STUDILMU Career Advice - Pentingnya Reminder atau Pengingat Jadwal dan Menjadikannya Bermanfaat

Pentingnya Reminder atau Pengingat Jadwal dan Menjadikannya Bermanfaat


by STUDiLMU Editor
Posted on Aug 20, 2019

Pengertian Reminder atau Pengingat Jadwal

Tidak peduli seberapa baik dan hebatnya kita dalam membuat daftar to-do-list dan menandai event di kalender, tetap saja kita masih merasa kesulitan untuk mengingatkan diri dalam melakukan segala hal-hal penting. Reminder atau pengingat jadwal adalah sebuah pengingat yang dapat digunakan oleh setiap individu dalam mengingatkan hal-hal penting yang harus mereka lakukan. Pada reminder atau pengingat jadwal, kita bisa diingatkan tentang hal-hal penting. Contohnya, diingatkan bahwa besok kita akan memiliki rapat kerja yang penting atau minggu depan kita akan berangkat ke Luar Negeri untuk melakukan perjalanan bisnis.
 
Setiap orang bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam untuk menulis daftar belanjaan yang akan dibelinya di supermarket atau daftar barang-barang yang akan dibawa olehnya dalam perjalanan bisnis. Namun, bisa saja kan mereka lupa untuk membawa daftar penting tersebut? 
 
Menurut David Allen, reminder atau pengingat jadwal adalah sebuah pengingat yang berhasil untuk mengubah tumpukan kertas atau layanan web menjadi sebuah sistem pengingat yang kuat, dan dapat kita sebut sebagai “sistem terpercaya”. Sayangnya, ada begitu banyak orang yang tidak ingin menjadi individu yang teratur dan disiplin. Mereka tidak peduli seberapa kacaunya hidup mereka, mereka yakin bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk mengenal diri mereka sendiri dengan cukup baik dan ini dapat disebut sebagai self reminder. Self reminder adalah sebuah pengingat otomatis yang ada pada diri setiap individu. Misalnya, self reminder membantu kita untuk mengingat bahwa besok adalah hari pertama kita bekerja di perusahaan baru. 
 
Meskipun setiap manusia pasti memiliki self reminder, namun reminder atau pengingat jadwal akan sangat berfungsi di dalam kehidupan kita, terutama ketika tanpa disadari kita lupa membawa daftar to-do-list atau daftar-daftar penting lainnya. 
 
Kabar baiknya, kita memiliki cara lain untuk memastikan bahwa kita dapat mengingat daftar to-do-list yang sangat penting, yang bisa saja lupa untuk kita bawa. Bagaimana caranya? Lama-kelamaan, reminder atau pengingat jadwal yang kita buat setiap kali kita berusaha untuk mengingat sesuatu akan membantu kita untuk membentuk sebuah kebiasaan baru yang lebih baik
 
Inilah mengapa reminder atau pengingat jadwal menjadi sangat penting dalam kehidupan kita, karena hal ini akan membantu kita dalam membentuk kebiasaan yang teliti dan menjadi seorang yang rinci. Dengan kata lain, reminder atau pengingat jadwal dapat menjauhkan kita dari sikap ceroboh atau clumsy. 
 

Reminder atau Pengingat Jadwal dapat Membangun Kebiasaan Baru

Di bagian sebelumnya, kita sudah membahas sedikit bahwa reminder atau pengingat jadwal dapat membantu kita dalam membentuk sebuah kebiasaan baru yang lebih baik. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kebiasaan? Kebiasaan adalah tindakan atau perilaku yang selalu kita lakukan secara otomatis tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Misalnya, setiap pagi rekan pembaca selalu memakai dasi. Rekan pembaca tidak perlu memikirkan langkah-langkah bagaimana cara membuat dasi, karena rekan pembaca sudah melakukan hal ini setiap pagi, sehingga langkah-langkah membuat dasi sudah ada di luar kepala. Setelah membuat dasi, rekan pembaca mungkin akan pergi ke ruang makan untuk menikmati sarapan, mengambil tas kerja, masuk ke dalam mobil, menyalakan kendaraan, dan lain sebagainya. Yap, semua urutan tersebut juga termasuk ke dalam kebiasaan sehari-hari kita. 
 
