STUDILMU Career Advice - Mentoring dan Coaching

Mentoring dan Coaching


by STUDiLMU Editor
Posted on Oct 01, 2018

 
 
Anggapan sebagian besar orang selama ini, bahwa menjadi mentor maupun coach berarti membantu orang lain, ternyata tidak sepenuhnya benar. Pada kenyataannya, dalam proses pengembangan karyawan, coach dan mentor pun mendapatkan banyak keuntungan dari proses coaching dan mentoring, bukan hanya coachee dan mentee-nya saja.
 
Ketika Anda mengambil tanggungjawab untuk membantu orang lain (baik itu rekan kerja maupun anak buah) sebagai mentor maupun sebagai coach, Anda pun berproses di dalamnya. Berelasi, berkomunikasi, dan berinteraksi membuat Anda bertumbuh. Berikut beberapa hal yang menjadi keuntungan Anda saat mengambil peran sebagai mentor maupun coach:

1. Kesempatan untuk pengembangan diri lebih lanjut

Ketika melakukan pengembangan bagi rekan maupun anak buah, Anda dituntut memenuhi tanggung jawab Anda terhadap mereka, Anda membutuhkan banyak keterampilan. Ada kemungkinan beberapa keterampilan yang Anda butuhkan ini adalah keterampilan yang masih baru. Menggunakan keterampilan yang baru bisa jadi kesempatan pengembangan diri yang bagus bagi Anda.
 
Membimbing anak muda adalah hal yang menyenangkan. Mereka selalu belajar hal-hal baru dan berbagi hal-hal baru itu dengan Anda. Mereka tidak hanya belajar dari Anda, tetapi Anda bisa belajar dari mereka. Anda mendapatkan manfaat dari perspektif unik mereka tentang kehidupan. Adalah sebuah kesalahan dengan menganggap bahwa karena Anda adalah mentor dan coach, Anda adalah satu-satunya yang memberi. Anda akan banyak belajar dari mentee dan coachee Anda.
 
Sebagai tambahan, menjadi seorang mentor dapat membantu karir Anda. Anda akan ditantang untuk tetap berada dalam posisi terbaik Anda supaya dapat memberikan saran terbaru. Ini akan membuat Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan menjadi karyawan yang berharga bagi atasan dan perusahaan Anda.

2. Kesempatan untuk senantiasa memperbarui teknik yang Anda miliki

Sabagai mentor/coach, Anda akan bertemu dengan mentee dan coachee dengan berbagai tipe karakteristik yang berbeda-beda. Membutuhkan variasi pendekatan yang berbeda untuk masing-masing tipe supaya pengembangan karyawan berjalan dengan efektif. Semakin banyak mentee dan coachee yang Anda temui, semakin besar peluang untuk mempelajari dan menerapkan teknik pendekatan ke mereka, maka semakin lihai Anda dalam melakukan mentoring dan coaching. 
 
Seperti layaknya keterampilan-keterampilan lainnya, semakin sering dipakai akan semakin terlatih. Seiring dengan bertambahnya jam terbang, asalkan mau terus belajar, Anda akan semakin kaya dengan berbagai teknik yang Anda terapkan dalam menghadapi berbagai tipe coachee/mentee.
 

3. Sebuah peluang untuk berpartisipasi dalam strategi pelatihan dan pengembangan perusahaan

Ketika mentoring dan coaching telah ditentukan secara resmi sebagai bagian dari strategi pelatihan dan pengembangan perusahaan, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk berpartisipasi di dalamnya. 
 

4. Membangun networking dan reputasi

Jika Anda bertindak sebagai mentor bagi rekan yang programnya mengharuskan Anda memfasilitasi akses bagi mereka ke tingkat manajemen yang lebih tinggi dari Anda, maka pekerjaan yang Anda atur dan hubungan yang dibangun di dalamnya dapat meningkatkan reputasi Anda ke tingkat yang lebih tinggi. 
 
Selain itu, atasan Anda akan melihat bahwa Anda dapat bekerjasama dengan baik dengan generasi penerus berikutnya karena Anda memahami cara mereka berpikir dan bertindak.
 
Bahkan, hanya terlibat sebagai mentor/coach saja sebenarnya sudah membawa keuntungan tersendiri. Kenyataan bahwa Anda telah dianggap sebagai orang yang tepat untuk dipilih sebagai mentor/coach dapat meningkatkan reputasi pribadi Anda.

5. Peningkatan kepuasan kerja

Tugas untuk terlibat dalam membantu rekan atau orang lain mencapai karir atau tujuan pribadi mereka ternyata membuat Anda lebih berenergi dan dapat meningkatkan kesadaran akan tujuan yang ingin dicapai.
 

