STUDILMU Career Advice - Perbedaan Bos dan Leader

Perbedaan Bos dan Leader


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 21, 2021

3. Lakukan komunikasi terbuka

Komunikasi terbuka artinya Anda berani mengemukakan pendapat Anda kepada boss Anda. Pendapat juga berarti meningkatkan ide dari boss Anda. Mungkin sangat sulit bagi banyak orang untuk “mengkritik” ide atasannya, tapi jika disampaikan dengan sopan dan menimialkan kalimat negatif, seorang boss mungkin akan bisa lebih terbuka dengan ide Anda. Pastinya ketika Anda mengemukaan pendapat Anda tentang ide boss Anda, Anda harus menyiapkan ide lain yang lebih baik atau lebih efektif untuk mencapai tujuan organisasi, karena dengan Anda sudah membawa ide tersebut dengan memikirkan pula kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman dari ide tersebut maka boss Anda pun akan memahami bahwa Anda benar-benar sudah memikirkan ide tersebut secara matang. Sampaikan dengan sopan dan gunakan bahasa yang positif.

4. Ingat bahwa boss Anda juga manusia

Anda dan boss Anda sama-sama manusia, bukan hanya melulu soal pekerjaan. Mungkin Anda bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan boss Anda dengan sesuatu yang santai di saat ada jeda waktu istirahat seperti menanyakan, “Bagaimana kabar Anda?”, atau ketika selesai meeting di hari Senin, Anda bisa menanyakan, “Bagaimana akhir pekan Anda?”. Pertanyaan santai seperti itu dapat meningkatkan hubungan Anda dengan boss lebih personal, sehingga Anda pun dapat merasa lebih nyaman ketika mengemukakan pendapat Anda dengan boss Anda.

Beberapa tips tersebut diharap dapat membantu Anda untuk berhubungan dengan boss Anda. Ingat, Anda tidak pernah bisa memilih siapa atasan Anda, Anda bisa mendapatkan atasan yang baik tapi bisa juga yang menyebalkan. Jadi, sudahkah Anda berhubungan baik dengan boss Anda?

1234 Halaman Selanjutnya