STUDILMU Career Advice - Lakukan 5 Hal Penting Ini Untuk Meraih Pengembangan Karier

Lakukan 5 Hal Penting Ini Untuk Meraih Pengembangan Karier


by STUDiLMU Editor
Posted on Aug 03, 2019

Pengertian Pengembangan Karier

Pengembangan karier adalah suatu upaya yang harus dilakukan agar rencana karier yang sudah dibuat dapat menghasilkan hasil optimal dan memuaskan. Pengembangan karier ini juga dianggap sebagai kegiatan kepegawaian yang bertujuan untuk membantu para karyawan atau staf dalam merencanakan karier mereka di masa depan di tempat mereka bekerja. Selain itu, pengembangan karier juga berguna untuk membantu para karyawan untuk mengembangkan diri mereka secara optimal
 
Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengembangan karier adalah salah satu hal yang sangat dilihat dan dipertimbangkan oleh seseorang sebelum mereka memilih tempat kerja untuk berkarier. Pertimbangan seperti ini terjadi karena setiap manusia memiliki perasaaan alamiah untuk mendapatkan kebahagiaan melalui kesuksesan yang diperoleh. Untuk mendapatkan kesuksesan tersebut, seseorang harus bisa melalui pengembangan karier yang diinginkannya. 

Bagaimana Cara Meraih Pengembangan Karier yang Diinginkan? 

Era modern seperti sekarang ini telah membuka jalur kompetisi yang begitu luas, sehingga persaingan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya akan terasa sangat sengit. Ini adalah hal yang sangat wajar terjadi, bahkan bukan hanya di negara Indonesia saja. Negara-negara maju seperti, Amerika Serikat dan Inggris pun juga menghadapi persaingan kerja yang begitu ketat. 
 
Kondisi ini membuat banyak orang bertanya-tanya, “apa yang bisa saya lakukan untuk dapat pengembangan karier yang baik?” Seperti yang sudah kami bahas di awal artikel ini, semua orang PASTINYA menginginkan pengembangan karier di dalam kehidupan kerja mereka. 
 
Untuk meraih tujuan tersebut, kami akan membicarakan hal-hal apa saja yang bisa diterapkan oleh semua rekan-rekan Career Advice untuk meraih pengembangan karier. Menurut glassdoor dot com, ada 5 hal yang bisa kita lakukan dalam hal ini. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 

1. Terus Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Berkomunikasi

Kami belum pernah menemukan seseorang yang pintar, cerdas dan berpengetahuan luas merasa rugi dalam kariernya. Bahkan, kayaknya tidak pernah ada deh! Mustahil bagi orang yang berpengetahuan luas mengalami kerugian dalam karier mereka. Mengapa demikian? Karena orang-orang yang memiliki informasi dan pengetahuan yang luas bisa ditempatkan di bidang pekerjaan apapun. 
 
Dengan pengetahuan yang luas, mereka juga akan menjadi orang-orang yang cakap dalam berkomunikasi dengan orang banyak. Mereka tahu bagaimana caranya berkomunikasi dengan seseorang dengan level CEO, bagaimana berinteraksi dengan rekan-rekan kerja mereka di kantor, dan bagaimana cara berkomunikasi dengan orang-orang di luar industri mereka? 
 
Kecakapan mereka dalam berkomunikasi menjadikan mereka lebih mudah untuk mendapatkan pengembangan karier. Para atasan atau pemimpin akan lebih sering mencalonkan orang-orang seperti ini untuk naik jabatan. Mereka tahu betul bahwa karyawan yang bisa berkomunikasi dengan baik adalah karyawan yang memiliki mental pemimpin. Ini sangat cocok untuk masa depan karyawan tersebut dan masa depan perusahaan yang cemerlang. 
 

2. Bangun Hubungan yang Baik antara Rekan Kerja dan Para Pemimpin Perusahaan. 

Siapa sih yang tidak suka dengan seseorang yang bersikap baik dan nice dengan semua orang di kantor? Jangankan kolega, para atasan di tempat kerja juga pasti akan menyukai karyawan yang seperti ini. Untuk meraih pengembangan karier, kita perlu membangun hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja dan atasan kita di tempat kerja. Entah itu team leader, manajer, CEO, direktur, kolega, tukang sapu, satpam, bahkan abang-abang gorengan depan kantor kita sekalipun, kita harus membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan mereka. Tanpa pandang bulu, warna kulit, status atau suku apapun. Percayalah, orang-orang yang baik seperti ini tidak akan pernah merasa kesusahan dalam hidupnya. Bahkan, kariernya akan melejit terus-menerus. 
 
Memiliki hubungan yang baik dengan kolega dan atasan akan mempermudah kita dalam meraih pengembangan karier, karena para pemimpin tahu betul bahwa orang-orang yang baik, ramah dan pandai menjaga hubungan dengan orang lain adalah kandidat yang tepat untuk dipromosikan. Sifat dan sikap yang baik seperti ini akan menciptakan image yang baik bagi masa depan perusahaan. 
 

3. Ikut Serta dalam Konferensi yang Relevan dengan Bidak Pekerjaan atau Posisi Kerja Kita

Ada banyak cara untuk membuat diri kita menjadi lebih unggul dari rekan-rekan kerja lainnya dan cocok untuk mendapatkan peluang pengembangan karier. Salah satunya adalah ikut serta dalam konferensi yang relevan dengan bidang industri kita atau sesuai dengan posisi kerja kita sekarang. 
 
Mengikuti konferensi bukan hanya memperluas koneksi bisnis kita loh! Pergi ke konferensi juga bisa mengasah keterampilan komunikasi kita, menambah pengalaman, dan menambah wawasan, sehingga kita bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang industri atau posisi kerja kita sekarang. Tidak sampai disitu saja kelebihannya, karena kita bisa mencantumkan nama konferensi tersebut ke dalam CV (curriculum vitae) ada Resume kita sebagai nilai tambah. 
 

4. Melanjutkan Pendidikan untuk Mendapat Gelar Tingkat Lanjut. 

Sudah menerapkan ketiga cara di atas namun belum mendapatkan pengembangan karier? Mungkin rekan pembaca perlu melanjutkan pendidikan kembali untuk mendapat gelar tingkat lanjut. Misalnya, melanjutkan pendidikan S2 untuk mendapat gelar master. Rekan pembaca bisa melanjutkan pendidikan master dengan memilih jurusan yang sama dengan masa S1 dahulu atau mengambil jurusan yang sama sekali berbeda dengan sebelumnya. Tidak masalah, dua-duanya memiliki kelebihan masing-masing kok. Jika jurusan yang diambil sama dengan pendidikan sebelumnya, ini akan membantu rekan pembaca menjadi lebih ekspert pada bidang tersebut. Di sisi lain, jika jurusan yang diambil sangat berbeda dengan ijazah sebelumnya, maka ini akan memberikan kita peluang untuk memperluas ilmu dan mempelajari hal-hal yang baru. 
 

5. Tambah Koleksi Baju Profesional Kita di Lemari. 

Seseorang dapat dilihat profesional dari apa yang dia kenakan. Apakah pakaian yang dikenakannya rapi, wangi (tidak berbau) dan terlihat appropriate (baik) dan sopan di mata orang lain? 
 
Jika kita benar-benar ingin meraih pengembangan karier, maka mulai dari sekarang kita perlu memperhatikan gaya berpakaian kita. Apabila kita ingin menjadi seorang yang profesional, maka kita harus berpakaian layaknya para profesional juga dong. 
 
Itulah dia 5 hal yang bisa diterapkan oleh kita semua dalam meraih pengembangan karier. Siapa sih yang tidak ingin menjadi sukses? Dan, siapa sih yang tidak ingin kariernya terus berkembang? Kami rasa semua orang pasti menginginkannya. Jadi, selamat menerapkan 5 hal di atas ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse