Human Resource Development pengembangan sumber daya manusia
 Bahasa Indonesia
 Human Resource Development



Instructed by: Samuel Manasseh

Tentang Kursus Ini


Human Resource Development adalah Divisi Sumber Daya Manusia. Human Resources adalah sumber daya manusia. Sedangkan development adalah pengembangan, yang mana jika disatukan dalam konteks yang sama, Human Resource Development memiliki arti yang mendalam untuk membantu mengembangkan segala sumber daya yang ada di dalam setiap manusia. 

Human sangat erat kaitannya dengan pengembangan karyawan, termasuk seorang leader atau pemimpin dapat mengetahui bagaimana anak buahnya dapat berkembang. Pemimpin pasti memiliki anak buah dengan berbagai karakter. Salah satu caranya yaitu melakukan mentoring atau coaching kepada anak buah.

Human Resource Development memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan manusia, terutama para karyawan di Indonesia. Itulah mengapa kita perlu memikirkan strategi-strategi penting dalam pengembangan Human Resources Indonesia, yang mana semua itu bisa dilakukan melalui pelatihan khusus untuk para karyawan yang bekerja di dalam Human Resource Department. 

Human Resource Department artinya orang-orang yang bekerja pada sebuah departemen yang bertanggung jawab dalam menangani pengelolaan SDM atau karyawan di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dengan kata lain, HRD artinya sebuah departemen yang terdiri dari orang-orang yang memiliki tanggung jawab untuk menyeleksi para kandidat yang berkualitas untuk bekerja di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. 

Di dalam pelatihan ini, kami juga menyediakan program mentoring atau coaching. Mentoring atau coaching adalah suatu proses yang dapat dilihat hasilnya seperti apa dan pemimpin pun dapat melihat bagaimana anak buah dapat mengisi gap yang ada diantaranya. Dengan mentoring, leader atau pemimpin dapat membantu mengasah kemampuan anak buahnya. Proses mengasah itu membutuhkan proses, waktu, ketelitian dan yang terpenting adalah care (kepedulian). Setelah itu, baru dapat melihat hasilnya seperti apa. 
 
Pemimpin dapat nenjadi coach/mentor bagi anak buah, karena itu seperti melihat cermin antara diri pemimpin dan anak buah. Semua usulan, feedback dan saran menjadi cerminan bagi anak buah, begitu juga sebaliknya. Apabila cermin yang disampaikan kepada anak buah tidak tepat, maka kita sebagai pemimpin akan melihat anak buah tersebut secara salah, responnya menjadi negatif dan hasilnya pun tidak maksimal. Segala sesuatu yang berkaitan dengan performance anak buah, maka akan terlihat menjadi masalah bagi pemimpin.

Coach/mentor diharuskan dapat mengajak para anak buah untuk melihat dan mengambil kesempatan, baik itu kesempatan untuk menjadi berhasil ataupun gagal. Selain itu, dapat melihat kondisi, suasana dan strategi pada saat memberikan feedback agar anak buah terus berkembang dan berada di tempat yang maksimal. 

What are the requirements?

⠀⠀ Tidak Ada Persyaratan


What am I going to get from this course?
  • ⠀⠀⠀Menjelaskan bagaimana menjadi coach atau mentor bagi anak buah
  • ⠀⠀⠀Menjelaskan bagaimana cara menciptakan kesempatan untuk anak buah dapat berkembang
  • ⠀⠀⠀Bagaimana melakukan care / peduli terhadap anak buah
  • ⠀⠀⠀Menjelaskan apakah seorang mentor harus memberikan penekanan kepada anak buah

Kurikulum

Section 1 : Pembukaan
Lecture 1 : Human Resource Development
00:07:16
Section 2 : Isi
Lecture 1 : Menjadi Coach Bagi Anak Buah
00:06:33
Lecture 2 : Kesempatan Merasakan Sukses dan Gagal
00:07:06
Lecture 3 : Ciptakan Kesempatan
00:07:37
Lecture 4 : Approachable
00:06:18
Lecture 5 : Care Terhadap Anak Buah
00:06:30
Lecture 6 : Human Asset Value
00:05:50
Section 3 : Penutupan
Lecture 1 : Summary
00:07:43
Section 4 : Test
: Final Test

Latar Belakang Instruktur

Studilmu Instructor

Samuel Manasseh

Samuel brings over 25 years of experience in HR Management, Development Program, Strategic Leadership, Problem Solving & Decision Making, Risk Management, Finance, etc. Education: - Bachelor's Degree in Civil Engineering The University of Kansas, USA dan Master's Degree in Business Administration Drury University, USA. Work Experiences: - Chief Finance Officer Astra Credit Companies (2015-2018) - Director of Finance & Administration PT Toyota Astra Motor (2011 – April 2015) - Senior General Manager, Chief of Group Risk Management PT Astra International Tbk (2007 – 2011) - Finance Division Head dan Head of Corporate Risk Management (concurrent)  PT Astra Honda Motor (1995 – 2007) - Deputy Director of Finance and Administration PT Astra Argo Lestari (1994) - Manager, Head of Finance Department and Deputy Head of Marketing Department (concurrent) PT Federal Cycle Mustika (1990-1993) - Bergabung dengan Astra Group pertama kali sebagai General Manager PT Astra Honda Motor (1988 – 1990)

Students may also like

Need to train 10 or more people?

We offer cost-effective group membership for your organization, business, government organization or university.

Contact Us