STUDILMU Career Advice - Komunikasi Bisnis: Verbal & Non-verbal

Komunikasi Bisnis: Verbal & Non-verbal


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 13, 2020

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dilakukan dalam bisnis, organisasi dan perusahaan. Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan organisasi. Komunikasi ini bisa diartikan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan secara verbal maupun non verbal. Dimana dalam komunikasi ini berisi pendapat, ide, gagasan, maupun informasi. Komunikasi ini dapat dilakukan secara personal maupun impersonal.

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyatakan bahwa komunikasi ialah pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Dari pengertian tersebut, komunikasi bisnis bertujuan untuk menyampaikan pesan, dan untuk menyampaikannya dapat digunakan dua cara, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

Manusia memang tidak terpisahkan dengan manusia lainnya untuk menyampaikan maksud dan tujuan, sehingga komunikasi seseorang juga menentukan eksistensi mereka di lingkungan pekerjaan dan kepribadian seseorang. Maka diharapkan komunikasi yang baik terjadi di pekerjaan, dan hal itu dimulai dari kepribadian.

 

Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Curtis

Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang terdapat dalam organisasi bisnis dalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan. Menurut posisi yang lebih tinggi dalam bisnis, ia semakin bergantung terhadap keahlian orang lain untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah.

 

Hunghess dan Kapoor

Komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan atau usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan, menjual barang dan jasa dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dan memahami kebutuhan masyarakat. Secara umum kegiatan ini ada di dalam industri dan masyarakat.

 

Katz

Menurut Katz komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang bertkaitan dengan pencapaian srangkaian tujuan komersil.

 

Persing

Komunikasi bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik dalam bentuk tulisan, lisan, atau non-verbal yang dilakukan di dalam suati organisasi untuk membayar orang guna memproduksi jasa dan barang dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan.

Halaman Sebelumnya 1234
Featured Career Advices

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat