STUDILMU Career Advice - Mempersiapkan Dana Darurat untuk Peristiwa Tak Terduga

Mempersiapkan Dana Darurat untuk Peristiwa Tak Terduga


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 06, 2020

Apa itu Dana Darurat?

Dana darurat adalah dana yang disisihkan dari gaji bulanan untuk mempersiapkan peristiwa yang tidak terduga seperti kehilangan pekerjaan, penyakit mendadak, kerusakan rumah atau mobil, dan bahkan keadaan resesi yang terjadi seperti masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dana darurat merupakan perencanaan keuangan yang berbeda dengan tabungan pada umumnya, karena dana darurat merupakan bentuk dari “penyimpanan” yang hanya boleh digunakan hanya pada masa-masa genting. Pandemi akibat Covid-19 di tahun 2020 ini merupakan salah satu bentuk peristiwa tidak terduga yang sangat berpengaruh terhadap keadaan ekonomi dunia, salah satunya Indonesia. Pada April hingga Juni 2020, banyak sekali perusahaan besar di Indonesia yang akhirnya merumahkan ratusan karyawan sehingga tingkat pengangguran meningkat, keadaan diperparah dengan meningkatnya angka kematian karena Covid-19.

Krisis akibat Covid-19 bukan peristiwa besar pertama yang terjadi dan mempengaruhi perekonomian, sebelumnya pernah terjadi Depresi Besar di tahun 2008 yang terjadi di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri krisis terbesar yang mempengaruhi perekonomian adalah krisis moneter tahun 1998, hanya dalam kurun waktu setahun dari tahun 1997 hingga 1998 kurs dolar USD merangkak naik kisaran 2000 hingga mencapai angka Rp 16.650 pada Juni 1998. Krisis perekonomian negara atau bahkan dunia yang sulit diprediksi bagi masyarakat umum menjadi semua momok yang menakutkan akan kondisi keuangan pribadi dan keluarga, sehingga begitu pentingnya dana darurat.

Halaman Sebelumnya 1234