STUDILMU Career Advice - Cara Membuat CV yang Menarik HRD!

Cara Membuat CV yang Menarik HRD!


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 16, 2020

Apa itu CV?

CV adalah rangkuman tertulis tentang pengalaman pekerjaan seseorang, dan juga meliputi pendidikan, publikasi, kualifikasi dan lain sebagainya. CV atau Curriculum Vitae berasal dari Bahasa Latin yang berarti “course of life”. CV berisi catatan lengkap tentang perjalanan karir seseorang, tetapi CV juga dapat berupa resume. Perbedaan CV dan resume, biasanya resume terdiri dari ringkasan singkat 1-2 halaman tentang kualifikasi dan pengalaman kerja untuk tujuan pekerjaan, dan seringkali hanya meliputi garis besar dari pengalaman kerja dan kualifikasinya.

Mengapa Membuat CV itu Penting?

CV merupakan hal yang penting untuk banyak orang yang ingin bekerja, seorang mahasiswa pun sebenarnya harus mulai memperhatikan CV untuk jenjang karir mereka. Mahasiswa harus memperhatikan CV karena masa mahasiswa adalah masa yang krusial untuk mengembangkan karir seperti aktif berorganisasi, ikut kepanitiaan, menjadi relawan, mengikuti program magang, menjadi pekerja part time, dan mengikuti pelatihan merupakan beberapa contoh pengalaman pada masa kuliah yang dapat mempercantik CV kelak. Mahasiswa sudah seharusnya mulai menyusun CV mereka agar dapat dilirik oleh HRD, terutama pengalaman-pengalaman mengenai magang atau pekerja part time.

Lebih luas dibandingkan itu, pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak karyawan yang mengalami pemecatan, dirumahkan, unpaid leave, atau bahkan pemotongan gaji. Saat itu banyak yang sadar akan arti pentingnya CV atau resume. Berbondong-bondong banyak orang yang mulai membaharukan CV lamaran pekerjaan mereka karena sudah dipecat atau bahkan sebagai sebuah langkah preventif jika sewaktu-waktu mereka pun dipecat oleh kantor mereka. Tidak sedikit orang yang lupa tentang pengalaman mereka atau deskripsi kerja mereka selama ini karena sudah terlalu lama bekerja di tempat mereka bekerja atau bahkan kurang memahami bagaimana cara membuat CV lamaran pekerjaan. Saat ini bahkan banyak Recruit Freelancer yang membuka jasa mereview para pencari kerja pada masa pandemi saat ini di Linkedin. Review yang diberikan oleh para Recruit Freelancer dirasa dapat membantu para pencari kerja, dan memang ini cukup membantu karena para pencari kerja mendapatkan CV lamaran pekerjaan yang baik dari sudut pandang HRD. Beberapa pencari kerja yang menggunakan jasa review CV pun berhasil mendapatkan pekerjaan setelah CV mereka direview oleh para recruit freelancer.

Kegunaan CV amat sangat berguna bagi siapapun, bukan hanya pencari kerja atau karyawan tapi juga bahkan pengusaha, investor atau freelancer. Bukan hanya untuk mencari kerja, tapi sebagai profiling tentang pengalaman mereka. Untuk pengusaha atau investor sendiri, CV mereka dapat digunakan sebagai pengenalan diri mereka kepada klien atau bahkan ketika mereka memberikan seminar, workshop, atau training dimana kegunaan CV untuk memberikan gambaran peserta pelatihan atau seminar mengenai narasumber dan hal ini dapat meningkatkan kredibilitas narasumber di mata para peserta.

Dapat disimpulkan bahwa peran CV sangatlah besar untuk semua orang, bukan hanya pencari kerja atau karyawan namun juga para pengusaha, atau bahkan investor. Sehingga membuat CV pun dapat dipertimbangkan sebagai bentuk rangkuman dari pengalaman kita dalam hal pekerjaan, pendidikan, pelatihan, pengalaman organisasi, dan bahkan menjadi sukarelawan. Selanjutnya akan dibahas mengenai cara membuat CV lamaran pekerjaan yang menarik HRD.

Halaman Sebelumnya 1234