STUDILMU Career Advice - Makna Diam

Makna Diam


by STUDiLMU Editor
Posted on Aug 02, 2018

 
Apakah benar diam adalah emas? Jika memang pernyataan ini benar, apa arti diam? Kata “diam” memang memiliki arti yang beragam. Namun pengertian diam dapat dikatakan sebagai kondisi seseorang yang tidak mengeluarkan suara atau tidak memberi tanggapan apapun. Bisa jadi karena orang tersebut tidak mengetahui apa-apa, atau dia memang tidak ingin memberikan tanggapan apapun. 
 
Baik, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah : “diam itu emas”. Ternyata kumpulan tiga buah kata yang menjadi peribahasa itu mempunyai makna yang cukup dalam. Ada beberapa fakta menarik tentang emas.
 

Fakta pertama : rumus kimia emas adalah Au (Aurum)

 
Aurum berasal dari bahasa Latin yang berarti “bersinar fajar”. Dalam budaya Romawi, juga dikenal dewi Aurora, yang artinya Fajar, Matahari Terbit. Emas memang berkilau, emas memang memancarkan kilau yang begitu indahnya, sampai disejajarkan dengan kilau matahari pagi. 
 
Diam ternyata membuat kita berkilau, dalam beberapa situasi. Pada saat berdebat pendapat, diam membuat kita berpikir dan memberi kesempatan telinga kita mendengar. Apa jadinya dua orang yang berselisih paham namun tak ada satupun yang mengambil sikap diam. Pastilah hanya berujung pada debat kusir pelampiasan nafsu dan emosi saja. Ini menandakan bahwa dalam keadaan diam tetap saja kita bisa berpikir dengan baik dan berusaha untuk tetap bijaksana.
 
Diam dalam hal aktif mendengarkan, akan terasa nyaman bagi lawan bicara kita. Apalagi jika lawan bicara kita sedang tidak stabil emosi. Tentunya kita sering mengalaminya. Pasangan yang uring-uringan, rekan kerja yang menggerutu karena project yang gagal, bawahan yang protes dan mengeluarkan keluh kesahnya saat kita coaching, atau mungkin atasan yang mendapat tekanan dan akhirnya menekan kita. Diam dalam keadaan siap mendengarkan dengan empatik akan menjadi bantal yang empuk bagi mereka untuk mencurahkan perasaannya. 
 
Pada dasarnya manusia tidak bisa menahan diri untuk memendam terus-menerus emosi dalam dirinya. Ada kalanya benteng pertahanan itu jebol dan membutuhkan seseorang yang cukup dengan mendengar mampu membuatnya sedikit lebih tenang. 
 
Dalam keadaan seperti inilah sikap diam yang kita ambil akan terasa seperti fajar yang berkilau, menjadi pilihan paling tepat dibandingkan nasihat, saran, usul, apalagi debat pendapat. Diam adalah hal indah yang membantu mereka (rekan bicara kita) untuk menetralkan perasaan, sehingga selanjutnya mampu berpikir lebih jernih. Saat mereka sudah lebih jernih itulah kita baru memberikan pendapat dan gagasan, meskipun tak jarang mereka sudah menemukan titik terang karena kita mendengar tanpa menginterupsi. 

Fakta kedua : emas begitu lentur sehingga dapat dibuat menjadi benang jahit.

 
Kalau kita sering melihat emas dipakai sebagai perhiasan, dengan penambahan logam lainnya sehingga kita punya persepsi bahwa emas itu cukup keras, ternyata salah. Emas dalam keadaan murni atau mendekati murni cukup lentur hingga kita bisa membuatnya menjadi benang tanpa putus/patah. Bentuk emas seperti ini sering kita temui di songket/tenunan kain emas. 
 
Kondisi diam, artinya membiarkan diri dan pikiran kita berpikir secara lentur, sehingga lebih fleksibel dalam melihat berbagai pilihan. Dalam keadaan stress dan penuh tekanan, seringkali kecemasan, kekhawatiran dan kegelisahan menutup jalan pikiran kita. Banyak orang yang tidak bisa berpikir secara “waras” dalam keadaan under pressure. Pilhan dan keputusan yang diambil saat keadaan penuh tekanan seringkali berujung ke akibat yang bisa kita sesali di kemudian hari. Ini gara-gara pikiran kita terlalu kaku, tidak lentur.
 
Dengan mengambil waktu diam, memberikan jeda sejenak untuk pikiran kita lebih tenang, artinya kita juga sedang melenturkan benang-benang kusut permasalahan yang menekan, dan mencoba mencari ujung persoalan untuk bisa diurai dan diselesaikan satu per satu. Diam adalah emas yang lentur dan mampu membuat kita lebih fleksibel dalam keadaan tertekan.
 

Fakta ketiga : emas tidak bereaksi secara kimia

 
Itulah mengapa emas tidak berkarat, dan sebagai perhiasan emas tidak menyebabkan iritasi kulit. Ion-ion penyusun emas tidak mudah lepas dan bergabung dengan ion lainnya, sehingga tidak reaktif, tidak mudah bereaksi. 
 
Diam, membantu kita untuk mengatasi stimulus dan menghasilkan respon yang tepat, bukan respon yang reaktif. Arti respon adalah memberi sebuah tanggapan. Dalam kehidupan kita, stimulus adalah hal-hal yang kita alami, hal-hal yang mengenai dan bersinggungan dengan kita, dan membuat kita bereaksi. Contoh, saat bangun pagi hari di luar hujan. Hujan pagi itu adalah sebuah stimulus, yang bisa kita respon dengan mengeluh, menarik selimut lagi, atau beranjak bangun dan memulai aktifitas dengan semangat. 
 
Setiap stimulus menghasilkan respon. Respon bisa cenderung positif atau negatif, tergantung bagaimana kita memproses stimulus tersebut. 
 
Ketika seorang ibu mendapati anaknya mencoret-coret dinding rumah yang baru saja selesai dicat (stimulus), ada banyak kemungkinan respon yang terjadi. Bisa saja ibu tersebut marah, memaki, keluar kata-kata kasar, atau bahkan memukul anak tersebut. Namun, bisa jadi dengan proses yang benar, ibu ini bisa dengan lembut menasihati anaknya dan memberitahu bahwa perbuatan anak ini tidak baik, lalu menyodorkan kertas gambar sebagai media pengganti dinding yang dicoret-coret.
 
Respon yang berbeda bisa dihasilkan sekalipun stimulusnya sama. Respon yang langsung, spontan, tanpa melalui proses terlebih dahulu cenderung berakibat negatif, kita menyebutnya sebagai respon yang reaktif. Sementara respon proaktif didapatkan dari proses yang berlangsung ketika kita memberikan jeda (diam) sebelum merespon. 
 
Untuk mendapatkan pilihan terbaik, ambillah respon proaktif dengan memberikan jeda setiap kali Anda menemukan stimulus dalam hidup Anda. Jeda yang membuat kita menyadari siapa kita, mengimajinasi apa akibat dari respon yang akan kita ambil, mempertimbangkan baik buruknya respon kita, dan akhirnya memilih respon terbaik dari setiap pilihan yang ada. 
 
Jeda ini bisa didapat dengan memberikan waktu diam. Diam, sama seperti emas, membantu kita untuk tidak cepat bereaksi, tidak reaktif, dan pada akhirnya melatih kita menjadi pribadi yang proaktif. Sama seperti emas yang tidak menimbulkan iritasi kulit, diam membantu kita menjadi proaktif, menghindarkan respon reaktif, karena respon reaktif cenderung membuat pihak-pihak yang bersinggungan dengan kita merasakan dampaknya (iritasi)
 

Fakta keempat : emas dapat digunakan sebagai bahan makanan.

 
O, yah? Mungkin kita akan terbelalak mengetahui bahwa emas bisa dikonsumsi. 
 
Di Eropa, sekitar abad 16 emas digunakan sebagai campuran minuman beralkohol. Liqueur tradisional dari Jerman dan Polandia disebut Goldwasser (Goldwater) karena terdiri dari ribuan lapisan emas kecil. Beberapa suku asli Amerika bahkan mempercayai emas sebagai sumber kekuatan jika dikonsumsi. 
 
Secara kimiawi, emas tidak bereaksi dalam tubuh, sehingga hanya lewat dan tidak mempengaruhi nutrisi. Itulah mengapa emas tidak berbahaya jika masuk ke dalam makanan atau minuman kita. Berbagai restoran mewah menggunakan emas sebagai penghias, wadah, atau bagian dari menu istimewa yang mereka sajikan.
 
Meskipun emas tidak berbahaya dalam tubuh kita, namun memang tidak umum jika kita mengkonsumsinya sebagai makanan sehari-hari apalagi jika itu menjadi makanan pokok. Begitu juga “diam”. Meskipun kita tahu sikap diam bisa menjadi kekuatan dan banyak manfaatnya, namun tidak akan berguna jika diam menjadi gaya hidup kita. Diam akan menjadi emas yang bermanfaat jika digunakan pada waktu dan kesempatan yang tepat. Bukan dengan terus-terusan diam.
 
Jadi, memang benarlah ketika diam disejajarkan dengan emas. Karena diam dengan porsi tertentu, dalam keadaan tertentu dan ditambah kebijaksanaan mengelolanya (bukan sekedar diam tak bersuara) akan semulia emas dalam interpersonal skill kita. Saat Anda membaca artikel ini dan diam, tidak mencampurnya dengan opini negatif, tidak mengkombinasikannya dengan pemikiran sinis, dan tidak menginterupsi dengan komentar sadis, maka “diam” Anda menjadi emas bagi saya dan mencerahkan pandangan baru kita, bahwa diam, memanglah emas.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse