STUDILMU Career Advice - Pengertian E-learning dan Lanskapnya pada 2019

Pengertian E-learning dan Lanskapnya pada 2019


by STUDiLMU Editor
Posted on Jul 17, 2019

Pengertian E-Learning. 

Rosenberg (2011) mengatakan bahwa e-learning adalah forum belajar yang merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, Jaya Kumar (2002) juga memberikan pendapatnya terhadap definisi e-learning. Menurut Kumar, e-learning adalah sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik seperti, LAN, WAN atau Internet, yang menyampaikan isi pembelajaran, interaksi atau bimbingan. Setelah mengetahui definisi e-learning dari kedua ahli tersebut, sekarang kita simak yuk lanskap yang dimiliki e-learning pada tahun 2019. Berdasarkan website entrepreneur, ada beberapa lanskap e-learning yang akan terus berkembang setelah tahun 2019. 
 

Lanskap E-Learning pada Tahun 2019

Tahun 2019 menjadi tahun yang paling banyak digandrungi oleh e-learning dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hampir semua kalangan masyarakat sudah “melek teknologi”, sehingga mereka sudah tidak perlu lagi keluar rumah untuk mencari ilmu dan informasi terkini, cukup membuka ponsel atau laptop, maka segala informasi dan ilmu bermanfaat yang mereka inginkan akan didapatkan. 
 
E-learning bukan hanya berkembang dalam jumlahnya, namun juga pada inovasi atau perkembangannya. Ada beberapa aspek spesifik dari perkembangan e-Learning di tahun 2019 ini yang diprediksi akan mengalami peningkatan besar di tahun mendatang. Apa saja ya? 
 

1. E-Learning sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan.

Salah satu perkembangan e-learning di tahun 2019 yang sangat mengagumkan adalah ketersediaan kursus-kursus alternatif yang dapat membantu para pesertanya untuk mengembangkan keterampilan baru atau mengasah keterampilan yang sudah ada sebelumnya. 
 
Sebelum e-learning berkembang seperti sekarang ini, orang-orang yang memiliki tekad untuk belajar hal-hal yang baru dan bermanfaat harus merogoh kocek yang dalam dan berpindah ke kota-kota besar kosmopolitan, karena tempat-tempat kursus yang berkualitas tinggi hanya ada di sana. E-learning memberikan rangkaian kursus online yang subjeknya sangat bervariasi, bahkan subjek-subjek yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan juga ada loh! Misalnya, kursus online belajar masak makanan Korea, kursus online untuk diterima pada beasiswa Internasional, dan lain sebagainya. 
 
Nah di tahun depan dan tahun-tahun berikutnya, jumlah ketersediaan kursus online juga diprediksi akan semakin melonjak tajam loh!
 

2. E-Learning Menawarkan Para Mentor Terbaik. 

Pendidikan secara tradisional yang dilakukan di dalam kelas dan bertatap muka langsung dengan para pengajar dianggap menjadi sarana pembelajaran yang paling terbaik sampai saat ini. Sebagian orang beranggapan bahwa proses belajar secara tradisional akan mengizinkan pengajar dalam memberikan rasa simpatik kepada pesertanya secara langsung, sehingga ada kekuatan emosional yang mempermudah kegiatan belajar. 
 
Namun, e-learning telah menghancurkan semua stigma negatif tersebut. Kenyataannya, e-learning di tahun 2019 ini sudah mulai menawarkan banyak inovasi pembelajaran online yang diajarkan langsung oleh para ahlinya. Sudah banyak sekali para pemikir ekspert, profesional, dan pemimpin sukses yang ikut menjadi mentor di dalam kursus online. 
 
Mereka bukan hanya menjadi praktisi hebat di bidangnya masing-masing, namun juga ikut mencerdaskan generasi bangsa melalui platform e-learning. Bukan hanya itu, beberapa universitas di Indonesia pada tahun 2019 ini juga sudah menggunakan platform online sebagai tambahan dari kegiatan pembelajaran mereka di kelas. Bagaimana perkembangan e-learning di tahun mendatang? Kami masih memprediksikan hal yang sama yaitu, semakin maju dan berkembang!
 

3. E-Learning sebagai Sarana Pembelajaran Visual yang Sangat Menarik. 

Orang-orang yang belajar melalui e-learning atau kursus online, sama saja seperti belajar sambil menghibur diri. Mengapa demikian? Sarana pembelajaran visual yang ditawarkan oleh e-learning melalui video membuat para peserta e-learning menjadi lebih tertarik dan mudah untuk memahami informasi dan ilmu yang disampaikan oleh para mentor. 
 
E-learning secara keseluruhan menggunakan video sebagai basis pengajarannya, dan ini sangat memudahkan para peserta e-learning dalam menangkap pikiran dan imajinasi yang coba disampaikan oleh para mentor melalui video.
 
Meskipun sebagian orang masih menyanggah hal ini karena melihat layar dalam waktu yang lama sangat tidak baik untuk mata, namun e-learning dengan video-videonya tetap menjadi pilihan favorit bagi banyak orang.  Selain itu, pilihan video ini juga diprediksi akan semakin banyak dipilih oleh para peserta e-learning pada tahun-tahun berikutnya. 
 

4. E-Learning Menyediakan Tes Pengujian & Kemampuan yang Tepat Sasaran. 

Dulu sekali sebelum e-learning hadir di dalam kehidupan kita, para orang tua ikut sibuk dan pusing dalam membantu anak-anak mereka untuk menentukan bakat dan minat yang akan berpengaruh besar pada jenjang karier di masa depan. Namun, sekarang sudah tidak lagi karena e-learning juga menawarkan tes pengujian dan kemampuan yang sangat tepat sasaran. 
 
Hal ini sangat membantu kita dalam menentukan kemampuan dan kekurangan apa yang kita miliki, serta profesi apa yang cocok untuk kita miliki di masa depan. Para peserta tes juga tidak perlu-perlu pusing tentang dimana mereka harus belajar. Zaman sekarang, kita bisa belajar apapun dari internet sesuai topik yang kita inginkan. Mudah dan menarik, bukan? 
 
Bahkan diprediksi dalam beberapa tahun ke depan, kita sudah tidak perlu lagi untuk datang ke lembaga-lembaga tes yang menguji kemampuan kita secara tepat, karena semuanya bisa dilakukan melalui online. 

5. E-Learning Menawarkan Pembelajaran yang Khusus dan Bertarget. 

Salah satu manfaat terbesar yang dihasilkan dari perkembangan e-learning adalah mampu membuat program khusus yang dibuat secara spesial dan rinci yang menargetkan kelompok peserta didik yang sangat spesifik dan membuat program yang sangat definitif. 
 
Dalam hal ini, platform e-learning berhasil membuat dan membangun program yang sangat terspesialisasi dengan lebih cepat dan jauh lebih efisien. Tidak hanya itu loh, e-learning juga memberikan banyak manfaat lain termasuk harga kursus yang lebih terjangkau daripada belajar langsung di kelas. 
 
Kami setuju bahwa belum ada teknologi yang bisa menggantikan bagaimana indahnya dan hangatnya berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang kita sayang dan bagaimana efektifnya ketika belajar atau berlatih langsung secara tatap muka dengan para pengajar dan mentor. Namun, seiring perkembangan zaman yang semakin menawarkan banyak perubahan inilah yang membuat e-learning menjadi solusi terbaik bagi kita saat ini.
Featured Career Advices

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online