STUDILMU Career Advice - Parenting Gaya Millennials

Parenting Gaya Millennials


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 30, 2020

Apa itu Parenting?

Parenting adalah proses pembelajaran pengasuhan interaksi antara orang tua dan anak yang meliputi berbagai aktivitas, antara lain memberi petunjuk, memberi makan, memberi pakaian, mengajar anak, melindungi anak, dan lain sebagainya.

Pola asuh pada anak adalah sebuah sesuatu yang menarik. Tidak ada manual book bagi setiap orang tua mengenai pola asuh yang paling tepat untuk diterapkan pada anak-anaknya. Namun secara umum setiap orang tua menginginkan anak-anaknya untuk tumbuh sehat dan menjadi seorang anak yang baik. Untuk mencapai tujuan tersebut setiap orang tua memiliki metode yang bervariasi. Salah satu yang memengaruhi pola asuh adalah adanya perbedaan generasi pada orang tua kita. Setiap generasi orang tua memiliki ciri khusus untuk pola asuhnya. Walaupun tidak ada gambaran khusus untuk masing-masing orang tua, namun terdapat stereotype di masyarakat mengenai pola asuh pada beberapa generasi.

 

Pola Parenting Berbagai Generasi

Mari kita kenali generasi yang ada dan bagaimana stereotype di masyarakat mengenai gaya pola parenting mereka:

  • Traditional atau Silent Generation (lahir sebelum 1945 – 1945)

Para orang tua di generasi ini mengasuh anak pada masa ekonomi yang tidak stabil, sehingga memaksa mereka untuk gesit dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Mereka percaya pada kerja keras, kegigihan dan tekad untuk bertahan hidup adalah hal yang utama dan mereka memiliki keinginan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut kepada anak-anak mereka. Dari sinilah generasi berikutnya, yaitu baby boomer yang dikenal karena ketekunan dan komitmen mereka terhadap pekerjaan lahir.

 

  • Baby Boomers (lahir 1946 – 1964)

Para orang tua dengan generasi baby boomers “berinvestasi” pada anak-anak mereka dan masa depan mereka. Cenderung mendengarkan saran yang diberikan oleh para guru mereka. Hal lain yang terjadi pada pengasuhan para orang tua pada masa baby boomers ini yaitu mereka dikenal sebagai generasi yang tidak sabar dan menuntut. Karena sering menuntut mereka dianggap mengetahui yang terbaik tentang banyak hal.

Halaman Sebelumnya 1234
Featured Career Advices

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat