STUDILMU Career Advice - Pentingnya Mindset untuk Membangun Sukses

Pentingnya Mindset untuk Membangun Sukses


by STUDiLMU Editor
Posted on May 12, 2022

Sukses dapat diraih dengan beberapa cara seperti belajar dengan giat dan bekerja dengan optimal. Faktor kesuksesan yang mungkin seringkali dianggap tidak begitu penting yaitu mindset atau pola pikir. Kebanyakan orang lebih fokus pada memaksakan diri saat bekerja, atau berlomba-lomba dalam meraih suatu penghargaan tanpa memikirkan banyak banyak faktor. Seorang penulis internasional, Tony Robbis menyatakan bahwa kesuksesan ditentukan oleh 20% bakat dan kecerdasan, serta 80% psikologis. Hal ini dikarenakan mindset atau pola pikir sangat berpengaruh terhadap kesuksesan setiap orang. Oleh karena itu, mengembangkan pola pikir tertentu sangat membantu kita mencapai tujuan, menikmati hidup, dan menjadi lebih sukses. Namun sebenarnya seperti apa sih mindset atau pola pikir yang harus ada di dalam diri untuk membangun kesuksesan? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

 

Apa itu Mindset?

Mindset terdiri dari kata mind dan set dimana mind diartikan sebagai sumber pikiran dan memori yang menghasilkan perasaan, pikiran, ide dan penyimpan pengetahuan. Adapun kata set mempunyai arti mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan. Mindset atau pola pikir didefinisikan sebagai suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman dengan keyakinan sehingga dapat memengaruhi perilaku atau cara berpikir seseorang dan menentukan suatu sikap, pandangan hingga masa depan seseorang. Terdapat beberapa pengertian mindset menurut para ahli, yaitu sebagai berikut,

Pengertian Mindset menurut Para Ahli:

  1. Menurut Gunawan (2007:14) Mindset atau pola pikir adalah kepercayaan-kepercayaan yang memengaruhi sikap seseorang; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap, dan masa depan seseorang.
  2. Dalam buku Mindset Revolution for Smart Teen karya Fani Kartikasari (2009:11) disebutkan bahwa mindset  adalah  pola  pikir yang akan menentukan tindakan. Tindakan ini akan mengantarkan kita makin mendekat (atau justru menjauh) dari impian dan cita-cita kita. Jadi, penting sekali bagi kita untuk memiliki ‘mindset sang bintang’, yang  akan mengantarkan kita  menjadi bintang yang sesungguhnya!”
  3. Sedangkan menurut dr. Ibrahin Elfiky, mindset adalah sekumpulan pikiran yang terjadi berkali-kali di berbagai tempat dan waktu serta diperkuat dengan keyakinan dan proyeksi sehingga menjadi kenyataan yang dapat dipastikan di setiap tempat dan waktu yang sama.
Halaman Sebelumnya 12