6. Kepuasan ketika melihat saran Anda berdampak positif. 

Mentoring dapat menjadi penggerak semangat yang baik bagi para mentor. Adalah sebuah kepuasan tersendiri ketika melihat pemikiran dan saran Anda berdampak bagi kemajuan dan pengembangan mentee/coachee untuk mencapai hasil yang diharapkan.
 

7. Menambah CV Anda. 

Personal development (pengembangan pribadi) bisa menjadi faktor penting ketika melamar pekerjaan. Kenyataan bahwa Anda telah menjadi seorang mentor/coach adalah sebuah nilai tambah dalam CV Anda.
 

8. Mentoring dan Coaching meningkatkan kebijaksanaan

Orang yang Anda bimbing bisa jadi mengajukan pertanyaan yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Melalui percakapan yang dilakukan, mentor dan coach ditantang untuk menerjemahkan perspektif mentee/coachee dan bijaksana dalam memberikan jawaban. Proses ini menajamkan pikiran dan membuat mentor/coach semakin bijak.
 

9. Mentoring dan Coaching membantu Anda menjadi pemimpin yang lebih baik

Mentoring dan coaching yang baik salah satunya mampu memahami perspektif orang yang lebih muda atau anak buah Anda. Hanya ketika Anda memahami dengan baik, Anda mampu merespon dengan saran atau masukan yang membantu. Mentoring dan coaching adalah tempat pelatihan bagi Anda untuk menjadi pemimpin yang lebih baik dan untuk mengembangkan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang sukses.
 

10. Mentoring dan Coaching mempersiapkan Anda untuk menjadi orang tua yang lebih baik

Ketika anak-anak Anda masih muda, Anda memerintah mereka seperti diktator karena Anda lebih tahu dari mereka. Ketika mereka mulai pergi ke sekolah, Anda beralih peran menjadi seorang guru. Dan ketika anak-anak Anda menjadi dewasa, Anda beralih menjadi seorang mentor/coach. Karena Anda sudah mulai belajar untuk menjadi mentor yang baik mulai dari sekarang, Anda akan menjadi mentor yang lebih baik lagi untuk anak-anak Anda ketika mereka menjadi dewasa nantinya, dan dengan demikian, Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
 
Secara khusus, jika Anda menjadi coach/mentor di saat Anda sudah pensiun atau mendekati tahap pension, manfaat berikut akan Anda dapatkan. Pensiunan seringkali merasa terisolasi, mereka mendambakan lebih banyak interaksi sosial dan membutuhkan cara untuk tetap tertantang secara intelektual, untuk melatih kemampuan otak dan skillnya. Pensiunan juga ingin melakukan hal-hal yang berarti dan menyadari arti hidupnya. Mentoring dan coaching membantu Anda mengatasi semua masalah tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa semakin Anda aktif, Anda semakin sehat, jadi mentoring dan coaching di masa pensiun bermanfaat secara fisik dan mental.
 
Bukan hanya bagi mentor atau coach saja, proses pengembangan karyawan bermanfaat bagi perusahaan. Para mentee membawa pandangan baru terhadap prosedur dan nilai-nilai yang sudah ada dalam organisasi/perusahaan. Mentee dan coachee yang antusias dan imajinatif sering kali dapat membawa pendekatan baru terhadap nilai, proses, dan pemikiran yang ada. Dalam pengalaman kami, kami telah melihat sejumlah kasus dimana seluruh organisasi memperoleh manfaat dari penerapan kebijakan atau pemikiran baru yang direkomendasikan oleh para siswa atau peserta pelatihan dari project yang mereka lakukan. Project yang merupakan bagian dari program pengembangan mereka dimana para mentor telah merekomendasikan hasilnya untuk diterapkan. 
 
Berbagi dengan rekan atau anak buah yang lebih muda tentang apa yang telah Anda pelajari dan kesalahan yang telah Anda perbuat juga memungkinkan perusahaan berkembang lebih cepat, dengan produktivitas yang lebih besar.
 
Secara lebih luas lagi, mentoring dan coaching Memberikan kesempatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Mentoring dan coaching memungkinkan Anda berinvestasi pada pemimpin masa sekarang dan pemimpin masa depan. Waktu yang Anda habiskan bersama dengan mentee dan coachee Anda membantu mereka menjadi pemimpin yang lebih baik, dan pada gilirannya, mereka mampu memengaruhi orang-orang berinteraksi dengan mereka 
 
Anda tidak perlu menjadi super cerdas atau super bijaksana untuk mendapatkan sederet benefit sebagai coach dan mentor tadi. Anda hanya perlu bertanya, mendengarkan dengan baik, dan berbagi pengalaman, keahlian, perspektif, dan hal-hal yang telah Anda pelajari.  
 
Dunia membutuhkan lebih banyak mentor dan coach.
Pertimbangkan untuk menjadi salah satunya.
 
Jika ingin menyelenggarakan training Coaching, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com
 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse