STUDILMU Career Advice - Masa Peralihan ke Dunia Pekerjaan

Masa Peralihan ke Dunia Pekerjaan


by STUDiLMU Editor
Posted on Feb 20, 2019

 
Setelah lulus kuliah, Anda pasti akan beralih ke dunia pekerjaan. Tiga minggu pertama merupakan waktu penyesuaian juga waktu peralihan Anda dari seorang pelajar ke seorang karyawan. Berikut adalah hal-hal yang ditemukan dalam tiga minggu masa peralihan. 

Anda di sini untuk belajar

Sebagian besar karyawan baru sebenarnya tidak tahu hal yang harus mereka lakukan saat pertama kali memulai pekerjaan. Dua minggu pertama akan menjadi waktu yang benar-benar lambat karena masih belum memiliki banyak tanggung jawab. Anda akan berkeliling meminta pekerjaan. Tetapi saat Anda akhirnya mendapatkan pekerjaan, Anda hampir tidak tahu hal yang harus Anda lakukan! Anda akan beruntung jika mendapat rekan kerja yang dapat mengerti itu dan sangat membantu Anda. Anda mungkin memiliki sejuta pertanyaan tentang pekerjaan yang dilemparkan kepada Anda. Ini mengintimidasi, tetapi kebanyakan orang senang membantu! Dikatakan demikian, jangan mengajukan pertanyaan setiap lima menit tentang sesuatu yang tidak dapat dipecahkan oleh penelusuran Google yang sederhana. Jadi, lakukan penelitian Anda terlebih dahulu. Daripada mengatakan, "Bagaimana saya dapat melakukan ini," katakan "saya telah mencoba ini, tetapi ini tetap salah, bisakah Anda membantu saya?"
 
Anda tidak hanya akan mengetahui satu cara dalam sebuah pekerjaan, pastinya Anda juga harus mencari tahu faktor yang menyebaBkan sebuah hal dapat terjadi. Hal ini akan menjadi lebih sulit dalam memahami alasan di balik proyek saat pertama kali memulai, tetapi pada akhirnya Anda ingin mengetahui pekerjaan Anda lebih rinci dari dalam. Pelajarilah dengan hati-hati agar tidak membayang-bayangi Anda.
 

Bersiaplah untuk bekerja dengan diri sendiri

Perbedaan besar antara bekerja penuh waktu dan magang adalah Anda tidak dapat secara otomatis menganggap seseorang akan memberitahu Anda hal-hal yang harus dilakukan. Orang-orang di kantor Anda sibuk. Mereka mengharapkan Anda untuk dapat belajar dan bertindak secara mandiri. Jangan duduk-duduk dan mengharapkan seseorang merencanakan kegiatan harian Anda. Belajarlah untuk cepat mengambil tanggung jawab dan menjadi aset bagi kantor!

Pelajari budayanya. Tetapi jangan takut untuk menjadi orang yang luar biasa itu

Sebagian besar perusahaan ingin memastikan bahwa Anda cocok dengan budaya mereka. Penting untuk menguji atmosfer di kantor Anda. Anda tidak mungkin memakai sandal ke kantor jika perusahaan Anda merupakan perupakan perusahaan di bidang bisnis. Tetapi penting juga untuk mengetahui bahwa Anda bisa menjadi orang hebat yang membawa perubahan yang mengasyikkan dan menyenangkan. Contohnya, jika Anda memiliki pekerjaan kantor di sebuah perusahaan konsultan. Anda dan rekan kerja Anda akan berada di bilik masing-masing dan biasanya sangat sibuk di siang hari. Namun ketika seseorang membuat sebuah acara makan siang di sebuah pasar tradisional atau di sebuah tempat yang menawarkan pada Jumat sore, rekan-rekan kerja Anda akan merasa senang untuk berpartisipasi, Anda juga harus merasakan hal yang sama, terutama karena Anda adalah orang baru di perusahaan tersebut.

Pergilah dan bersenang-senanglah

Tidak seperti saat Anda masih menjadi anak kuliahan di kampus, Anda tidak lagi memiliki kontrol penuh atas jadwal Anda (Anda tidak dapat memutuskan untuk melewatkan sebuah pekerjaan seperti Anda memutuskan untuk melewati kelas). Anda tidak lagi tinggal dekat dengan semua teman Anda, dan Anda akan menjadi kelelahan setelah bekerja mulai pukul 9 hingga 5 setiap harinya. Saat Anda berada di perguruan tinggi, Anda pasti berpikir, ternyata hal-hal yang mereka katakan tentang kehidupan kerja itu benar! Yah, tidak sepenuhnya. Jika Anda ingat untuk bersenang-senang dan secara aktif membuat rencana, Anda masih dapat bertemu banyak orang baru dan memiliki petualangan yang mengasyikkan!
 
Jika Anda harus menyewa kamar kos namun Anda adalah orang yang benar-benar menjaga privasi, lebih baik Anda memiliki teman sekamar sejak saat Anda pertama kali mulai bekerja. Sangat menyenangkan memiliki teman tetap yang dapat Anda datangi dan berbicara tentang aktivitas harian Anda. Dan tidak ada salahnya untuk menghemat dengan berbagi uang sewa kamar dengan teman sekamar Anda. 
 

Teruslah menjelajah

Terakhir tetapi tidak sedikit, ingat bahwa pekerjaan pertama Anda sangatlah tidak mungkin akan menjadi pekerjaan terakhir Anda. Bukan berarti Anda harus mencari cara untuk menemukan pekerjaan lain, tetapi teruslah membangun koneksi Anda dengan rekan-rekan kerja Anda dan tetap terbuka terhadap peluang-peluang lain dalam karir Anda. Namun yang terpenting, jadilah orang yang mengatakan, "saya siap!" ketika sebuah peluang muncul dihadapan Anda.
 
Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di awal bekerja. Semoga sukses.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse