STUDILMU Career Advice - Perbedaan Bos dan Leader

Perbedaan Bos dan Leader


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 21, 2021

Sedangkan seorang pemimpin akan melatih dan menginspirasi, seperti bekerjasama sebagai sebuah tim, maka tim tersebut dapat mencapai hal yang luar biasa.  Melatih dan menginspiras juga berkaitan dengan bagaimana anggota tim, masing-masing dapat memberikan dampak pada output keseluruhan. Memberikan tanggung jawab kepada setiap anggota tim untuk dapat berbagai tugas dan ide akan berdampak kepercayaan diri pada tiap anggota tim serta berdampak pada memberikan ide atau penyelesian masalah yang tepat, membuat anggota tim akan memiliki rasa kepemilikian dan koneksi yang berpengaruh terhadap kesuksesan organisasi yang memberikan manfaat untuk diri mereka sendiri dan organisasi secara keseluruhan.

Tips Berhubungan dengan Bos

Anda tidak pernah bisa memillih siapa yang akan menjadi atasan Anda, karena mereka pula mungkin Anda terpilih untuk bekerja di posisi Anda saat ini. Atasan Anda bisa jadi seorang leader, tapi bisa juga seorang boss. Karena tidak dipungkiri, budaya kepemimpinan yang cenderung tradisionall sedikit banyak masih tetap ada sampai saat ini. Pastinya saat bekerja Anda harus menyesuaikan diri dengan atasan Anda, berhubungan dengan seorang boss mungkin akan sedikit berbeda dengan seorang leader, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk berhubungan dengan boss Anda :

1. Menjadwalkan meeting bulanan

Meeting mungkin menjadi hal yang wajar dalam sebuah perusahaan. Tapi mungkin setidaknya sekali bulan, Anda perlu menjadwalkan meeting bulanan dengan boss Anda secara one-on-one atau satu persatu. Meeting ini digunakan untuk mendiskusikan status tugas yang sedang Anda kerjakan saat ini, mengemukakan ide-ide Anda untuk masa yang akan datang dan untuk memastikan bahwa Anda dan bos Anda masih berada pada tujuan dan strategi yang sama. Mungkin seorang boss akan sulit untuk menerima, mendengarkan atau bahkan menyisihkan waktu untuk Anda, tapi mungkin Anda dapat memulai dengan mengemukakan pertanyaan, “Selamat pagi Pak/Bu, bolehkah saya mengemukakan pekerjaan saya sejauh ini dan masukan atau ide-ide yang bisa membantu mencapai tujuan perusahaan, Pak/Bu?”.

2. Menyampaikan inovasi dan inisiatif Anda

Pada saat meeting dengan boss Anda yang pastinya sangat sibuk dengan berbagai tugas dan tanggung jawab, maka gunakan waktu sebaik mungkin untuk bertanya, mengemukakan pendapat dan memberitahukan pekerjaan yang sudah Anda selesaikan sampai saat ini. Bangun suasana yang positif sehingga boss Anda pun akan lebih merasa nyaman dengan penyampaian inovasi dan inisiatif Anda.