STUDILMU Career Advice - Membuat Lingkungan Kerja yang Baik untuk Generasi Millenial dan Gen Z

Membuat Lingkungan Kerja yang Baik untuk Generasi Millenial dan Gen Z


by STUDiLMU Editor
Posted on Dec 02, 2021

4.  Gen Z dan generasi muda Milenial menginginkan pemimpin yang mendukung tempat kerja yang beragam dan inklusif.

Generasi muda tumbuh di dunia yang jauh lebih beragam dari generasi sebelumnya. Mereka menuntut rasa hormat dan kesetaraan. Mereka memberikan suara dengan pilihan konsumen dan pekerjaan mereka. Biasanya kaum muda ingin dihargai atas kontribusi unik serta komunikasi yang jujur. Rasa hormat dan pengakuan penting dari segala arah yaitu dari rekan kerja, manajer, kebijakan, sistem, dan pemimpin.

Generasi muda berharap untuk dilatih dan dikembangkan di tempat kerja mereka. Analisis Gallup menunjukkan bahwa Generasi Milenial lebih mungkin daripada generasi sebelumnya untuk mengatakan bahwa peluang pengembangan dan "kualitas manajer" sangat penting dalam pekerjaan baru. Karyawan muda menginginkan seorang manajer yang peduli terhadap mereka sebagai pribadi dan yang secara aktif terlibat dalam pertumbuhan karier mereka.

Bagaimana Millenial dan Gen Z dapat merubah lingkungan kerja di masa depan?
Saat generasi Z memasuki Dunia Kerja, Gen Z memiliki kemampuan teknologi yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Gen Z akan membawa perilaku, harapan, dan preferensi baru ke tempat kerja. Apa perubahan yang akan dilakukan oleh karyawan Gen Z? Berikut ini adalah penjelasannya


1.  Kesenjangan generasi yang lebih luas di tempat kerja

Masuknya Generasi Z ke tempat kerja akan meningkatkan kompleksitas pengelolaan dan pekerjaan lintas generasi, terutama mengingat lebih dari 75 persen pekerja mengidentifikasi "mengelola tim multigenerasi" dan "ekspektasi kerja yang berbeda lintas generasi" sebagai tantangan.
Organisasi harus memprioritaskan pelatihan generasi untuk memastikan kesenjangan generasi di tempat kerja tidak terus meluas dan mengakibatkan komunikasi, kolaborasi, keterlibatan, dan lainnya yang buruk.


2.   Meningkatnya work-life balance

Banyak karyawan muda sering atau terus-menerus merasa lelah di tempat kerja, meningkat 7 persen dibandingkan generasi yang lebih tua. Lebih khusus lagi, 7 dari 10 Milenial mengalami kelelahan di tempat kerja. Dengan hal ini tercetuslah cara untuk menyeimbangkan hal itu dapat membantu Generasi Z mencapai keseimbangan pekerjaan dan kehidupan hal ini disebut juga sebagai Work-Life Balance.