Kabar baiknya, segala kebiasaan yang kita lakukan setiap hari menandakan bahwa kita telah memiliki serangkaian kebiasaan produktivitas yang telah dibangun selama hidup kita berlangsung dari kecil. Akan tetapi, masalahnya tidak semua kebiasaan yang kita lakukan adalah kebiasaan baik, pasti ada juga beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan. Mungkin ada beberapa kebiasaan yang sangat tidak produktif yang sering kita lakukan
 
Masalah kedua, tidak mudah bagi kita untuk mengubah kebiasaan yang buruk dan memulai kebiasaan baru yang lebih baik. Namun, ketika kita berusaha menerapkan kebiasaan baik (baru) secara berulang-ulang dan konsisten dalam waktu yang lama, maka kebiasaan baru yang lebih baik tersebut akan menjadi suatu kebiasaan baru yang lebih produktif dan lebih positif. 
 
Sama halnya ketika kita membuat reminder atau pengingat jadwal. Ketika kita menggunakan reminder atau pengingat jadwal secara rutin, maka secara otomatis kita akan menjadi seorang yang teratur dan reflek untuk menjadi individu yang sangat teliti. Dengan kata lain, kita akan mulai meneliti dan mengecek hal-hal penting, bahkan tanpa kehadiran reminder atau pengingat jadwal sekalipun. Reminder atau pengingat jadwal dapat mendorong self reminder yang kita miliki dan membantu kita untuk menciptakan kebiasaan baru, serta membentuk kehidupan yang lebih teratur. 
 

Reminder atau Pengingat Jadwal dapat Menjadi Pemicu yang Baik untuk Menjauhkan Kita dari Sikap Ceroboh. 

Apa yang dimaksud dengan pemicu? Pemicu adalah segala hal yang kita izinkan untuk hadir “di hidup kita” dan mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, pemicu adalah sesuatu yang membuat kita berhasil melakukan sesuatu. Sebagai contoh, apa yang memicu seseorang untuk makan? Jawabannya, karena rasa lapar telah memicu dirinya untuk segera makan makanan yang mengenyangkan. Contoh lain, ketika kita harus membawa tas laptop ke kantor, biasanya kita akan meletakkannya di samping tas kerja kita. Sehingga, kita memiliki sebuah reminder atau pengingat sebagai pemicu yang mengingatkan kita untuk membawa tas laptop ke kantor. 
 
Selain itu, reminder atau pengingat jadwal dapat menjadi pemicu yang membawa kita pada kesuksesan dengan terhindar dari sikap yang ceroboh. Misalnya, kita membuat sebuah reminder atau pengingat jadwal satu jam sebelum presentasi dengan klien dimulai. Reminder atau pengingat jadwal ini akan memicu kita untuk bersiap-siap dan berusaha untuk memberikan presentasi yang terbaik. Intinya, segala hal yang menarik perhatian kita dan mengingatkan kita untuk melakukan sesuatu adalah sebuah pemicu yang sangat baik. Inti lainnya, reminder atau pengingat jadwal benar-benar sangat bermanfaat untuk kedisiplinan hidup kita.  

Bagaimana Cara Membuat Reminder atau Pengingat Jadwal benar-benar Berfungsi bagi Kita? 

Komputer dan segala perangkat lunak yang terkoneksi dengan internet dapat memungkinkan kita untuk membuat reminder atau pengingat jadwal. Misalnya, perangkat lunak desktop seperti Outlook akan menampilkan reminder atau pengingat jadwal pada layar desktop kita.
 
Reminder atau pengingat jadwal bukan hanya dapat membantu kita dalam membangun kebiasaan baru yang lebih baik, namun ini juga dapat membantu kita dalam mengingat hal-hal yang sangat penting, yang mungkin jauh lebih penting dari sebuah kebiasaan. 
 
Sebagai contoh, reminder atau pengingat jadwal akan sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes yang perlu mengambil insulin mereka, pasien HIV yang pengobatannya harus dilakukan secara tepat waktu, dan lain sebagainya.
 
Dalam hal ini, kita bisa mengatur semua reminder atau pengingat jadwal ke dalam ponsel kita atau perangkat lunak yang biasa kita gunakan. Sehingga, tidak ada satupun reminder atau pengingat jadwal yang terlupakan. 
 
Setelah membaca artikel ini, kami harap rekan-rekan pembaca dapat membangun kebiasaan baru, hidup rekan pembaca menjadi lebih teratur dan lebih disiplin lagi. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse