Purchasing Management [Part 1]: Purchasing Role in Companies
×
 Bahasa Indonesia
 Purchasing Management [Part 1]: Purchasing Role in Companies



Instructed by: Widianto Iswanto, S.T.

Tentang Kursus Ini

Setiap perusahaan akan memerlukan material dan peralatan yang digunakan dalam proses bisnisnya. Pernahkah Anda membayangkan apa yang akan terjadi pada suatu perusahaan apabila ada material atau peralatan yang dibutuhkan untuk proses bisnisnya tapi ternyata tidak tersedia? Ya, perusahaan tersebut tidak akan dapat melakukan proses bisnisnya dengan baik. Inilah peran penting tim pembelian atau pengadaan di sebuah perusahaan.
 
Manajemen pembelian atau Purchasing Management sering kali juga disebut sebagai Strategic Purchasing, yang merupakan sebuah aktivitas pembelian yang berhubungan langsung dengan proses perencanaan strategi sebuah organisasi atau peruahaan.
 
Salah satu definisi yang ditulis oleh Carr dan Smeltzer pada tahun 1997, "Strategi Pembelian adalah sebuah strategi proses perencanaan, implementasi, evaluasi, pengendalian, dan pengambilan keputusan pada saat operasional pembelian. Strategi ini dilakukan untuk mengarahkan fungsi pembelian untuk mendapatkan kesempatan yang konsisten dengan kemampuan organisasi untuk mencapai tujuan jangka panjangnya." Maka demikian, manajemen pembelian bukan hanya sebuah aktivitas sederhana dalam sebuah organisasi, bahkan menjadi salah satu aktivitas kunci untuk menjamin kinerja organisasi yang baik.
 
Adapun tujuan umum dari kursus online ini adalah peserta dapat menyusun strategi pembelian material dan peralatan yang tepat dan dibutuhkan oleh perusahaannya di tempatnya bekerja.

APA PERSYARATAN MENGIKUTI KURSUS INI?

⠀⠀ Tidak ada.


APA YANG SAYA DAPATKAN DARI KURSUS INI?
  • ⠀⠀⠀Menjelaskan peran tim pembelian di dalam perusahaan
  • ⠀⠀⠀Menjelaskan manfaat menerapkan manajemen pembelian untuk memenuhi kebutuhan material dan peralatan di dalam pekerjaan
  • ⠀⠀⠀Menjelaskan strategi pembelian yang tepat di dalam pekerjaan
  • ⠀⠀⠀Menerapkan proses pembelian yang baik dalam memenuhi kebutuhan material dan peralatan di dalam pekerjaan
  • ⠀⠀⠀Menyusun langkah tindak lanjut implementasi untuk membuat strategi pembelian yang tepat sesuai dengan jenis pekerjaan
SIAPA YANG MENJADI TARGET AUDIENS KURSUS INI?
  • ⠀⠀⠀Staf pembelian/pengadaan
  • ⠀⠀⠀Team Leader/Supervisor pembelian/pengadaan
  • ⠀⠀⠀Manajer pembelian/pengadaan
  • ⠀⠀⠀Setiap orang yang ingin mengembangkan kemampuan untuk mengelola pembelian/pengadaan material dan peralatan yang dibutuhkan dalam pekerjaan

Kurikulum

Section 1 : Purchasing Management Concept
Lecture 1 : Video: Procurement Vs Purchasing
Lecture 2 : Purchasing Management Benefits
00:03:14
Lecture 3 : Artikel: Manajemen Pembelian
Lecture 4 : Lembar Belajar: Manfaat Purchasing Management
Lecture 5 : Purchasing Management and Company Strategy
00:02:53
Lecture 6 : Purchasing Management History and Trend
00:04:57
: Quiz: Purchasing Management Concept
Lecture 7 : Introduction to Purchasing Management
00:05:13
Section 2 : Purchasing Role in Companies
Lecture 1 : Purchasing Department in Companies
00:06:11
Lecture 2 : Video: To Gauge How the Economy is Doing, Ask Purchasing Managers
Lecture 3 : Purchasing Department Structure
00:06:48
Lecture 4 : Artikel: Jenis-Jenis Struktur Pembelian
Lecture 5 : Lembar Belajar: Studi Kasus Strategi Pembelian [soal]
Lecture 6 : Lembar Belajar: Studi Kasus Strategi Pembelian [jawaban]
Lecture 7 : Lembar Belajar: Strategi Pembelian
Lecture 8 : Purchasing Process
00:06:06
Lecture 9 : Video: What is a Purchase Order and How Does It Work?
Lecture 10 : Lembar Belajar: Proses Pembelian
Lecture 11 : Course Summary
Lecture 12 : Form Tindak Lanjut Implementasi
: Quiz: Purchasing Role in Companies
Section 3 : Final Test
: Final Test

Latar Belakang Instruktur

Studilmu Instructor

Widianto Iswanto, S.T.

Widianto adalah lulusan Executive Class National University of Singapore dan Sarjana Teknik dari Universitas Indonesia. Pengalaman beliau sebagai Director of Engineering, R&D, QC and Business Process Management di PT Griya Miesejati (Bakmi GM Restaurant Chain) serta Supply Chain Director dan Manufacturing & RnD Director di PT Sanghiang Perkasa Kalbe Nutritionals (Kalbe Farma) telah membuatnya ahli di bidang operation, manufacturing, dan leadership. Sebelumnya, Widianto juga berpengalaman sebagai manager dan internal konsultan di PT Astra International Tbk bagi Astra group. Beliau sebagai internal konsultan bagi beberapa perusahaan dalam naungan Astra group dan juga membawakan pelatihan Toyota Production System, Consulting Skills, serta beberapa pelatihan mandatory di Astra Group.

 

Widianto juga sering diundang menjadi dosen tamu di Universitas Indonesia, Universitas Widyatama, dan beberapa universitas lainnya. Keahlian beliau dalam operation & productivity management juga membuatnya dipercaya sebagai pengajar dalam topik-topik Business Process Reengineering, Supply Chain Management, Logistic & Distribution, dan Process Improvement. Sekaligus, beliau juga pernah membantu Badan Standarisasi Nasional sebagai instruktur ISO 9000. Passion beliau dalam membagikan pengetahuan dan keahlian yang dimilikinya membuat beliau dikenal sebagai mentor dan pemimpin yang menciptakan pemimpin-pemimpin hebat di generasi mendatang.

REKOMENDASI KURSUS