STUDILMU Career Advice - Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya dalam Perusahaan

Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya dalam Perusahaan


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 11, 2019

5. Pengambilan dan Penerapan Keputusan Menjadi Lebih Mudah. 

Organisasi atau perusahaan yang menerapkan etika bisnis secara konsisten pastinya akan lebih mudah dalam mengambil dan menerapkan keputusan. Mengapa demikian? Karena semua kebimbangan di dalam bisnis dapat diselesaikan dengan berpacu kembali pada etika bisnis yang ada. 
 

6. Perusahaan akan Lebih Adaptif terhadap Perubahan. 

Para karyawan dengan etika bisnis yang profesional di tempat kerja jelas menjadi kunci utama kesuksesan pada setiap perusahaan. Perusahaan dengan sangat sadar percaya bahwa semua karyawan profesional dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi secara cepat dan drastis, namun mereka akan tetap bertindak sesuai dengan etika bisnis yang berlaku. 
 

7. Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Sedikit Masalah. 

Jika seandainya terjadi kesalahpahaman di antara karyawan, semua itu dapat diselesaikan dengan baik karena setiap karyawan mengetahui dan memahami etika bisnis yang selalu diterapkan bersama-sama di dalam perusahaan. Hal ini membuat lingkungan kerja memiliki kondisi yang nyaman dan sedikit masalah. Bahkan manajemen tidak perlu repot-repot untuk menangani konflik-konflik kecil yang terjadi di dalam lingkungan kerja.
 

8. Seluruh Lapisan Perusahaan akan Bersikap Lebih Positif. 

Etika bisnis akan mengajarkan semua orang yang terlibat dalam suatu organisasi atau perusahaan semakin percaya dan paham bahwa segala apapun yang ditetapkan oleh etika bisnis bukan hanya baik untuk diri sendiri, namun juga untuk masa depan perusahaan dan orang-orang di sekitar kita (publik). Dengan begitu, semua orang yang terlibat pada etika bisnis akan bersikap lebih positif dan semangat dalam menjalani kehidupan agar lebih berarti.  
 

9. Permasalahan dengan Hukum akan Semakin Sedikit. 

Ketika semuanya berjalan secara sistematis dan fungsional, maka para karyawan akan bekerja sesuai dengan etika bisnis yang berlaku, serta memahami kewajiban-kewajiban hukum yang harus dipatuhi. Hal ini membuat lingkungan kerja menjadi semakin nyaman dan terhindar dari permasalahan hukum. 
 

10. Perusahaan akan Menuju Tingkat Kesuksesan yang Baru.

Ketika semuanya diatur secara sistematis oleh etika bisnis, maka secara bersama-sama semua lapisan perusahaan akan menuju kesuksesan baru yang diinginkan. Selain itu, pertumbuhan bisnis juga akan semakin berkembang dengan sangat terjamin.
 
Setelah menyimak definisi, tujuan, contoh dan manfaat etika bisnis dalam perusahaan, kami berharap bahwa organisasi atau perusahaan rekan-rekan pembaca semakin dekat dengan kesuksesan yang diharapkan melalui penerapan etika bisnis yang dilakukan secara konsisten.
1234 Halaman Selanjutnya