STUDILMU Career Advice - Quality Time dengan Pasangan yang Sibuk Bekerja? Bisa!

Quality Time dengan Pasangan yang Sibuk Bekerja? Bisa!


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 13, 2021

Apa itu Quality Time?

Quality time adalah salah satu dari love languages yang memiliki arti menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang tersayang dan terdekat secara berkualitas tanpa interupsi. Quality time memberikan kesempatan untuk bersama dan berbincang bersama, karena komunikasi akan membangun keintiman emosional dan kepercayaan. Gary Chapman, tokoh yang memperkenalkan Five Love Languages mengemukakan bahwa quality time artinya bahasa cinta yang berfokus pada kebersamaan.

Meskipun quality time merupakan salah satu dari lima bahasa cinta, namun quality time bukan hanya dapat dilakukan dengan pasangan. Bahasa cinta merupakan bahasa yang universal, artinya bahasa cinta ini bukan hanya dapat diterapkan kepada pasangan namun juga ada orang tua, saudara, anak, sahabat atau orang-orang terdekat dan Anda sayangi. Quality time dapat dilakukan bersama-sama orang terdekat dengan melakukan quality time dengan pasangan, keluarga, sahabat bahkan untuk diri sendiri.

Di tengah-tengah kesibukan bekerja terkadang Anda suka lalai dan lupa untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terdekat Anda. Padahal orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan atau sahabat yang menjadi tempat Anda untuk melepas penat, kesedihan, kemaraham, kekecewaan atau bahkan kebahagiaan yang Anda alami baik di dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan. Sehingga quality time menjadi bagian yang penting dalam hidup meskipun bekerja juga menjadi prioritas utama. Mungkin sering Anda mendengar cerita mengenai banyak orang yang terlalu banyak bekerja sehingga lalai untuk meluangkan waktu bersama dengan orang-orang terdekatnya. Namun Anda semua tidak pernah ada yang tahu apa yang terjadi di masa yang akan datang, mungkin orang tua yang semakin menua, anak yang terlalu cepat tumbuh, atau pasangan yang merasa kurang diperhatikan. Ketika Anda kehilangan orang-orang terdekat karena lalai menyiapkan waktu bersama mereka, mereka penyesalan akan datang di akhir waktu. Maka meskipun sibuk dengan pekerjaan, maka Anda sudah seharusnya menyisihkan waktu dengan orang-orang terdekat, salah satunya yang menjadi orang terdekat adalah pasangan.

Bagaimana Cara Quality Time untuk Pasangan Bekerja?

Menyisihkan waktu untuk melakukan quality time dengan pasangan yang sama-sama sibuk bekerja sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena yang ditekankan adalah kualitasnya bukan kuantitas waktunya. Karena memberikan waktu yang berkualitas dibutuhkan kemauan besar dari diri Anda masing-masing untuk melakukannya. Ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk quality time bersama pasangan yang sama-sama sibuk bekerja.

1. Rencanakan untuk “Couple Time”

Bisa jadi Anda adalah orang yang setiap pulang kantor bertemu dengan pasangan Anda, atau bahkan mungkin hanya seminggu sekali setiap akhir pekan. Maka tidak salahnya merencanakan sesuatu yang menyenangkan bersama pasangan, misalnya seperti menghabiskan waktu bersama tanpa gadget satu hari penuh atau setengah hari di akhir pekan.

Halaman Sebelumnya 1234