STUDILMU Career Advice - Budaya Organisasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya

Budaya Organisasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 12, 2019

 

1. Keuntungan-Keuntungan yang dimiliki Organisasi. 

Keuntungan atau benefits yang ada pada suatu organisasi akan membentuk budaya organisasi yang kuat. Misalnya, salah satu keuntungan yang diberikan oleh organisasi A adalah hadiah jalan-jalan ke Eropa bagi mereka yang selalu rajin bekerja dan mencapai 100% target selama satu tahun. Keuntungan seperti ini akan mendorong karyawan untuk bekerja dengan rajin dan berusaha keras dalam mencapai target. Sehingga, lama-kelamaan semua sikap tersebut akan menjadi budaya organisasi yang kuat. 
 

2. Bangun organisasi yang Membuat Para Karyawannya merasa Nyaman. 

Untuk membangun budaya organisasi yang luar biasa, organisasi tersebut harus mampu menciptakan lingkungan kerja dan harapan masa depan yang membuat karyawan merasa nyaman dan aman. Misalnya, ketika karyawan ingin belajar menjadi lebih ekspert dalam bidangnya, maka organisasi menyediakan platform pembelajaran yang diperlukan. Hal ini akan membuat karyawan menjadi semakin betah dan nyaman untuk bekerja di dalam organisasi tersebut. 
 

3. Pembagian Karyawan yang Merata antara Wanita dan Pria. 

Jumlah karyawan wanita dan pria yang seimbang akan menghasilkan budaya organisasi yang kuat. Akan ada banyak hal yang bisa dicontoh dan dipelajari oleh para karyawan pria dari kolega wanita, dan begitu juga sebaliknya. Misalnya, karyawan wanita belajar bagaimana bersikap tenang dalam mengambil keputusan dari para kolega pria. Selain itu, karyawan pria bisa mencontoh bagaimana cara menjadi karyawan yang rajin seperti para kolega wanita. 
 

4. Memiliki Visi dan Misi yang Jelas dan Dipahami oleh Seluruh Karyawan. 

Tips keempat, setiap organisasi harus memastikan bahwa organisasinya telah memiliki visi dan misi yang jelas, serta seluruh anggota organisasi bukan hanya mengetahuinya, namun juga memahaminya dengan baik. Dengan begitu, setiap anggota organisasi pasti akan menerapkan budaya organisasi dengan baik tanpa ada rasa paksaan sedikitpun. 
 
Yap, itulah pengertian budaya organisasi, fungsi budaya organisasi, jenis-jenis budaya organisasi, karakteristik budaya organisasi, serta 4 tips ampuh untuk memiliki budaya organisasi yang luar biasa. Kami harap artikel ini bisa menjadi pedoman bagi rekan-rekan pembaca dan menjawab segala pertanyaan budaya organisasi yang ingin rekan pembaca ketahui. Salam sukses ya, rekan-rekan Career Advice!
1234 Halaman Selanjutnya