STUDILMU Career Advice - Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya dalam Perusahaan

Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya dalam Perusahaan


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 11, 2019

Mungkin rekan-rekan pembaca masih ada yang bertanya-tanya di dalam diri, mengapa etika bisnis diperlukan di dalam perusahaan? Jawabannya karena etika bisnis dalam perusahaan akan membantu kita untuk melindungi merek (brand) dan reputasi perusahaan. Menurut suatu penelitian yang diikuti oleh 1.121 responden, mereka setuju bahwa organisasi atau perusahaan yang selalu mengikuti kaidah-kaidah norma yang benar dalam etika bisnis akan lebih mudah dipercaya oleh masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya seperti, klien, mitra bisnis dan pelanggan. 

 

10 Manfaat Etika Bisnis dalam Perusahaan

Pentingnya etika bisnis dalam perusahaan juga memberikan banyak manfaat bagi mereka yang menerapkannya. Menurut website content dot wise step dot com, ada 10 manfaat yang akan dirasakan oleh organisasi atau perusahaan ketika mereka menerapkan etika bisnis dengan konsisten. 
 

1. Perlindungan dan Jaminan Aset yang Tetap Terjaga. 

Manfaat pertama yang dirasakan oleh perusahaan ketika menerapkan etika bisnis adalah biaya perlindungan dan jaminan aset yang stabil, bahkan semakin lama semakin menurun. Mengapa demikian? Karena setiap karyawan menyadari tugas dan tanggung jawab mereka terhadap perusahaan. Dengan kata lain, mereka menyadari bahwa aset-aset perusahaan harus dijaga dengan baik. Jika mereka merusaknya atau tidak menggunakannya dengan berhati-hati, maka ini menandakan bahwa mereka telah melanggar etika bisnis yang ada. 
 

2. Kerjasama Tim akan Semakin Kuat. 

Jika semua orang di dalam tim menerapkan etika bisnis dengan baik dan konsisten, maka mereka akan menyadari dengan baik bagaimana caranya bertanggung jawab. Sebagai contoh, mereka tahu bahwa pekerjaan yang diberikan harus diselesaikan dengan tepat waktu dan mereka juga sadar bahwa untuk mencapai suatu target, kerjasama tim sangatlah diperlukan. Dengan begitu, etika bisnis yang dipraktikkan secara konsisten akan menciptakan kerjasama tim yang semakin kuat.  
 

3. Tingkat Produktivitas akan Semakin Meningkat. 

Ketika kerjasama tim semakin kuat, setiap karyawan juga akan semakin terdorong untuk meningkatkan produktivitas mereka. Dengan kata lain, setiap karyawan akan terpacu untuk bekerja lebih keras dan lebih tekun untuk menjadi karyawan yang unggul. Itulah mengapa etika bisnis erat kaitannya dengan para karyawan yang berprestasi. 
 

4. Citra Merek (Brand) dan Perusahaan akan Semakin Terkenal di Mata Masyarakat. 

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal bahwa alasan mengapa etika bisnis sangat diperlukan di dalam perusahaan adalah karena dengan menerapkan etika bisnis secara konsisten, citra merek dan perusahaan akan semakin terjaga dan terkenal dalam pandangan masyarakat luas. Hal ini dikarenakan masyarakat semakin percaya dan yakin bahwa produk, layanan jasa, serta organisasi bisnis kita adalah sesuatu yang berjalan sesuai dengan etika.