STUDILMU Career Advice - 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 27, 2020

Pengertian Adaptasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adaptasi adalah penyesuaian terhadap lingkungan, pekerjaan, dan pelajaran. Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk: memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan), mengatasi kondisi fisik lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas, mempertahankan hidup dari musuh alaminya, bereproduksi, merespon perubahan yang terjadi di sekitarnya. Organisme yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan menghadapi kepunahan atau kelangkaan jenis. Singkatnya, adaptasi adalah  menyesuaikan diri.

 

Proses Adaptasi

Bergabung dengan perusahaan baru adalah proses beradaptasi. Lingkungan baru, orang baru, tanggung jawab baru dapat membuat orang merasa tidak pasti. Tantangan lain yang mungkin akan Anda hadapi dalam tempat kerja adalah peraturan-peraturan yang berlaku di dalamnya. Intensitas tekanan dalam bekerja pasti akan terasa berat jika Anda tidak bisa beradaptasi secepat mungkin dengan itu. Juga karakter pemimpin / bos yang akan Anda hadapi. Tidak semua pemimpin mampu memberikan semangat dan nasihat pada bawahan dengan sabar. Karena karakter setiap pemimpin berbeda-beda.

 

Tips & Contoh Adaptasi

Untuk itu berikut 7 tips yang tepat untuk Anda agar bisa beradaptasi cepat dengan tempat kerja :

1. Tidak malu bertanya

Selalu, selalu, selalu ajukan pertanyaan! Dapat dimengerti bahwa ketika Anda memulai, Anda mempelajari proses yang sama sekali berbeda, sehingga akan ada hal-hal yang perlu Anda pahami. Mengajukan pertanyaan tidak membuat Anda terlihat kurang cerdas, pada kenyataannya, mengajukan pertanyaan yang tepat memiliki efek sebaliknya.

Mengajukan pertanyaan adalah kebiasaan paling penting bagi para pemikir inovatif. Mengajukan pertanyaan menunjukkan bahwa Anda terlibat berpikir dan akan mendorong atasan baru Anda untuk melihat Anda sebagai seseorang yang yakin akan membawa ide-ide kreatif di masa depan.

Jika Anda merasa seolah-olah terlalu banyak bertanya, pertimbangkan mencari sumber yang berbeda untuk membagikan pertanyaan Anda. Melakukan hal ini juga akan mendorong peluang bagi Anda untuk membangun hubungan dengan seluruh tim baru Anda.

Halaman Sebelumnya 1234
Featured Career Advices

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat