STUDILMU Career Advice - 3 Tips Never Give Up

3 Tips Never Give Up


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 09, 2020

Berhenti Mengeluh dan Membandingkan

Memang, kehidupan tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada halangan dan rintangan yang menghadang. Terkadang, cobaan datang silih berganti, belum lagi, Tuhan menciptakan beraneka ragam skenario pada kehidupan dengan sangat apik. Tidak ada satupun kehidupan seseorang yang sama persis dengan yang lainnya. Hal inilah yang kemudian sering menambah keluh kesah pada hati manusia.
 
Melihat orang berhasil dalam suatu hal, kemudian merasa diri paling gagal. Mengetahui teman lulus kuliah dengan nilai memuaskan, langsung mendapatkan kerja, lantas merasa paling bernasib sial. Padahal kegagalan bukanlah suatu nasib yang tidak dapat diubah. Kita dapat mengubahnya dengan menciptakan harapan yang lebih baik lagi.
 
Mengeluh dan membandingkan kehidupan pribadi dengan kehidupan orang lain hanya akan memperburuk keadaan. Semakin tidak bersemangat, kepala dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif tentang ketakutan yang berlebihan. Padahal, semua yang terjadi pasti bukan sebuah kebetulan. Segala sesuatu telah digariskan Tuhan sesuai pada tempatnya.
 

Jangan Menyerah

Jatuh, gagal adalah suatu proses menjadi lebih baik. Jatuh, gagal adalah ujian yang Tuhan kirimkan bagi kita agar kita naik kelas. Setiap kegagalan yang kita hadapi, pasti kita mampu melewatinya, sebab itu kita sekarang berada pada titik ini. Meski perjalanan masih panjang, dan masih banyak tujuan-tujuan yang harus dicapai dan mungkin kegagalan sudah menunggu di depan sana, namun ingatlah bawah selalu ada pembelajaran di setiap kegagalan.
 
Ada sebuah pepatah Cina kuno yang berbunyi “lebih baik menyalakan lilin dari pada terus-menerus mengutuk kegelapan”. Kegelapan adalah simbol dari masalah, kejatuhan, kegagalan. Sementara lilin merupakan sumber daya dan potensi yang kita miliki. Skill menulis lagu adalah “lilin” bagi John Lennon. Ia telah berhasil menyalakan lilin di tengah gelap.
 
Tak ada manusia yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali sgala yg telah terjadi
kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat
seakan hidup ini tak ada artinya lagi
Syukuri apa yg ada hidup adalah anugrah
Tetap jalani hidup ini melakukan yg terbaik
Tak ada manusia yg terlahir sempurna
Jangan kau sesali sgala yang telah terjadi
Syukuri apa yg ada hidup adalah anugrah
Tetap jalani hidup ini melakukan yg terbaik
Tuhan pastikan menunjukan kebesaran dan kuasaNya
Bagi hambaNya yg sabar dan tak kenal putus asa
Jangan menyerah… jangan menyerah… jangan menyerah
 
Ada yang tahu penggalan lirik lagu di atas? Ya, sebuah lagu dari musisi anak bangsa yaitu dari band D’masiv – Jangan Menyerah. Dari lagu tersebut semoga memberikan energi positif dalam hidup kita.
1234 Halaman Selanjutnya
Featured Career Advices

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat