STUDILMU Career Advice - Menciptakan Suasana yang Nyaman dalam Belajar

Menciptakan Suasana yang Nyaman dalam Belajar


by STUDiLMU Editor
Posted on May 12, 2022

Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman merupakan salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi fokus dan konsentransi dalam belajar. Seorang Peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar orang cenderung belajar lebih baik dalam lingkungan yang tenang (Dunlosky et al., 2013). Namun terdapat begitu banyak tantangan pada saat belajar sendiri seperti tergoda untuk rebahan ataupun bermain gadget. Tentu Anda tidak ingin terjebak dalam situasi yang mudah tergoda sehingga malas untuk belajar, bukan? Lalu bagaimana cara agar terciptanya suasana yang nyaman dalam belajar? Sebenarnya suasana yang nyaman untuk belajar tersebut bisa Anda ciptakan sendiri sesuai dengan kenyamanan Anda. Ada beberapa tips bagaimana menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar agar pembelejaran yang Anda lakukan dapat menjadi lebih efektif. Apa sajakah itu? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

1. Penataan Ruang

Untuk menciptakan suasana nyaman untuk belajar, penataan ruang tentu cukup berpengaruh. Terlebih lagi, jika ruang tempat belajar tertata dengan baik, maka pembelajaran pun akan terasa menyenangkan dan semangat belajar Anda akan ikut meningkat.

a. Temukan meja dan kursi yang bagus

Jika Anda ingin belajar, kasur bukanlah opsi yang tepat. Meskipun kasur menciptakan suasana yang nyaman, tetapi Anda mungkin saja kehilangan fokus atau tertidur. Belajar sambil duduk di depan meja belajar adalah cara yang paling ideal. Berikut tipsnya:

  • Cari meja yang tingginya di antara dada dan perut Anda ketika Anda duduk, sehingga Anda dapat dengan mudah menyandarkan siku di atas meja tanpa harus membungkukkan bahu ke depan. Selain itu, carilah meja yang memiliki kaki-kaki untuk menyandarkan kaki Anda di atasnya.
  • Gunakan kursi yang nyaman seperti kursi yang dapat berputar, bersandar, mudah dipindahkan, dan lain sebagainya. Namun jika tempat belajar Anda tidak memiliki kursi, carilah alas seperti karpet yang nyaman dan bersih untuk digunakan.

b. Dapatkan cahaya yang baik

Pencahayaan yang kurang atau terlalu gelap menjadikan Anda lebih mudah mengantuk dan tidak fokus pada saat belajar, selain itu mata pun akan mudah lelah bahkan dapat menyebabkan rabun dekat atau rabun jauh. Gunakan lampu yang memberikan cahaya terang pada ruang Anda agar pembelajaran dapat berjalan secara kondusif. Anda juga dapat menambahkan lampu meja di atas meja belajar Anda untuk menambah pencahayaan.  Selain itu, Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari yang masuk melalui jendela.

c. Mempersiapkan perlengkapan belajar

Sebelum memulai pembelajaran, pastikan semua perlengkapan yang Anda butuhkan sudah siap di meja. Hal ini akan memudahkan Anda ketika belajar, sehingga waktu yang digunakan pun tidak terbuang sia-sia.

  • Peralatan untuk belajar: Persiapkan kotak pensil Anda atau alat tulis yang berisi pensil, pulpen, penghapus, spidol, stabilo, penggaris, dan lain sebagainya yang Anda butuhkan.
  • Pendukung untuk belajar: Untuk pendukung, Anda dapat mempersiapkan buku catatan kecil, kalkulator, serta hal-hal pendukung lainnya yang dapat memudahkan.

d. Membersihkan ruang belajar

“Kebersihan pangkal kesehatan” begitulah bunyi pepatahnya. Bersihkan meja belajar dan ruang belajar Anda agar lebih terasa  lebih nyaman dan terlindungi dari penyakit. Anda dapat membersihkan ruangan dimulai dari menyeleksi barang yang masih bisa digunakan. Selain itu, mengubah posisi ruangan dapat membuat Anda merasa seperti di ruangan baru sehingga tidak mudah jenuh. Anda juga bisa menambahkan pewangi secukupnya sesuai dengan selera Anda.

Halaman Sebelumnya 12