STUDILMU Career Advice - Work From Home, Mengenal Budaya Kerja Baru

Work From Home, Mengenal Budaya Kerja Baru


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 11, 2021

Apa itu Work From Home?

Work From Home (WFH) artinya konsep bekerja yang tidak mengharuskan datang ke kantor, sehingga pekerja bisa bekerja di mana saja baik itu di rumah, kafe atau di mana pun yang diinginkan. Istilah work from home sendiri mulai mencuat semenjak adanya Covid-19 yang mengharuskan semua orang untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak sehingga sebagian besar kantor melaksanakan program WFH bagi para karyawannya.

Istilah work from home sendiri sebenarnya sudah tidak asing bagi para freelancer atau pekerja lepas, karena mereka sudah terbiasa dengan pekerjaan remote sehingga para pekerja lepas dapat bekerja di mana saja. Di dunia yang sudah tidak terbatas saat ini salah satu pekerjaan yang mulai bermunculan sejak awal tahun 2000-an dikenal dengan istilah travel blogger, di mana mereka menulis catatan perjalanan mereka untuk dijadikan sumber penghasilan, para travel blogger pun mengerjakan pekerjaan mereka di mana saja dan kapan saja karena mereka adalah pekerja lepas yang tidak terikat pada jam waktu tertentu.

Work from home atau pekerjaan remote juga memiliki waktu kerja yang sangat fleksibel meskipun beberapa perusahaan tetap menerapkan waktu kerja 8 jam kerja disertai dengan absensi menggunakan software. Work from home di Indonesia juga sebenarnya sudah ada sejak lama dibeberapa perusahaan, khususnya perusahaan start-up di mana banyak generasi milenial yang bekerja di dalamnya. Kerja work from home khususnya di Jakarta dilakukan karena ada aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Pengaruh work from home terhadap efektivitas kerja karyawan pada awalnya diragukan, menjadi hal yang wajar karena budaya work from home sendiri bukan merupakan budaya kerja yang umum di Indonesia sebelumnya sehingga memunculkan banyak artikel dan jurnal tentang work from home seperti tips dalam menjalankannya. Tren work from home sendiri menjadi inspirasi untuk GoPlay dalam membuat serial tentang kisah para pekerja yang terpaksa bekerja dari rumah akibat pandemi Covid-19 berjudul “Work From Home”, serta membuat salah satu lagu Fifth Harmony feat. Ty Dollar Sign berjudul “Work From Home” yang sudah dirilis sejak tahun 2016 pun mencuat karena lirik yang memang sesuai dengan kondisi bekerja dari rumah saat ini yaitu “I'll make it feel like a vacay, turn the bed into an ocean”.

Kelebihan dan Kekurangan Work From Home

Bekerja dari kantor selama ratusan tahun mungkin menjadi budaya yang umum dalam bekerja, lalu di abad ke-21 ini mulai muncul budaya kerja dari rumah yang pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan serta perlunya adaptasi, khususnya bagi Gen X dan generasi sebelumnya yang harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Work From Home (WFH)?

Halaman Sebelumnya 1234