STUDILMU Career Advice - Meningkatkan Kecepatan Belajar dengan Meningkatkan Fokus

Meningkatkan Kecepatan Belajar dengan Meningkatkan Fokus


by STUDiLMU Editor
Posted on May 12, 2022

Fokus kerap kali menjadi sebuah titik temu antara serius atau tidaknya Anda dalam belajar.  Sulitnya fokus seringkali terjadi karena situasi yang tidak mendukung, terlebih lagi dengan godaan untuk bermain ponsel. Lalu bagaimana cara agar bisa tetap berkonsetrasi dan meningkatkan fokus dalam belajar? Mari simak penjelasan di bawah ini agar dapat membantu Anda untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi!

Pentingnya Fokus dalam Belajar

Belajar adalah suatu proses atau usaha yang menjadi dasar atau fundamental di dalam pendidikan setiap individu. Dengan adanya belajar, setiap individu mengalami berbagai perubahan baik dalam tingkah laku, pengetahuan, pola pikir, keterampilan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kehidupannya. Salah satu poin penting yang perlu diterapkan ketika belajar adalah kemampuan untuk fokus. Kemudian, mengapa fokus begitu penting dalam belajar? Menurut para ahli, konsentrasi belajar adalah suatu aktivitas untuk membatasi ruang lingkup perhatian seseorang pada satu objek. Pentingnya fokus dalam belajar akan membantu Anda untuk dapat dengan mudah memahami suatu materi serta dan mempelajari hal-hal baru.

Faktor yang memengaruhi menurunnya fokus dalam belajar

Banyak faktor-faktor yang membuat Anda hilang konsentrasi ataupun kesulitan untuk fokus pada saat belajar. Sebelum memulai belajar, Anda harus mengetahui hal apa saja yang dapat mengganggu fokus Anda sehingga Anda dapat memulai untuk meningkatkan konsentrasi Anda.  Apa saja kah yang menjadi faktor-faktor yang seringkali membuat kita hilang fokus tersebut? Simaklah berikut ini:

1. Kebiasaan Multitasking

Melakukan beberapa tugas secara bersamaan atau multitasking dapat memecah konsentrasi Anda. Menurut penelitian dari Stanford University, orang yang sering mengerjakan lebih dari dua pekerjaan dalam satu waktu alias multitasking dinilai kurang menguntungkan. Hal ini karena otak hanya bisa dan akan berfungsi lebih baik saat menyelesaikan satu tugas dalam satu waktu. Bahkan, kebiasaan multitasking bisa membuat Anda kurang efisien dan lebih sering membuat kesalahan saat belajar.

2. Kurang tidur

Tidur sangat berperan penting untuk mendukung kerja otak dalam memfokuaskan diri ketika melakukan sesuatu. Hal inilah yang membuat seseorang cenderung sulit konsentrasi dan mudah terganggu saat mengerjakan sesuatu, yaitu bila Anda sulit tidur.

3. Bosan dengan tugas

Tugas yang membosankan bisa membuat konsentrasi mudah teralihkan dengan hal yang lain. Untuk mengatasi rasa jenuh, Anda dapat mencoba untuk istirahat sejenak dan melakukan kegiatan lain yang menyenangkan. Sebagai contoh, mendengarkan lagu sejenak, membuat minuman dingin atau hangat, atau melakukan peregangan.

4. Sibuk dengan gadget

Penggunaan gadget secara berlebihan dapat berdampak pada menurunnya kemampuan fungsi otak sehingga Anda sulit konsentrasi. Contohnya pada saat belajar, Anda melihat ada notifikasi yang muncul, sehingga pikiran Anda langsung teralihkan. Gadget memang memudahkan, tetapi gunakanlah dengan bijak.

5. Kebiasaan berpikir berlebihan / overthinking

Kebiasaan berpikir sesuatu secara berlebihan atau yang sering dikenal dengan overthinking dapat menurunkan fokus dan konsentrasi. Selain itu, overthinking juga dapat meningkatkan rasa cemas, memengaruhi kesehatan mental Anda serta mengakibatkan insomnia.

Halaman Sebelumnya 12