STUDILMU Career Advice - Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik


by STUDiLMU Editor
Posted on Jul 15, 2019

Setiap orang di dunia ini ingin memiliki motivasi hidup yang selalu menyemangati diri mereka dan semua orang juga ingin mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. Apabila kita melihat seseorang yang hidupnya berantakan, misalnya gelandangan di jalan. Sebenarnya, jauh di dalam lubuk hatinya, dia juga ingin memiliki kehidupan yang lebih baik seperti para pekerja yang selalu lalu-lalang berjalan kaki di hadapannya setiap hari. Contoh ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki harapan yang tinggi untuk bisa mengubah hidup mereka menjadi lebih berarti dan indah
 
Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam membawa kehidupan mereka ke jalan yang lebih terang benderang dan indah. Ada yang hanya berdiam diri dengan berharap takdir akan mengubah hidup mereka dan ada juga yang bekerja keras secara maksimal agar takdir membawa mereka ke dalam kehidupan yang jauh lebih baik. 
 
Pada artikel kali ini, kami akan mengajak rekan-rekan Career Advice untuk melangkah maju dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengubah kehidupan yang sekarang menjadi lebih baik lagi. Usaha-usaha ini bisa dimulai dengan menanyakan satu pertanyaan penting kepada diri sendiri, merenung atau merefleksikan diri, dan menerapkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan tersebut. 
 
Website allbusiness menyarankan kita semua untuk mengajukan satu pertanyaan penting yang bisa mengubah hidup kita ke arah yang lebih baik dan berikut adalah penjelasannya. 
 

Tanyakan “Apa Arti “Sukses” bagi Anda?”

Definisi sukses yang dimiliki setiap orang akan berbeda-beda. Apa yang saya katakan sebagai ‘kesuksesan’ mungkin akan berbeda dengan apa yang rekan pembaca pikirkan atau yang dipikirkan oleh orang-orang di sekitar kita sekarang. 
 
Uang, kepopularitasan, ekonomi yang stabil, prestasi, kehidupan asmara yang indah, keluarga yang bahagia, apakah semua itu bisa dikatakan sebagai sebuah kesuksesan? 
 
Sebagian orang mungkin akan memilih kekayaan sebagai indikator kesuksesan mereka, sebagiannya lagi mungkin hanya akan memilih untuk memiliki keluarga yang bahagia. Namun, apakah kita bisa mengikuti indikator sukses yang sama seperti yang dimiliki oleh orang lain? 
 
Sahabat dekat saya mengatakan bahwa dia ingin sekali menjadi sukses dalam lima tahun ke depan dengan memiliki tabungan senilai 1 milyar rupiah dan memiliki dua apartemen mewah untuk disewakan. Di sisi lain, saya bertanya pada diri sendiri “apa arti sukses bagi saya”. 
 
Dengan cepat saya menjawab di dalam hati bahwa “saya ingin mendirikan sebuah restoran kecil yang menjadi langkah awal dari hobi berbisnis yang saya miliki”. Cukup berbeda bukan? Yang satu ingin memiliki kekayaan yang besar dan yang satu hanya ingin menyalurkan hobi bisnisnya. 
 
Jadi, coba untuk tanyakan pada diri sendiri, seperti apakah kesuksesan itu bagi saya?
Dikarenakan definisi ‘sukses’ kita akan berbeda dengan yang dimiliki orang lain, maka kita harus mencari tahu secara dalam tentang arti kesuksesan bagi diri sendiri, lalu kita bisa menetapkan strategi apa yang cocok dan ampuh untuk mengejar kesuksesan ini. Ketika kita ingin menyusun strategi untuk “Kesuksesan yang Saya Inginkan”, maka kita perlu berpikir dan melihat jauh ke depan. Siapkan pena dan nota atau perangkat lunak yang bisa membantu kita untuk mencatat. Tarik napas sedalam-dalamnya, tenangkan pikiran dan pikirkan tentang apa yang benar-benar kita inginkan di dalam hidup ini.
 
Mulailah menulis, rekan pembaca bisa menulis beberapa hal yang diinginkan. Tenang saja, tidak harus hanya satu kok. Kami juga menyarankan rekan pembaca untuk menulis semua ini di dalam sebuah ruangan atau tempat yang rekan pembaca merasa nyaman di sana. Tidak ada orang yang mengganggu satupun dan pikiran Anda hanya berfokus pada bayangan rekan pembaca di masa depan. Apabila rekan pembaca ingin suasana ini menjadi lebih nyata, coba deh pejamkan mata dan tenangkan pikiran rekan pembaca. Ketika memejamkan mata, bayangan apa yang ada disana? 
 
Apakah rekan pembaca melihat diri Anda memakai pakaian yang mahal layaknya artis terkenal? Atau, rekan pembaca melihat keluarga yang sederhana dan bahagia?
Apa yang kita lihat di dalam bayangan tersebut bisa jadi adalah gambaran kesuksesan yang kita inginkan di dalam hidup. Jangan batasi renungan yang rekan pembaca lakukan, Anda bisa melakukannya lebih dari satu kali. Selain itu, ketika kita memejamkan mata, biarkan pikiran kita menjadi liar dan tidak terbatasi oleh apa yang kita pikirkan akan terjadi. 
 
Ingatlah kembali tentang apa yang kita inginkan, mungkin harapan kita akan terdengar sangat gila dan mustahil bagi beberapa orang, namun lagi-lagi kita perlu mengatakan sebuah kalimat ampuh kepada diri sendiri bahwa, “Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, semuanya bisa diraih dan segalanya bisa diusahakan!” Katakan kalimat tangguh ini dengan lantang pada diri sendiri. 
 
Setelah memejamkan mata, buka kembali kedua mata kita dan lihat lah apa yang ada disekeliling kita. Coba tanyakan hal-hal di bawah ini dan tuliskan! 
- Siapakah saya? 
- Seperti apa keadaan hidup saya sekarang? 
Apakah saya merasa bahagia atau tidak?
- Dimana saya tinggal sekarang?
Apakah tempat tinggal saya kumuh? Atau, tempat tinggal saya sudah cukup bersih dan layak untuk ditempati? 
- Kehidupan yang saya jalani sekarang ini untuk siapa? 
Apakah untuk kebahagiaan saya sendiri, atau untuk orang lain? 
- Profesi apa yang sedang saya jalankan sekarang? 
Apakah profesi saya adalah bentuk dari passion saya, atau saya tidak tahu apa-apa tentang profesi ini? 
- Kekayaan apa yang sudah kita miliki saat ini? 
Coba jawab beberapa pertanyaan tersebut dengan sejujurnya dan tuliskan jawaban kita dengan sespesifik mungkin.

Langkah selanjutnya adalah bertanya, “Apa yang harus saya ubah?”
Setelah memiliki bayangan tentang beberapa tujuan sukses yang kita miliki, maka sekarang saatnya kita bertindak untuk berubah. Ups! Jangan takut dengan kata “perubahan” ya. Kebanyakan orang sangat takut untuk berubah, padahal untuk mencapai kesuksesan, kita memang harus mengubah diri agar kesuksesan yang diinginkan akan segera tercapai. Logikanya, bagaimana kita bisa mengubah hidup menjadi lebih baik, jika kita tidak ingin mengubah diri menjadi lebih baik? 
 
Dengan kata lain, semua perubahan baik berawal dari niat dan usaha kita sendiri yang dipandu dengan daftar kesuksesan yang kita inginkan. Selamat menanyakan pertanyaan ini dan meraih kehidupan yang lebih baik ya, rekan-rekan Career Advice!
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse