STUDILMU Career Advice - Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online


by STUDiLMU Editor
Posted on May 18, 2020

Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Kartu tersebut dipromosikan oleh Joko Widodo pada masa kampanye Pemilihan umum Presiden Indonesia tahun 2019, bersama dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Kartu sembako murah. Selain memberdayakan, kartu tersebut juga diharapkan dapat menanggulangi kemiskinan.

 

Mengapa Pelatihan Online?

Dengan adanya PSBB, maka muncul banyak penyesuaian yang dilakukan oleh berbagai sektor industri agar perekonomian tetap berjalan dengan baik. Seperti halnya, mekanisme WFH (Work From Home) yang dapat turut mendukung physical distancing dengan mengurangi kegiatan bekerja secara massal di suatu tempat, namun dilakukan secara jarak jauh dari rumah pegawai masing-masing. Pada sektor pendidikan dan pelatihan pun tidak kalah dengan meluncurkan beberapa program pelatihan online yang dapat membuat masyarakat Indonesia tetap mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya walaupun hanya dari rumahnya saja.

Pelatihan online adalah jenis pelatihan yang dilakukan secara online, baik melalui media virtual seperti webinar online meeting, video, dan lain-lain, sehingga pelatihan dapat diikuti oleh berbagai orang secara jarak jauh. Pelatihan online menjadi salah satu jawaban agar masyarakat Indonesia tetap dapat mengasah keterampilannya di tengah pandemi Covid-19 yang berlangsung. Harapannya adalah setelah pandemi ini berlalu, maka kompetensi sumber daya manusia Indonesia menjadi meningkat.

 

Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Masa pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung di Indonesia menjadi sebuah keresahan yang tidak hanya dirasakan oleh sektor kesehatan saja, tapi juga merambat ke sektor lainnya. Dari sektor bisnis, banyak perusahaan yang akhirnya menutup rutinitas ekonominya karena tidak dapat beroperasi. Pada sektor kesejahteraan masyarakat pun terkena dampak dengan adanya PSBB, yaitu adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar yang menerapkan peraturan physical distancing untuk mencegah bertambahnya tingkat penyebaran Covid-19. Tidak luput juga pada sektor pendidikan, yang banyak sekolah serta pelatihan yang tidak dapat mengadakan pertemuan pembelajaran secara langsung, agar turut mendukung kebijakan physical distancing yang telah ditetapkan.

Halaman Sebelumnya 123
Featured Career Advices

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat