STUDILMU Career Advice - Tipe-tipe Kecerdasan Manusia

Tipe-tipe Kecerdasan Manusia


by STUDiLMU Editor
Posted on May 13, 2022

Apa yang Dimaksud dengan Kecerdasan?

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna, salah satunya buktinya adalah manusia diberikan kecerdasan yang begitu besar. Apa itu kecerdasan? Kecerdasan adalah kapasitas kemampuan seseorang untuk dapat berpikir, belajar, merespon dan memecahkan masalah.

 

Setiap manusia memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dan inilah salah satu alasan mengapa cara berpikir manusia bisa berbeda-beda. Contohnya, seseorang yang pandai bermusik belum tentu pandai berhitung dan juga sebaliknya. Seseorang yang pandai merangkai kata, pandai bersosialisasi belum tentu pandai bernyanyi atau menari dan begitu pun sebaliknya. Dan dari contoh-contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat dan jenis kecerdasan manusia tidak dapat disamaratakan. Orang yang tidak bisa matematika atau tidak pandai berhitung tidak bisa dibilang bodoh, karna orang tersebut bisa saja jauh lebih pandai di bidang yang lainnya. Dan tidak menutup kemungkinan untuk seseorang dapat memiliki beberapa kemampuan kecerdasan sekaligus.

 

Seiring dengan kemajuan zaman dan kemajuan teknologi, tolak ukur kecerdasan manusia saat ini sudah tidak dapat lagi hanya dilihat dari nilai atau skor IQ (Intelligence Quotient) namun dapat dilihat juga dari tipe-tipe kecerdasan manusia.

Halaman Sebelumnya 123