STUDILMU Career Advice - Tips Menjawab Pertanyaan: Mengapa Anda Ingin Bekerja Disini?

Tips Menjawab Pertanyaan: Mengapa Anda Ingin Bekerja Disini?


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 12, 2019

 
Halo rekan pembaca, Anda pasti telah familiar dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan perekrut saat mewawancarai Anda. Salah satu pertanyaan wawancara pekerjaan yang paling umum yang akan Anda temui adalah: "Mengapa Anda ingin bekerja disini?" Pertanyaan ini memungkinkan pewawancara untuk mengetahui apakah Anda telah melakukan pekerjaan rumah Anda untuk mencari tahu tentang perusahaan tersebut, menilai kebutuhan karier Anda saat ini dan memutuskan jika Anda cocok untuk perusahaan. Ini juga membantu mereka untuk mendapatkan minat Anda untuk peran dan karier Anda di masa depan.
 
Pertanyaannya mungkin tampak seperti pertanyaan jebakan, tetapi sebenarnya tidak. Itu juga bukan jawaban yang harus Anda jawab secara spontan. Sebaliknya, Anda harus merencanakan jawaban yang bijaksana, ringkas, dan tepat.
 
Inilah jawaban interview “Kenapa Anda ingin bekerja disini?” atau “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”. 
 

1. Berfokuslah pada aspek perusahaan yang Anda kagumi dan jelaskan bagaimana hal itu selaras dengan Anda.

Anda mungkin tergoda untuk menjawab pertanyaan ini dengan terus terang, tetapi mengatakan bahwa Anda “butuh uang” atau “karena perusahaan ini  sedang membuka lowongan pekerjaan” tidak akan memberi sebuah ide bagi pewawancara tentang Anda. Bahwasanya hampir setiap orang yang mengikuti wawancara juga menjawab tentang kebutuhan mereka dalam membayar kebutuhan hidup. Fokuslah pada  hal yang membuat Anda memilih untuk mendaftar ke perusahaan khusus ini. Pastikan untuk menyebutkan sesuatu yang spesifik seperti produk utama perusahaan atau salah satu dari nilai inti mereka.
 
Katakan sesuatu seperti: "Saya baru saja lulus semester lalu, jadi ketika saya sedang memikirkan pekerjaan purnawaktu pertama saya, saya memutuskan ingin bekerja di perusahaan yang membuat produk yang benar-benar saya yakini. Demografi pengguna perusahaan Anda adalah orang-orang usia 18 hingga 25, dan sebagai orang dalam kelompok usia itu dan pengguna setia produk Anda, saya pikir saya dapat mewakili merek ini dengan baik sebagai spesialis PR dan komunikasi.”
 

2. Sorot Lah keterampilan Anda dan jelaskan keterkaitan keterampilan Anda dengan posisi yang Anda lamar.  

Selanjutnya, tentukan diri Anda dengan menyorot keterampilan Anda dan menguraikan kekuatan dan pengalaman Anda. Jika Anda memiliki pengalaman khusus dengan demografi target perusahaan atau kumpulan keterampilan utama yang diperlukan untuk peran tersebut, pastikan Anda menyebutkannya.
 
Katakan sesuatu seperti: "Saya adalah duta sebuah merek produk selama dua tahun di perguruan tinggi, jadi saya tahu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan sebuah merek dan penjualan, dan menjadi sebuah merek yang dikenal oleh banyak orang."
 

3. Hubungkan tujuan karier Anda dengan merek dari produk.

Setelah Anda menunjukkan kecintaan Anda pada merek perusahaan tersebut dan menunjukkan bagaimana pengalaman Anda terkait dengan peran tersebut, pastikan untuk menyebutkan bagaimana tujuan karier Anda sejajar dengan yang ada di perusahaan. Kuncinya adalah untuk menunjukkan bahwa Anda bersemangat bekerja untuk perusahaan yang Anda lamar, dan semangat itu dapat tersalurkan melalui jawaban Anda.
 

Berikut adalah contoh merangkai semua poin di atas menjadi satu kesatuan yang tepat:

"Saya seorang lulusan baru pada semester lalu, lalu saya memikirkan untuk mendapatkan pekerjaan penuh waktu yang pertama bagi saya, saya memutuskan untuk bekerja di perusahaan ini karena perusahaan ini membuat produk yang benar-benar saya yakini. Demografi perusahaan Anda adalah orang-orang yang berusia 18 hingga 25 tahun, dan sebagai seseorang yang berada di dalam kelompok usia itu dan juga seorang pengguna yang rajin menggunakan produk Anda, saya berpikir bahwa saya dapat mewakili merek ini dengan baik sebagai spesialis PR dan komunikasi. Saya adalah seorang duta dari sebuah merek produk selama dua tahun di perguruan tinggi, jadi saya tahu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan sebuah merek dan penjualan, dan menjadi sebuah merek yang dikenal oleh banyak orang. Dedikasi perusahaan Anda untuk memberdayakan anak muda khususnya bagi saya sangat sesuai dengan kemampuan saya dalam memberikan wawasan dan keahlian berharga saat bekerja untuk sebuah merek produk yang percaya pada apa yang dapat saya bawa ketika saya bekerja di tempat ini.”
 
Itulah contoh rangkaian jawaban yang dapat Anda berikan. Dengan menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan tentang perusahaan dan bahwa nilai Anda selaras dengan mereka, Anda akan menunjukkan bahwa Anda sangat cocok untuk peran tersebut dan memiliki peluang besar untuk mengesankan pewawancara. Dan Anda berpeluang besar untuk mendapatkan posisi tersebut. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse