STUDILMU Career Advice - Tetap Semangat Dalam Menghadapi Perceraian

Tetap Semangat Dalam Menghadapi Perceraian


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 31, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Salah satu kasus perceraian yang ramai dibicarakan banyak orang adalah perceraian artis Gisella Anastasia Gading Marten. Perceraian bukanlah hal yang mudah, terlepas dari Anda yang mengharapkannya atau tidak. Ini akan membuat Anda kehilangan semangat, susah makan, susah tidur bahkan mengalihkan fokus Anda. Tentunya Anda membutuhkan semangat dan fokus untuk berhadapan dengan klien atau menyelesaikan tugas Anda. dan jika fokus itu hilang, ini merupakan pertanda yang tidak baik bagi karier Anda.
 
Tetapi ketahuilah, perceraian tidak harus menjadi beban berat yang menghalangi karier Anda. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melewati masa-masa sulit tersebut tanpa mengganggu perjalanan karier Anda. Mari kita lihat beberapa panduan berikut ini agar Anda tetap semangat menghadapi perceraian.
 

1. Berlibur selama beberapa hari.

Ketika Anda menghadapi perceraian, sulit untuk menyembuhkan trauma yang Anda miliki. Ambilah beberapa hari untuk berlibur. Ini bertujuan untuk mengatur ulang fokus Anda. Anda harus melewati awalnya dan menerima apa yang terjadi. Anda memerlukan waktu untuk duduk dan merenungkan ribuan pertanyaan. Untuk itu Anda perlu melakukannya tanpa ada gangguan panggilan ataupun email.
 
Isilah semua hari libur itu dengan diri Anda sendiri, rasakan emosi yang perlu dirasakan dan temukan cara untuk menenangkan diri. Jika Anda suka berolahraga, cobalah pergi ke gym, berjalan-jalan di luar atau melakukan yoga. Mendengarkan musik juga dapat membuat Anda merasa lebih baik. Hindari mengonsumsi junk food. 
 
Jika Anda tidak bisa mengambil waktu untuk libur, bekerjalah dari rumah. Sehingga ketika Anda kembali ke kantor, Anda memiliki kesiapan mental untuk fokus dan menghasilkan kinerja yang maksimal.  
 
Perceraian akan memberikan dampak yang berlarut-larut bagi karier Anda. Jadi, setiap kali perceraian mengganggu pikiran dan fokus Anda, ambilah waktu untuk pergi berlibur. Tetapi, pastikan Anda menyisakan satu hari untuk proses pengadilan. Inilah cara pertama yang dapat membuat Anda tetap semangat menghadapi perceraian.
 

2. Jika bisa, berfokus pada pekerjaan.

Setelah beban awal berlalu, kembalilah ke kantor untuk mengalihkan fokus Anda terhadap pekerjaan Anda. Seorang pria berusia 29 tahun bernama Johan mengatakan, “Saya mendorong diri saya untuk mengingat bahwa ia bisa saja menghancurkan hubungan kami dan mengambil harta benda bersama. Tetapi satu-satunya hal yang tidak dapat diambil dari saya adalah karier saya.” Pekerjaan Anda adalah satu-satunya hal yang berada penuh dalam kendali Anda. 
 
Menyelami diri dalam pekerjaan dapat lebih melelahkan Anda. Jadi, tetaplah merawat diri Anda. Pastikan Anda memiliki tubuh yang tetap sehat karena Anda harus mengikuti setiap proses perceraian yang akan menyita tenaga, waktu dan pikiran Anda. Anda juga harus menyiapkan satu hari untuk menghadapi proses persidangan nantinya.
 
Jadi berfokus pada pekerjaan dapat membuat Anda tetap semangat mencapai tujuan karier Anda sekalipun Anda menghadapi perceraian. Pastikan saja bahwa Anda tidak memfokuskan diri pada perceraian berlarut-larut. 
 

3. Merawat diri.

Lagi, perceraian akan memberikan Anda rasa sakit selama beberapa waktu, jadi Anda perlu memerhatikan dan merawat diri Anda sendiri agar Anda tetap semangat menghadapi perceraian. Cobalah untuk berjalan-jalan keluar dan menghirup udara bebas. Ubahlah pandangan sekeliling Anda dan fokus pada pernapasan Anda. Anda juga dapat menuliskan quotes positif di atas meja kerja. Meskipun rasanya sulit untuk melewati masa-masa sulit tersebut, pikirkanlah dampak jangka panjang jika Anda tidak merawat diri Anda.
 
Buatlah jadwal untuk merawat diri Anda sebulan sekali. Misalnya, setiap Senin dan Rabu Anda akan pergi ke gym untuk berolahraga sebelum pergi ke kantor. Dan setiap Jumat malam Anda akan berendam santai. Susunlah kegiatan yang akan membantu Anda merasa lebih baik dan pastikan Anda melakukanya. 
 
Jika Anda melakukan ini dengan rutin, Anda akan memiliki pikiran yang lebih jernih dan tubuh yang lebih sehat. Tentunya Anda juga akan mendapatkan kembali fokus Anda untuk karier Anda. 
 

4. Bicarakan dengan bos Anda.

Langkah selanjutnya yang dapat membuat Anda tetap semangat menghadapi perceraian adalah membicarakan masalah ini kepada bos Anda. Membicarakan masalah perceraian Anda dengan bos merupakan hal yang penting agar bos dan rekan kerja Anda memahami apa yang terjadi dengan Anda. mereka mungkin melihat kinerja Anda agak menurun, jangan ragu untuk menyampaikannya. Ini akan memberikan mereka pengertian yang mendalam dan mereka mungkin saja membantu Anda meringankan beban yang ada.
 
Ini tidak perlu menjadi sebuah percakapan yang serius dan berlarut-larut, ceritakan saja dengan biasa. Beritahu mereka bahwa Anda juga memerlukan beberapa hari cuti untuk mengurus keperluan proses perceraian. Anda juga mungkin dapat bertanya apakah mereka memiliki sumber daya yang dapat membantu proses pengadilan, misalnya lembaga bantuan hukum atau pengacara yang ahli. 
 

5. Buat perubahan yang lebih besar.

Perceraian Anda bisa jadi mendorong Anda kearah yang baru secara profesional. Dengan kata lain, bisa saja Anda mengalami perjalanan baru dalam karier Anda. Siapa sangka jika setelah perceraian, pengalaman Anda dapat membuat Anda menjadi seorang konsultan yang membantu orang lain menangani traumanya. 
 
Jadi, tetap semangat dan lakukan perubahan yang lebih besar yang  tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Anda tidak perlu berlarut dalam kesedihan. Gunakan kesedihan itu sebagai cambuk yang membuat Anda semakin tampil maksimal dalam karier Anda.
 
Itulah tips yang dapat rekan pembaca lakukan agar rekan pembaca tetap semangat sekalipun Anda menghadapi perceraian. Masa-masa perceraian merupakan masa-masa yang sulit dan berpotensi menurunkan kinerja Anda sehingga membuat karier Anda memburuk. Tetapi dengan beberapa tips diatas, Anda akan dapat memastikan diri Anda bahwa Anda tetap semangat menghadapi perceraian. Segala sesuatunya akan dapat dilewati dan dapat menjadi lebih baik lagi. 
 
Siapa yang tahu bahwa perceraian akan membawa Anda pada jenjang karier yang lebih baik, seperti promosi. Kuncinya adalah Anda harus tetap semangat dan fokus dalam tujuan Anda.  Lakukanlah tips diatas agar Anda tetap fokus dan memiliki semangat lagi dalam karier Anda.  
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse