STUDILMU Career Advice - Perbedaan Bos dan Leader

Perbedaan Bos dan Leader


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 21, 2021

Siapa itu Bos dan Leader?

Mungkin istilah “Bos” lebih umum dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, karena pengertian “bos” sendiri bisa berbagai macam. Di lingkungan seperti pasar, dan tempat umum terkadang orang bisa memanggil orang lain dengan sebutan “bos” karena orang tersebut terlihat lebih memiliki banyak uang, tingkat ekonominya terlihat lebih tinggi dibandingkan orang yang memanggilnya “bos”. Bos sendiri mungkin istilah yang lebih lama digunakan dibandingkan “leader”. Jika kita mengingat orang tua yang bekerja sedari dulu, mereka terbiasa menggunakan istilah “bos” dibandingkan “leader”. Bos dan leader sendiri sebenarnya memiliki pengertian yang hampir sama, yaitu orang yang memimpin seseorang atau suatu kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Lalu, apa yang membedakan boss dengan leader? Perbedaan mencolok antara boss dan leader sebenarnya cara ia dalam memimpin, memperlakukan bawahannya, hingga berbagai sikap dan sifatnya dalam mengelola bawahan atau kelompok yang ia pimpin.

Ketika kita melihat atau mendengar cerita tentang bagaimana seorang atasan atau boss di tahun-tahun 70-an hingga 90-an, mungkin identik dengan seorang atasan atau boss yang bersikap seperti memerintah, mengawasi, dan mengkritik. Baby boomber mungkin menjadi bagian dari seorang boss yang identik dengan seorang atasan yang memerintah, mengawasi dan mengkritik, sehingga pada pertengahan tahun 2000-an hingga tahun 2010-an muncul konflik antara perbedaan budaya kerja baby boomber dan milenial. Budaya kerja dan kepemimpinan antara baby boomber dan milenial pastinya memang cukup berbeda jauh, hal ini disadari dengan jeda perbedaan usia dan budaya lingkungan yang berubah. Pada akhir 90-an hingga saat ini, mulai muncul seorang atasan yang biasa disebut sebagai “leader”. Leader adalah orang menjadi pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang berbeda dari seorang boss. Leader dirasa lebih cocok dengan karakteristik milenial yang tidak suka diperintah tanpa alasan. Generasi milenial cenderung ingin memiliki atasan yang lebih fleksibel, membimbing dan mengajari serta dapat menjawab 5W+1H. Apa (what) apa yang dikerjakan, siapa (who) yang membutuhkan dan harus berhubungan dengan siapa saja untuk menunjang pekerjaan, di mana (where) pekerjaan dapat dikerjakan, kapan (when) pekerjaan itu harus selesai, mengapa (why) pekerjaan itu harus dikerjakan, dan bagaimana (how) pekerjaan itu dikerjakan. Jika atasan adalah seorang boss, mungkin seorang boss akan enggan untuk menjawab itu semua, sedangkan seorang leader harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dari timnya.

Perbedaan Bos dan Leader

Secara singkat, telah dijelaskan perbedaan boss dan leader namun sebenarnya lebih dari itu. Ada beberapa perbedaan antara seorang boss dan leader, antara lain :

1. Bos melakukan mikromanagement, leader melakukan delegasi

Mikromanagement merupakan gaya memimpin dengan berbagai macam pengarahan dan pengawasan yang terlalu berlebihan dari seorang atasan. Seorang boss akan cenderung melakukan mikromanagement dalam kepemimpinnya karena terlalu mengontrol serta ikut campur atas semua rincian dari anggota timnya, hal ini juga dapat menghambat proses pengembangan diri dari para anggota tim karena mungkin saja seorang boss yang merasa bahwa bawahannya melakukan kesalahan sedikit, ia akan mengkritik habis-habisan dan bahkan akan mengerjakan pekerjaan bawahannya tersebut.

Halaman Sebelumnya 1234