STUDILMU Career Advice - Mempersiapkan Dana Darurat untuk Peristiwa Tak Terduga

Mempersiapkan Dana Darurat untuk Peristiwa Tak Terduga


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 06, 2020

Selain krisis perekonomian yang menjadi salah satu alasan pentingnya mempersiapkan dana darurat, sebenarnya banyak hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi di lingkungan sekitar kita tinggal, seperti kendaraan yang rusak, rumah yang butuh direnovasi, penyakit mendadak yang menyerang diri atau keluarga dan berbagai peristiwa pribadi yang terjadi di sekitar kita tinggal. Sehingga begitu pentingnya mempersiapkan dana darurat untuk peristiwa yang tak terduga di kehidupan kita.

Alokasi Dana Darurat

Untuk mempersiapkan dana darurat bukan merupakan hal yang sulit, hanya butuh kesabaran dan komitmen serta mengukur prioritas kebutuhan dalam proses penyimpangannya. Menurut Kristin McKenna, Managing Director di Darrow Wealth Management di Boston, Michigan Amerika Serikat, alokasi dana darurat berkisar antara 3 sampai 6 bulan dari total kebutuhan rutin setiap bulannya. Alokasi dana darurat setidaknya disisihkan dari 5% gaji setiap bulan yang dapat dialokasikan dalam bentuk Tabungan atau Reksadana Pasar Uang. Pengalokasian dana darurat perlu diperhitungkan terkait dengan biaya seperti biaya admin atau  pajak, dan bunga yang akan kita dapat

Alokasi dana darurat tergantung jumlah ideal yang dibutuhkan, antara lain :

1. Dana Darurat untuk Pribadi atau Lajang

Dana darurat untuk pribadi minimal 3 hingga 6 bulan dari kebutuhan rutin setiap bulannya.

2. Dana Darurat untuk Keluarga

Dana darurat untuk keluarga minimal 9 hingga 12 bulan dari kebutuhan rutin setiap bulannya.

Jika kita sudah mengetahui seberapa banyak alokasi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan dana darurat, lalu bagaimana dengan contoh perhitungannya? Ada baiknya kita lihat contoh perhitungan dana darurat untuk pribadi maupun keluarga baik yang belum memiliki anak maupun yang sudah memiliki anak.