STUDILMU Career Advice - Perencanaan Kerja di Tahun yang Baru

Perencanaan Kerja di Tahun yang Baru


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 07, 2021

Apa itu Perencanaan?

Pengertian perencanaan menurut Theo Haimann, seorang pakar manajemen adalah....

Planning is deciding in advance what is to be done. When a manager plans, he/she projects a course of action for the future, attempting to achieve a consistent, coordinated structure of operations aimed at the desired results.

Dapat diartikan, bahwa perencanaan adalah memutuskan sebelumnya apa yang harus dilakukan. Ketika sorang manager membuat rencana, dia memproyeksikan suatu tindakan untuk masa depan, berusaha untuk mencapai struktur operasi yang terkoordinasi dan konsisten yang ditujukan untuk hasil yang diinginkan. Manajer bukan hanya seorang atas yang mengatur sebuah tim kerja di perusahaan, namun sebenarnya kita adalah manajer untuk diri kita sendiri. Sehingga perencanaan yang dikemukakan oleh Theo Haimann bukan hanya perencanaan dalam manajemen, tapi juga dapat diterapkan dikehidupan pribadi.

Perencanaan di dalam KBBI sendiri adalah proses, cara, perbuatan, merencanakan (merancangkan). Perencanaan dilakukan dalam segala aspek, salah satunya dalam bekerja. Melakukan perencanaan kerja merupakan hal yang penting agar target serta dapat bekerja dengan cara yang efektif dan efisien. Istlah “smart-work” saat ini banyak digunakan untuk menggantikan kata “hard-work”, dikarenakan saat ini mulau bermunculan sektor kreatif ditambah dengan kemajuan teknologi yang membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Contohnya seperti penggunaan Microsoft Excel, ketika kita membutuhkan perhitungan yang sangat banyak banyak, otomatisasi yang ada di Microsoft Excel membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Contoh lain dengan kemajuan teknologi yang membuat banyak bermunculan aplikasi atau software yang sangat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. Meskipun sudah banyaknya kemajuan yang terjadi di dunia kerja, faktor manusia tetap diperlukan dalam melakukan perencanaan kerja. Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) memberikan pengertian perencanaan kerja sebagai..

Work-planning is the process of determining what an office intends to carry out for the term of a work cycle (i.e. annual or biennial budget calendar). Work-plans should be constructed within the guidance and focus of a strategic plan and should contain the operational details that illustrate exactly what services will be delivered and to what level of quality.

Dapat diartikan bahwa perencanaan kerja adalah proses menentukan apa yang akan dilakukan oleh sebuah organisasi untuk jangka waktu atau siklus kerja seperti kalender anggaran tahunan atau dua tahunan. Rencana kerja harus dibangun dalam panduan dan fokus dari rencana strategis dan harus berisi rincian operasional yang menggambarkan dengan tepat layanan apa yang akan diberikan dan pada tingkat kualitas apa.

Halaman Sebelumnya 1234