STUDILMU Career Advice - Dari Pengertian Hingga Strategi Digital Marketing

Dari Pengertian Hingga Strategi Digital Marketing


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 17, 2020

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital dan internet seperti media sosial, mesin pencari, dan channel lainnya untuk mendapatkan konsumen. Beberapa ahli marketing mengatakan bahwa digital marketing merupakan usaha yang sama sekali baru yang membutuhkan cara baru untuk mendekati pelanggan dan cara baru untuk memahami bagaimana pelanggan berperilaku dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Target digital marketing memiliki segmen yang lebih spesifik berdasarkan konsumen dan interaktif. Digital marketing meningkatkan  hasil pencarian iklan, iklan melalui emaill, dan tweet promo. Digital marketing menggabungkan pemasaran dengan feedback dari pelanggan atau memunculkan interaksi dua arah antara perusahan dan pelanggan. Digital marketing Indonesia sendiri mengalami peningkatan tajam seiring dengan peningkatan jumlah pengguna di Indonesia, khususnya digital marketing agency di Jakarta yang semakin menjamur. Digital marketing Indonesia pun semakin mengembangkan kreativitas dan inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan fitur-fitur yang ada. Strategi atau konsep digital marketing sendiri di Indonesia beraneka ragam mulai dari email marketing, content marketing, social media marketing, SEO, PPC dan lain sebagainya.

Strategi Digital Marketing

Strategi digital marketing atau bisa juga disebut sebagai konsep digital marketing beraneka macam, sebenarnya semakin berkembangnya teknologi dan fitur, semakin berkembanga pula strategi digital marketing. Maka sebab itu ilmu tentang digital marketing bukan ilmu yang stagnan, digital marketing akan terus berkembang dan semakin inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi dan fitur. Namun ada beberapa strategi yang umum digunakan antara lain :

1. Membuat website

Website dapat dikatakan sebagai kantor di dunia maya, dimana website memiliki sangat banyak manfaat seperti brand image, media pemasaran, publik relation, penjualan, dan profil usaha. Website merupakan pusat dari seluruh kegiatan online yang dilakukan oleh perusahaan, sehingga mememiliki website menjadi syarat utama untuk bagi sebuah perusahaan atau usaha untuk dapat mengembangkan usahanya. Mengembangkan website juga sudah seharusnya diperhatikan, karena website yang membosankan cenderung untuk segera ditinggalkan oleh pengguna. Desain website menjadi hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan website, selain itu kemudahaan fitur seperti adanya fitur Live Chat, dimana pengguna bisa langsung bertanya kepada customer care terkait dengan kebutuhannya. Lalu lengkapnya Menu yang ada, sehingga selain tampilan, kelengkapan informasi pun harus diperhatikan dalam membangun website yang baik.

2. Email marketing

Email marketing menjadi alat pemasaran digital yang paling lama digunakan hal ini dikarenakan juga karena email menjadi media digital paling tua dibandingkan media digital marketing lainnya.Email marketing harus singkat, padat, dan jelas, karena kecenderungan penerima email marketing malas untuk membaca terlalu panjang email yang kurang menarik, maka isi email perlu singkat, jelas serta ditambah konten gambar atau video yang dapat menarik para konsumen. Email marketing dapat digunakan untuk menginformasikan berupa newsletter, penawaran, promo, dan informasi lainnya. Strategi yang dapat digunakan untuk email marketing yaitu mencari tahu kapan waktu yang pas untuk mengirimkan email marketing serta terus mengupdate mailing list bisnis.

Halaman Sebelumnya 1234