anda akan mencapai hasil yang diinginkan, tetapi juga karena Anda telah membangun pengalaman yang berisi setiap kemenangan yang luar biasa dalam pengaturan dan pencapaian tujuan akhir dalam setiap langkah demi langkah.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse