STUDILMU Career Advice - Melakukan Delegasi Dalam Bekerja

Melakukan Delegasi Dalam Bekerja


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 21, 2021

Apa itu Delegasi?

Dari kamus Cambridge, delegasi didefinisikan sebagai “a set of people chosen or elected to represent a larger group” atau diterjemahkan menjadi sekelompok orang yang dipilih untuk mewakili kelompok yang lebih besar. Menurut Charles J. Keating, delegasi adalah upaya pemberian sebagian tanggung jawab kepada pihak lain. Dapat disimpulkan bahwa delegasi adalah pemberian tugas dan tanggung jawab kepada sekelompok orang yang terpilih.

Banyak leader yang sebenarnya mengetahui tentang delegasi, dan mereka tahu bahwa mereka harus melakukannya, tapi pada akhirnya mereka tidak melakukannya. Para atasan senior sering merasa harus bekerja lebih dengan mengetahui apa yang dapat mereka delegasikan yang dapat akan benar-benar berguna bagi mereka atau bagaimana untuk mendelegasikan tanggung jawab, bukan hanya sekedar tugas, atau tanggung jawab apa yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran dan kesempatan untuk bertumbuh untuk bawahan mereka. Selain berbagai macam alasan tersebut, terkadang leader senior pun tidak memiliki role model atau contoh bagaimana cara dan apa saja yang didelegasikan serta risiko yang diterima.

Tujuan delegasi berkaitan dengan manfaat delegasi baik bagi leader maupun anggota tim. Tujuan dan manfaat delegasi untuk para leader adalah agar bisa lebih fokus pada pekerjaan lain yang lebih penting seperti membuat keputusan, dan membantu para leader dalam menilai dan membuat kebijakan yang tepat. Untuk para anggota tim atau bawahan tujuan dilakukannya delegasi adalah agar setiap anggota dalam organisasi memiliki peran penting sesuai dengan kemampuannya, memotivasi setiap anggota tim untuk lebih fokuspada target dan kualitas yang ingin dicapai serta membuat para anggota tim berkembang dan bertumbuh serta media pembelajaran.

Cara Melakukan Delegasi ala Leader

Dilansir dari artikel Harvard Business Review berjudul “8 Ways Leaders Delegate Successfully”, penulis Jeffrey Pfeffer dan Charles O’Reilly mengatakan bahwa ada bukti yang menunjukkan bahwa delegasi lebih memungkinkan untuk pembuat keputusan dapat meningkatkan produktivitas, moral dan komitmen, dan itu semua mempengaruhi budaya perusahaan. Beberapa cara berikut dapat membantu para atasan untuk bisa mendelegasikan tugas dan tanggung jawab kepada para anggota timnya :

1. Pilih orang yang tepat

Memilih orang yang tepat bukan selalu tentang siapa yang dapat melakukan ini, tapi juga bisa dengan siapa yang butuh untuk meningkatkan kemampuan ini, siapa yang memiliki kapasitas untuk mengerjakan ii, siapa yang terlihat tertarik, siapa yang siap untuk untuk tantanngan ini, siapa yang melihat pekerjaan ini sebagai penghargaan. Delegator yang sukses juga menjelaskan mengapa mereke memilih orang tersebut untuk tugas yang bersangkutan.

Halaman Sebelumnya 1234