STUDILMU Career Advice - Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online


by STUDiLMU Editor
Posted on May 18, 2020

Namun demikian, pemerintah Indonesia terus mengupayakan yang terbaik bagi warganya. Secara khusus di bidang pendidikan, Presiden Indonesia, Joko Widodo, mengeluarkan Kartu Prakerja yang diperuntukkan agar masyarakat Indonesia tetap dapat belajar melalui pelatihan online walaupun sedang dilanda pandemi Covid-19.

Dengan kondisi Indonesia yang sedang berjuang melawan pandemi Covid-19, pemerintah akhirnya mengeluarkan Kartu Prakerja lebih awal di bulan April 2020. Hal ini dilakukan agar dapat berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Karena menariknya, melalui program Kartu prakerja ini, peserta yang berhasil lolos tahap pendafataran akan mendapatkan uang. Adapun total yang didapatkan sebesar Rp3.550.000,- dengan bentuk terdiri dari:

  • Biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000,-
  • Insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000,- / Bulan selama 4 bulan
  • Insentif survey keberkerjaan dengan total Rp150.000,-

Setiap pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan Kartu Prakerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka. Pada dasarnya, terdapat dua golongan yang akan dipertimbangkan lolos untuk menerima bantuan Kartu Prakerja ini. Pertama, pekerja formal maupun informal dan pelaku usaha kecil mikro yang telah didata sejumlah kementerian sebagai kelompok yang terkena PHK, dirumahkan, atau kehilangan pendapatan akibat pandemi Covid-19. Kedua, masyarakat umum yang memenuhi syarat sesuai Perpres Nomor 36 Tahun 2020, yakni mereka yang merupakan WNI yang berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang bersekolah atau kuliah. Walaupun demikian, bantuan kartu Pra Kerja saat ini diprioritaskan bagi mereka yang berada di golongan pertama, yaitu mereka yang menjadi korban PHK atau orang yang kehilangan penghasilan akibat pandemi Covid-19.

 

Pelatihan Online di STUDiLMU

Salah satu pelatihan online yang dapat Anda andalkan adalah STUDilMU dengan 1.500+ video pembelajaran, 100.000+ jumlah pengunjung/bulan, 180+ jumlah kursus, 5.000+ sertifikat yang sudah diterbitkan, dan 25+ jumlah instruktur. Dengan visinya, yakni “ENLIGHTENING INDONESIA”, STUDiLMU turut membantu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan berpartisipasi sebagai salah satu pelatihan online yang dapat dipilih oleh peserta kartu Prakerja.