keuangan, finance, manajemen keuangan
 Bahasa Indonesia
 Basic Financial Management



Instructed by: Dr. Christiana Fara Dharmastuti, S.E., M.M.

Tentang Kursus Ini

Tujuan perusahaan dari sudut manajemen keuangan adalah meningkatkan nilai (value) perusahaan bagi para pemiliknya. Apakah nilai (value) perusahaan sama dengan laba yang besar atau sama dengan keberlanjutan perusahaan?  Mengapa bagi pemiliknya dan bukan bagi karyawan atau direksi? Ternyata nilai (value) lebih luas maknanya daripada sekedar laba perusahaan. Untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut, maka manajemen keuangan berperan dalam mencapai tujuan perusahan. Peran penting tersebut antara lain terlihat dalam tiga fungsi manajemen keuangan yaitu keputusan investasi (investment decision), keputusan pendanaan (financing decision) dan manajemen modal kerja (working capital management).

Melalui kursus online ini, kita akan mempelajari bagaimana perusahaan atau organisasi mengelola keuangannya. Bagaimana keterkaitan antar fungsi manajemen keuangan yang ada di perusahaan dan prinsip keuangan apa saja yang harus diperhatikan dan wajib diterapkan dalam pengelolaan keuangan.  Dalam pengambilan keputusan keuangan, seringkali kita sangat tergantung dari laporan keuangan. Untuk itu  kita juga perlu memahami apa itu laporan keuangan akutansi, apa manfaatnya serta akun/perkiraan dasar apa saja yang ada di dalamnya.


What are the requirements?

⠀⠀ Tidak ada persyaratan


What am I going to get from this course?
  • ⠀⠀⠀Memahami tujuan perusahaan dari sudut pandang manajemen keuangan
  • ⠀⠀⠀Memahami fungsi manajemen keuangan dan penerapannya
  • ⠀⠀⠀Menjelaskan prinsip-prinsip dalam keuangan
  • ⠀⠀⠀Menyebutkan perbedaan akutansi dan manajemen keuangan
  • ⠀⠀⠀Memahami manfaat laporan keuangan
  • ⠀⠀⠀Menjelaskan empat bentuk laporan keuangan

Kurikulum

Section 1 : Dasar Manajemen Keuangan
Lecture 1 : Dasar Manajemen Keuangan
00:09:35
: Quiz : Dasar Manajemen Keuangan
Section 2 : Prinsip-prinsip Manajemen keuangan
Lecture 1 : Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan
00:05:49
: Quiz : Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan
Section 3 : Fungsi Penerapan dan Prinsip Keuangan
Lecture 1 : Fungsi Penerapan dan Prinsip Keuangan
00:10:14
: Quiz : Fungsi Penerapan dan Prinsip Keuangan
Section 4 : Perbedaan Akutansi dan Keuangan
Lecture 1 : Perbedaan Akutansi dan Keuangan
00:01:58
: Quiz : Perbedaan Akutansi dan Keuangan
Section 5 : Memahami Laporan Keuangan
Lecture 1 : Memahami Laporan Keuangan
00:09:21
: Quiz : Memahami Laporan Keuangan
Section 6 : Contoh Laporan Keuangan
Lecture 1 : Contoh Laporan Keuangan
00:06:22
: Quiz : Contoh Laporan Keuangan
Section 7 : Test
: Final Test
Section 8 : Sertifikat Online

Latar Belakang Instruktur

Studilmu Instructor

Dr. Christiana Fara Dharmastuti, S.E., M.M.

Dr. Christiana Fara Dharmastuti, S.E.,MM adalah Doktor ekonomi bidang keuangan dari salah satu universitas ternama di Indonesia. Lebih dari 25 tahun sepanjang karirnya mengabdikan diri sebagai pengajar di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, dalam bidang bisnis, manajemen keuangan dan investasi. Berbagai peran dijalani selain sebagai pengajar, peneliti dengan berbagai publikasi dalam artikel keuangan serta beberapa jabatan structural organisasi antara lain: Ketua Program Studi Manajemen, Ketua Program Studi Magister dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Beberapa penghargaan diraihnya sebagai Best paper dalam Konferensi Nasional di Jakarta (2008), Best paper Konferensi Internasional ICOI (2019) di Korea Selatan, Ketua Program Studi Terbaik di Unika Atma Jaya (2018), Manajemen S1 Program Studi Terbaik ke 3 (2019). Kekhususan Fara dalam pengajaran, penelitian dan publikasi terkait keuangan, pasar modal dan investasi seringkali diundang Lembaga organisasi maupun perusahaan sebagai trainer, fasilitator maupun pembicara dalam berbagai kegiatan seminar, pelatihan maupun pendampingan. Fara juga aktif dalam kegiatan Forum Manajemen Indonesia (FMI) korwil Jakarta, sebagai Bendahara dan saat ini menjadi Ketua Bidang Pendidikan. Suatu forum yang menjembatani Program Studi Manajemen di Indonesia untuk saling berbagi dan mengembangkan kapasitas Prodi dalam mengikuti perkembangan jaman dan perubahan peraturan di Indonesia. Passionnya untuk berbagi ilmu bagi sesama dan aktif dalam organisasi membuatnya senantiasa aktif mencari dan menggali ilmu-ilmu terbaru untuk memperkaya ilmu yang disharingkannya di dalam dunia organisasi dan pendidikan.

Students may also like

Need to train 10 or more people?

We offer cost-effective group membership for your organization, business, government organization or university.

Contact Us