STUDILMU Career Advice - Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya dalam Perusahaan

Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya dalam Perusahaan


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 11, 2019

 

1. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Pribadi (Personal). 

Pada tingkat pribadi, etika bisnis diterapkan dengan tujuan untuk tidak menyalahgunakan properti orang lain. Selain itu, ini juga bertujuan agar organisasi atau perusahaan akan menepati janji dalam memperluas manfaat bisnis mereka kepada masyarakat sekitar dan tidak mencari keuntungan yang instan dengan melanggar norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku. 
 

2. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Kebijakan Internal Organisasi. 

Pada tingkatan ini, etika bisnis membantu organisasi atau perusahaan untuk mempraktikkan bisnis mereka secara adil, terutama dalam berurusan dengan karyawan dan para pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, etika bisnis juga bertujuan untuk membantu organisasi dan perusahaan dalam memiliki komunikasi yang terbuka dan lebih baik di semua tingkatan. Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik, para karyawan akan terdorong untuk memberikan produktivitas yang lebih baik dan mau menjalani segala kebijakan internal yang berlaku. 
 

3. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Sosial. 

Tujuan ketiga dalam etika bisnis adalah membantu organisasi atau perusahaan untuk memiliki tingkat kepedulian sosial yang tinggi, sehingga ini menjadi perhatian utama bagi organisasi bisnis. Beberapa contoh dari tujuan etika bisnis ini seperti, menjaga lingkungan agar tetap bersih, berhati-hati dalam menggunakan sumber daya alam yang langka dan memastikan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat dan orang-orang penting yang terlibat. 
 

4. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Pemangku Kepentingan. 

Memiliki serta menerapkan etika bisnis juga bertujuan untuk menjaga hubungan kita dengan para pemangku kepentingan seperti, pemegang saham, pelanggan, pemasok barang, karyawan, bank dan lembaga keuangan, pemerintah dan semua pihak lain yang terhubung dengan organisasi atau perusahaan kita.
 

Contoh Etika Bisnis

Setelah menyimak definisi dan tujuan dari etika bisnis, kini saatnya kami mengajak rekan-rekan pembaca untuk mengenal beberapa contoh etika bisnis, yaitu sebagai berikut ini:
1. Menjaga data-data privasi yang bersifat sangat rahasia yang dimiliki oleh klien, mitra bisnis dan pelanggan. 
2. Memenuhi permintaan klien dan mitra bisnis yang telah disepakati dalam perjanjian kerja atau kontrak.
3. Bersikap sopan dan baik terhadap orang-orang yang terlibat dengan bisnis kita seperti, klien, mitra bisnis, pelanggan, karyawan dan publik, serta
4. Tidak merusak alam dan lingkungan sekitar sesuai dengan perjanjian hukum yang telah disepakati. 
 

Mengapa Etika Bisnis diperlukan di dalam Perusahaan?