STUDILMU Career Advice - Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya dalam Perusahaan

Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya dalam Perusahaan


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 11, 2019

Definisi Etika Bisnis

Etika bisnis adalah prinsip-prinsip moral yang dijadikan sebagai pedoman atau panduan untuk bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga, seluruh aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut dapat menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai, norma-norma, dan perilaku yang adil, baik, sehat, serta professional, baik bagi seluruh orang di dalam perusahaannya, klien, mitra kerja, pemegang saham, pelanggan dan masyarakat luas. Dalam dunia bisnis, kita pasti akan mengenal istilah etika bisnis. Banyak orang yang sangat setuju bahwa etika bisnis memang perlu dimiliki oleh setiap bisnis. 
 
Salah satu prinsip etika bisnis adalah menjadikan bisnis menjadi suatu kegiatan yang beretika, sehingga dapat berjalan seiring dengan kaidah-kaidah etika, hukum dan peraturan yang berlaku. Dalam banyak hal, norma-norma dan kaidah etika yang berlaku tidak hanya baik untuk diterapkan pada bisnis, namun juga membantu kita untuk bertanggung jawab dan berperilaku baik pada masyarakat. Itulah mengapa etika bisnis dan tanggung jawab sosial selalu berjalan beriringan. 
 
Selain itu, etika bisnis dan profesi juga memiliki kaitan yang erat satu sama lain. Mengapa demikian? Karena etika bisnis dapat dijadikan sebagai pedoman yang sama untuk diterapkan pada individu dalam bekerja dan berperilaku sesuai dengan kaidah norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku di dalam tempat kerjanya. Oleh karena itu, setiap individu yang terjun ke dalam dunia bisnis atau fokus pada profesinya harus membaca dan memahami makalah etika bisnis serta materi etika bisnis yang mungkin dimiliki masing-masing organisasi dan perusahaan. Tujuannya agar individu dapat memahami etika bisnis yang diterapkan tempat kerjanya masing-masing. 
 

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

Bagaimana dengan pengertian etika bisnis menurut para ahli? Para profesional mendefinisikan etika bisnis sebagai seperangkat moral yang baik dan tepat untuk dipraktikkan dalam suatu bisnis dan etika bisnis ini juga dapat menjadi pedoman kebijakan yang tepat, ketika kita harus mempertimbangkan topik-topik bisnis yang sekiranya dapat menjadi kontroversial. 
 
Menurut Kirk O. Hanson, seorang pakar etika yang sangat terkenal dan juga merangkap sebagai Direktur Eksekutif di Markkula Center for Applied Ethics menyatakan pendapatnya tentang pengertian etika bisnis. Bagi Hanson, etika bisnis bukan sekedar seperangkat moral yang menjadi pedoman untuk sebuah bisnis, namun etika bisnis dapat menjadi sebuah studi tentang standar perilaku bisnis yang mempromosikan kesejahteraan manusia dan kebaikan.
 

Tujuan Etika Bisnis

Seringkali etika bisnis dipandu oleh hukum, sehingga dapat berjalan secara beriringan. Meskipun begitu, ada beberapa organisasi yang lebih memilih untuk beroperasi secara etis untuk mendapatkan penerimaan dari masyarakat. Salah satu tujuan etika bisnis yang paling utama adalah membantu membangun tingkat kepercayaan yang lebih tinggi antara para pemangku kepentingan dalam suatu organisasi dan para konsumen. 
 
Ada beberapa tujuan penting lainnya yang akan kita dapatkan ketika menerapkan etika bisnis, yaitu sebagai berikut ini:
Halaman Sebelumnya 1234
Featured Career Advices

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

Kartu Prakerja dan Pelatihan Online

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Semakin Produktif dengan Makanan Sehat