STUDILMU Career Advice - Rutinitas Pagi Pekerja Sukses

Rutinitas Pagi Pekerja Sukses


by STUDiLMU Editor
Posted on Jun 09, 2022

Banyak orang sukses setuju bahwa waktu produktif yang tepat adalah di pagi hari. Itulah mengapa membangun kebiasaan rutin di pagi hari akan membantu mengembangkan kebiasaan baik yang memungkinkan kita untuk fokus, mencapai lebih banyak pencapaian di hari kerja, serta dapat menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik, efisien, dan berkualitas.

 

Tidak semua orang memiliki kebiasaan bangun pagi atau dapat bangun dipagi hari, jadi mungkin perlu beberapa latihan untuk melatih dan membiasakan diri untuk bangun pagi. Bangun pagi merupakan awal yang paling penting, yang pada awalnya mungkin dirasa sangat sulit untuk dilakukan. Namun ketika sudah terbiasa dan menjadi suatu rutinitas maka bangun pagi dapat menjadi kunci hidup sukses.  Berikut ini rutinitas pagi para pekerja sukses:

 

1. Bangun Pagi dan Bangun pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Biasakan diri untuk pergi tidur di jam yang sama setiap harinya lalu atur jam alarm, dan jauhkan gadget dari tempat tidur. Cara tersebut cukup ampuh untuk memaksa kita harus bangun untuk mematikan alarm tersebut. Cobalah untuk tidak mengandalkan tombol snooze atau tunda alarm, mengetuknya berulang kali dan kembali tidur untuk waktu yang singkat. Tidur di jam yang sama setiap hari akan membuat diri kita terbiasa untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya bahkan disaat hari libur dan ketika kita tidak mengatur alarm. Lalu usahahan untuk membiasakan diri tidur minimal tujuh sampai sembilan jam setiap malamnya. Jika waktu tidur lebih atau kurang dari itu bisa membuat diri kita merasa lesu dan memiliki energi yang lebih rendah di siang harinya. Namun ketika kebiasaan tidur kita sudah baik dan benar, maka hal ini dapat menjadi sebaliknya, yaitu membuat diri kita memiliki lebih banyak energi untuk menjalankan aktivitas kita sepanjang hari.

2. Terkena Sinar Matahari Pagi Secara Langsung

Sinar matahari pagi alami sangat baik untuk kita. Banyak sekali manfaat dari cahaya matahari pagi yang bisa kita dapatkan, salah satunya yaitu dapat membantu suasana hati kita lebih ceria, aktif, berenergi positif, dan menambah semangat untuk beraktivitas.

3. Minum Segelas Air Putih

Saat kita tidur, tanpa kita sadari badan kita mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan saat kita tertidur tubuh pun tanpa kita sadari juga mengeluarkan cairan dan di sepanjang malam saat kita tertidur tidak ada cairan tambahan yang masuk. Itulah mengapa sangat penting untuk minum segelas air putih segera setelah bangun tidur. Hal ini untuk mengisi kembali cairan tubuh kita dan membantu memastikan bahwa metabolisme tubuh kita berjalan dengan baik sepanjang hari.

4. Sarapan Pagi

Mulailah hari dan biasakan diri dengan sarapan sehat yang kaya akan karbohidrat kompleks, serat, dan protein. Sarapan pagi dapat memicu metabolisme dan jika kita melewatkan sarapan pagi, tubuh menjadi kurang energik dan cepat Lelah, serta dapat menurunkan konsentrasi.

Sarapan pagi juga terbukti memiliki sejumlah manfaat penting, termasuk salah satunya yaitu menurunkan risiko diabetes yang lebih rendah (dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan pagi). Sarapan tidak hanya penting untuk tubuh kita, tetapi juga penting untuk otak, konsentrasi, dan produktivitas kita. Pilihlah makanan yang mengandung protein dan serat, yang akan memberi Anda energi, mengekang nafsu makan, dan mengurangi risiko beberapa penyakit. Contoh sarapan "baik" termasuk telur, oatmeal (tidak mengandung gula), buah beri, kacang-kacangan, atau keju cottage. Hindari makanan yang banyak mengandung gula atau makanan-makanan yang bersifat manis karena makanan-makanan tersebut akan menimbulkan rasa mengantuk dan membuat tubuh lesu atau tidak bersemangat.

 

Halaman Sebelumnya 12