STUDILMU Career Advice - Menerapkan Grit di Tempat Kerja

Menerapkan Grit di Tempat Kerja


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 13, 2020

Apa itu Grit?

Dalam psikologi, Grit adalah ciri kepribadian yang ditandai dengan ketekunan dan semangat untuk mencapai tujuan jangka panjang. Grit dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “Kegigihan”. Istilah Grit diperkenalkan oleh seorang profesor psikologi bernama Angela Duckworth dari University of Pennsylvania. Angela memperkenalkan Grit sebagai salah satu bagian personaliti yang lebih tinggi dan faktor untuk memperoleh pencapaian. Orang yang memiliki Grit biasa disebut sebagai “Grittier”.

Duckworth sendiri mengatakan dari beberapa penelitian yang telah dilakukannya menunjukkan bahwa sifat ini mungkin lebih relevan daripada kecerdasan dalam menentukan pancapaian tinggi seseorang. Grit bukan hanya sekedar bekerja keras, tapi usaha yang panjang untuk mendapatkan sesuatu. Angela Duckworth mengatakan bahwa kepribadian Grit berkaitan dengan “Growth Mindset”, dimana Growth Mindset sendiri dikembangkan oleh Carol Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford. Growth mindset sendiri merupakan sebuah pola pikir untuk terus tumbuh, berani menerima tantangan dan senang belajar akan hal-hal baru di luar zona nyamannya. Grit memiliki manfaat jika kita terapkan baik di tempat kerja maupun dikehidupan sehari-hari. Selanjutnya akan dibahas mengenai keuntungan memiliki grit dan cara meningkatkan grit di tempat kerja.

Keuntungan Memiliki Grit

Ketika grit sudah diterapkan di tempat kerja, bisa jadi grit yang ditanam pada diri pun akan terbawa dikehidupan sehari, sehingga memiliki grit merupakan hal yang sangat baik bukan hanya di tempat kerja, tapi juga dikehidupan sehari-hari. Berikut keuntungan ketika memiliki grit di dalam diri :

1. Lebih percaya diri

Orang dengan grit adalah orang yang tidak segan untuk bisa menerima tantangan baru serta memiliki tujuan jangka panjang. Maka mereka pun bisa lebih percaya diri dengan kemampuannya, dan tidak sungkan untuk bisa menolong rekan kerja lainnya untuk bisa meningkatkan kualitas diri mereka. Orang dengan grit pastinya akan percaya bahwa dirinya mampu dalam bekerja sehingga tingkat kepercayaan dirinya pun lebih tinggi dibandingkan orang lainnya yang jauh lebih terpaku pada zona nyaman mereka.

2. Meningkatkan fokus

Orang dengan grit memiliki tujuan jangka panjang, dan mengerjakan sesuatu dengan mindfulness. Sehingga orang dengan grit ketika melakukan pekerjaan atau suatu hal yang baru akan lebih fokus. Karena mereka pun akan memiliki tujuan yang lebih terhadap apa yang sudah mereka kerjakan.

Halaman Sebelumnya 1234