STUDILMU Career Advice - Mitos atau Fakta Dibalik Kesuksesan Perusahaan Startup

Mitos atau Fakta Dibalik Kesuksesan Perusahaan Startup


by STUDiLMU Editor
Posted on Jul 25, 2019

Definisi Perusahaan Startup

Startup adalah dua gabungan kata dalam bahasa Inggris yaitu, start dan up. Perusahaan atau bisnis yang menggunakan kata startup menandakan bahwa bisnis yang mereka bangun baru saja dimulai dan sedang berupaya untuk naik dan setara dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Bisa dikatakan ini adalah kategori dari perusahaan startup itu sendiri. Dengan kata lain, perusahaan startup adalah perusahaan rintisan yang masih berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk mendapatkan target pasar yang tepat, kemajuan yang stabil dan meraih kesuksesan seperti perusahaan-perusahaan pendahulunya

Mitos atau Fakta? 

Perusahaan-perusahaan startup dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan kemajuan yang luar biasa, terutama di era digital seperti sekarang ini. Selain itu, faktor-faktor keunikan yang dibawa oleh perusahaan startup semakin membuat bisnis ini menjadi incaran banyak orang untuk mulai berkarier dan mengubah kondisi pasar yang tadinya hanya biasa-biasa saja atau monoton, menjadi lebih beragam. 
 
Kemajuan beberapa perusahaan startup menciptakan motivasi dan gairah tersendiri bagi para kawula muda. Mereka yang berumur kisaran 20-30an mulai berlomba-lomba untuk mewujudkan ide-ide cemerlang menjadi sebuah perusahaan startup yang beken dan sukses. Namun, apakah bisnis dari perusahaan startup ini perlu dijalankan oleh pendiri dengan rentang umur 20-30an? 
 
Pertanyaan yang lebih spesifik, apakah kesuksesan perusahaan startup ditentukan oleh para pendiri yang masih berumur muda atau justru kesuksesannya hanya akan bisa didapatkan jika para pendiri-nya berumur lebih matang seperti, 40-50 tahunan? 
 
Sebagian orang menganggap bahwa bisnis startup identik dengan milenial dan anak-anak muda, karena bisnis startup itu memerlukan ide-ide kreatif dan inovatif dan orang-orang yang bisa melakukan hal ini hanyalah anak muda. Mengapa? Tentu saja karena pemikiran dan pergaulan mereka masih sangat luas, pergerakan mereka juga masih sangat cepat jika dibandingkan dengan mereka yang sudah berumur di atas 30 tahun.  Akan tetapi, apakah hal ini sebuah mitos atau fakta? Menurut keterangan dari website business insider, gagasan bahwa kebanyakan para pendiri perusahaan startup meraih kesuksesannya pada usia dua puluhan adalah sebuah mitos belaka. Fakta membuktikan bahwa pengusaha startup yang sukses rata-rata berumur lebih tua, bukan berkisar dua puluhan. 
 
Lalu, apa yang menjadi pendukung dari fakta ini? Sebuah studi yang dilakukan oleh MIT menunjukkan bahwa usia rata-rata para pendiri startup adalah sekitar 42 tahun. Selain itu, para pendiri startup yang dapat berhasil membawa perusahaan startup-nya menuju kesuksesan dan pertumbuhan tinggi adalah mereka yang berumur 45 tahun. 
 
Mengapa bukan mereka yang masih berumur 20 tahunan yang bisa membawa kesuksesan pada bisnis startup? Studi ini juga menemukan bahwa para pendiri startup yang berumur dua puluhan memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk bisa memulai perusahaan startup dan menjadikan perusahaan tersebut menjadi bisnis startup yang sukses. 
 
Mungkin rekan-rekan Career Advice akan berpikir bahwa seringkali nama-nama pendiri startup yang terkenal berasal dari anak-anak muda yang masih berumur 20 tahunan. Jadi, bagaimana bisa hal itu adalah sebuah mitos? Sebagai contoh, Mark Zuckerberg masih berumur 19 tahun saat dirinya mulai mengotak-atik komputernya dan mendirikan Facebook dari kamar asramanya di Harvard, David Karp juga masih berusia 20 tahunan saat dirinya memutuskan untuk memulai situs microblogging yaitu Tumblr. Selain dua pebisnis terkenal tersebut, ada Steve Jobs yang pada saat itu masih berusia 21 tahun dan mulai meluncurkan Apple Computer dari garasi rumahnya. 
 
Memang benar bahwa daftar pendiri perusahaan startup yang sukses, terkenal dan masih berumur sangat muda semakin bertambah dari waktu ke waktu. Namun, ternyata gagasan umum yang tersebar di kalangan masyarakat bahwa pendiri startup yang sukses dan berhasil dimiliki oleh mereka yang berusia 20-an adalah mitos yang sudah terkenal di kalangan Silicon Valley. 
 
Kami tidak mengatakan bahwa ini salah. Yap! Para pendiri startup yang berusia muda itu memang ada, namun secara statistik sangat jarang. Hasil dari penelitian terbaru yang dilakukan oleh MIT menunjukkan bahwa usia rata-rata pendiri perusahaan startup yang sukses dan berhasil terdiri dari para pendiri startup yang berumur lebih tua dan jauh dari apa yang kita bayangkan selama ini. 
 
Seorang profesor MIT yang bernama Pierre Azoulay dan mahasiswa PhD-nya yang bernama Daniel Kim telah melakukan studi dan menganalisis 2.7 juta orang yang mendirikan perusahaan antara 2007 dan 2014. Hasil menunjukkan bahwa usia rata-rata pengusaha yang mendirikan perusahaan dan kemudian pada akhirnya berhasil mempekerjakan satu karyawan adalah berusia 41.9 dan usia rata-rata pendiri perusahaan yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat tinggi ada pada mereka yang berusia 45 tahun. 
 
Tidak hanya itu, studi ini juga melakukan penelitian yang berfokus pada para pengusaha di sektor-sektor lain, seperti pekerjaan teknologi khusus, investasi modal ventura dan perusahaan paten. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan hasil yang serupa yaitu usia rata-rata pendiri perusahaan dari beberapa sektor tersebut berkisar 40 tahunan hingga pertengahan empat puluhan. 
 
Inti dari beberapa studi yang dilakukan ini menunjukkan bahwa para pengusaha sukses yang berhasil menciptakan kemajuan pada perusahaan startup adalah orang-orang yang berumur setengah baya, bukan para anak muda. Dengan kata lain, para pendiri perusahaan startup yang berusia 20-an memiliki kemungkinan terendah untuk bisa menciptakan keberhasilan pada perusahaannya dibandingkan dengan para pendiri perusahaan yang berusia 40-an dan pertengahan empat puluhan. Bila dituangkan dalam skala, maka perbandingannya seperti 1:1000. 
 
Yap! itulah fakta mengejutkan yang ada dibalik kesuksesan perusahaan startup. Jadi, sekarang kita sudah bisa membedakan hal-hal apa saja yang sekedar mitos dan apa saja yang menjadi fakta sebenarnya. Meskipun begitu, kami tetap mendukung semua rekan-rekan Career Advice, baik yang masih berumur 20an atau 30an ke atas untuk terus berkarya dan tidak takut untuk memulai perusahaan startup Anda. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse