STUDILMU Career Advice - Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis

Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis


by STUDiLMU Editor
Posted on Sep 10, 2022

Memulai bisnis adalah sesuatu yang diimpikan oleh jutaan orang, tetapi hanya sedikit yang berani mewujudkannya, yang berani melangkah lebih jauh dari apa yang mereka pikirkan. Jika Anda telah memutuskan untuk maju dan menganggapnya serius lakukanlah, just do it and make it happen. Wajar apabila Anda juga mungkin bertanya-tanya apa yang membuat beberapa orang berhasil dalam bisnis mereka sementara yang lain gagal. Apakah bisnis yang ingin Anda mulai adalah membangun situs web, menjual kue mangkuk atau layanan keuangan, furnitur, atau layanan TI, Anda pasti perlu mempelajari semua yang Anda bisa tentang bisnis tertentu dan bisnis secara umum. Dan jika Anda ingin meningkatkan peluang sukses Anda, berikut ini beberapa kunci sukses yang dapat Anda ikuti dan terapkan dalam menjalankan bisnis Anda:

 

1. Pastikan Anda dapat memahami persaingan dalam bisnis Anda

Salah satu kunci sukses dalam bisnis adalah mengetahui kemampuan dan batasan pesaing Anda. Tidak perlu merasa takut, pelajari dan analisis pesaing Anda di setiap kesempatan sehingga Anda bisa sukses juga seperti mereka.

 

2. Pastikan segala hal terorganisir dengan baik

Bagian ini merupakan bagian yang sulit untuk sebagian orang, tetapi Anda harus terorganisir jika Anda adalah menjalankan bisnis, apapun bidangnya. Saat Anda terbiasa terorganisir, bisnis Anda tidak hanya akan bertahan tetapi juga tumbuh dan berkembang. Karena segala sesuatunya selalu penuh dengan perhitungan, dan sedemikian rupa teratur.

 

3. Jadilah Kreatif

Kreativitas adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis. Anda dituntut untuk selalu kreatif dengan terus mencari cara untuk meningkatkan bisnis Anda dan membuatnya menonjol dari yang lain. Anda harus terbuka untuk ide-ide baru dan pendekatan baru untuk melakukan bisnis. Belajar terus menerus adalah bagian yang sangat penting dari pekerjaan Anda sebagai seorang pengusaha, seperti perbaikan diri dan refleksi diri. Kreativitas dimulai dengan memiliki pikiran terbuka dan terus-menerus belajar apa yang harus dilakukan untuk menjadi pemilik bisnis yang lebih baik. Semakin banyak Anda belajar, semakin banyak ide akan muncul di kepala Anda.

 

4. Terimalah Fakta Bahwa Anda Harus Berkorban

Faktanya, Anda sering kali harus meluangkan lebih banyak waktu setelah pintu peluang Anda terbuka. Ini berarti bahwa pada awalnya setidaknya, Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bisnis Anda dan akan memiliki lebih sedikit waktu untuk bersama keluarga dan teman-teman Anda. Itu tidak berarti akan terjadi selamanya, itu berarti Anda perlu bersiap untuk melakukan banyak pengorbanan sampai Anda merasa bisnis Anda berhasil, dan telah mencapai titik tujuannya.

 

5. Jadilah Konsisten

Ada pepatah yang mengatakan, jika Anda terus-menerus berusaha untuk mencapai sesuatu maka Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Dimana hasil tidak akan mengkhianati usaha. Dengan kata lain, mulailah melakukan hal yang benar untuk bisnis Anda, dan lakukan secara konsisten hari demi hari. Bisnis Anda kemungkinan tidak akan langsung menghasilkan uang atau keuntungan yang Anda inginkan, tetapi penting untuk diingat bahwa jika Anda tidak pernah menyerah, bisnis Anda pada akhirnya akan sukses. Konsisten adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis. Konsistensi menciptakan kebiasaan positif jangka panjang yang jika dipraktikkan secara konsisten akan menghasilkan hasil yang Anda harapkan sehingga pada akhirnya Anda dapat menghasilkan keuntungan dan mencapai tujuan yang Anda inginkan.

 

6. Fokus dan perhatikan pelanggan

Tanpa memperhatikan pelanggan, bisnis Anda akan selalu gagal. Jika Anda melihat beberapa contoh bisnis yang gagal, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar dari bisnis tersebut tidak mengutamakan pelanggan. Layanan pelanggan terbaik yang konsisten adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis Anda.

 

7. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Inilah salah satu kunci sukses dalam bisnis yang banyak dilupakan oleh para pengusaha, tidak ada pengusaha yang mengetahui segala hal. Ini adalah hal yang baik untuk selalu diingat. Pelajari tentang bisnis Anda, pemasaran, promosi, dunia secara umum, dan apa pun yang Anda bisa. Pastikan Anda terus belajar sesuatu karena emakin banyak Anda belajar, semakin baik Anda dalam bisnis apa pun yang Anda ikuti.

 

8. Selalu Miliki “Rencana B”

Jika Anda dihadapkan pada suatu masalah, lihatlah semua alternatif yang ada, berpikirlah secara jernih dan jangan terburu-buru. Karena jalan keluar bukan hanya satu, pasti akan selalu ada beberapa jalan keluar untuk setiap masalah. Jangan berasumsi bahwa hanya ada satu jalan keluar.

 

Ingatlah bahwa setiap hari, Anda memiliki peluang baru untuk sukses. Memulai bisnis bisa sangat menegangkan dan juga menyenangkan. Jangan pernah malu untuk belajar dari kesuksesan bisnis orang lain, bahkan jika mereka adalah pesaing. Teruslah meneliti dan mempelajari apa yang harus dilakukan untuk menjadi sukses dalam bisnis Anda. Yang terpenting, jangan pernah menyerah.

Ini hanya beberapa kunci untuk bisnis yang sukses yang akan membantu Anda dalam perjalanan Anda. Apa kunci sukses lain dalam bisnis yang dapat Anda pikirkan?

 

 

Sumber:

https://www.investopedia.com/articles/pf/08/make-money-in-business.asp

https://www.practicalbusinessskills.com/getting-started/is-starting-a-business-right-for-you/keys-to-success

https://smallbusinessify.com/keys-to-success-in-business/

https://sproutnewmedia.com/five-keys-to-success/

Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse