STUDILMU Career Advice - Cara untuk Memahami Kebutuhan Pelanggan

Cara untuk Memahami Kebutuhan Pelanggan


by STUDiLMU Editor
Posted on Jul 30, 2021

2. Mengajukan pertanyaan
Jika Anda ingin memahami kebutuhan pelanggan, maka jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan ke mereka. Tempatkan diri Anda di tempat yang terbuka dan menerima umpan balik dari  pelanggan sehingga Anda dapat terus meningkatkan bisnis Anda
Bersikaplah secara proaktif, jangan menunggu ada keluhan lalu Anda mulai bergerak. Kirimkan survei pelanggan, wawancara, carilah pendapat tentang perusahaan/toko Anda di media sosial, atau buatlah email untuk costumer service khusus untuk keluhan yang masuk sehingga pelanggan mengetahui bahwa Anda peduli dengan kebutuhan mereka. 
 
3. Buka komunikasi
Jika Anda ingin memenuhi dan melampaui kebutuhan pelanggan, Anda harus memiliki transparansi dan komunikasi terbuka. Ketika pelanggan Anda berlangganan produk Anda, mereka berharap bahwa Anda akan membantu mereka mendapatkan apa yang diinginkan pelanggan.
Harapan ini dapat cepat hilang jika Anda gagal mempersiapkan pelanggan Anda dengan baik. Sangat penting untuk memastikan Anda berkomunikasi secara terbuka dengan pelanggan Anda.
 
4. Prioritaskan kebutuhan
Untuk lebih memenuhi dan melampaui kebutuhan pelanggan Anda, Anda perlu memprioritaskan pelanggan Anda.  Anda perlu memprioritaskan kebutuhan pelanggan berdasarkan sejumlah faktor mulai dari biaya hingga nilai pelanggan.
 
5. Pantau tingkat aktivitas
Di awal sudah dijelaskan bahwa Anda harus Proaktif, jangan sampai menunggu sampai pelanggan menyampaikan keluhan terhadap perusahaan/toko. Daripada menunggu, lacak siapa yang berinteraksi dengan layanan Anda dan tanyakan apa yang mereka butuhkan. Ini adalah cara yang baik untuk memastikan Anda memahami bagaimana pelanggan berinteraksi dengan layanan Anda dan dapat membantu Anda menciptakan sumber daya untuk membantu masalah yang pelanggan Anda hadapi. 
 
6. Memutuskan dengan baik
Ketika pelanggan telah tidak berlangganan kembali, ada baiknya menghubungi mereka untuk menanyakan alasannya. Hanya untuk bertanya apakah Anda sudah melayani pelanggan dengan baik dan menyukai solusi yang Anda tawarkan dengan menanyakan timbal balik dari mereka juga bukanlah hal yang salah.  Anda akan mendapat insight baru untuk mencari solusi yang belum dipertimbangkan untuk meningkatkan produk/layanan Anda.