STUDILMU Career Advice - Manfaat Koneksi Sosial  Dalam Dunia Kerja

Manfaat Koneksi Sosial Dalam Dunia Kerja


by STUDiLMU Editor
Posted on Sep 22, 2021

Manfaat Koneksi Sosial di Tempat Kerja
Koneksi sosial yang kuat membuat orang lebih bahagia dan lebih sehat secara fisik, hal ini juga dapat diartikan sebagai meningkatnya kinerja kerja. Pengusaha yang mendukung hubungan sosial di tempat kerja dan membantu karyawan membentuk hubungan yang kuat satu sama lain membantu membangun tenaga kerja yang sukses. Beberapa keuntungan dari karyawan dengan koneksi sosial yang kuat meliputi:


1.    Meningkatkan Rasa Bahagia.
Kebahagiaan cenderung menjadi aspek kesehatan dan kesejahteraan yang sering diabaikan. Pakar kebahagiaan Annie McKee, penulis How to Be Happy At Work, mengatakan, “Salah satu cara kita dapat membuat diri kita bahagia dan merasa lebih terpenuhi di tempat kerja kita adalah dengan membangun persahabatan dengan orang-orang yang bekerja dengan kita, bekerja untuk kita dan bahkan dengan atasan kita.” Hubungan sangat penting untuk mencapai kebahagiaan. Hubungan yang berkualitas memberikan dukungan. Studi Perkembangan Harvard melacak kehidupan 724 pria selama 79 tahun. Para peneliti berharap dapat menemukan rahasia kesuksesan, kebahagiaan, dan kehidupan yang baik. Studi ini menemukan bahwa hubungan sangat memengaruhi kesehatan, kebahagiaan, dan kualitas hidup kita. Dari penelitian ini juga ditemukan bahwa kualitas hubungan lebih penting daripada kuantitas pertemuannya.

2.    Berkurangnya Tingkat Stres.
Penelitian dari Shawn Achor, penulis The Happiness Advantage, menemukan bahwa hubungan sosial adalah salah satu faktor terbesar kebahagiaan dan pengurangan stres. Achor menunjukkan bahwa ikatan pertemanan akan meningkatkan kebahagiaan, yang pada akhirnya akan mengurangi perasaan stres. Dia mengklaim bahwa "Orang-orang yang bertahan paling tangguh dari stres adalah orang-orang yang benar-benar meningkatkan investasi sosial mereka di tengah stres”. Karyawan tidak akan memiliki performa terbaik apabila sedang mengalami stres kronis/kelelahan. Tingkat stres yang tinggi di tempat kerja dapat menyebabkan ketidakhadiran, penyakit, energi rendah, dan temperamental atau mudah marah. Dengan membantu karyawan membina hubungan sosial di tempat kerja, akan dapat membantu mengurangi beberapa stres di tempat kerja.

3.    Meningkatkan Loyalitas.
Karyawan dengan teman atau koneksi sosial di tempat kerja cenderung menjadi pekerja yang lebih terlibat dalam kerja tim dan loyal. Hal ini karena hubungan kerja yang berkualitas membantu membangun budaya perusahaan yang kuat yang menekankan rasa hormat, loyalitas dan kepercayaan. Koneksi sosial memberikan rasa kedekatan di kantor, yang penting untuk menumbuhkan kreativitas, kerja tim, dan kolaborasi. Karyawan dengan hubungan positif menjadi lebih berdedikasi dan termotivasi untuk melakukan yang terbaik.